Cara Optimasi Instagram untuk Berjualan
Cara Optimasi Instagram untuk Berjualan

Cara Optimasi Instagram untuk Berjualan. Dalam dunia penjualan sekarang ini, terutama penjualan online, peran social media sangatlah penting dan cukup optimal dalam membantu memasarkan produk. Terutama social media instagram juga sangat potensial untuk digunakan sebagai alat bantu pemasaran, karena kini hampir setiap orang sudah menggunakan instagram.

Cara Optimasi Instagram yang Tepat untuk Berjualan

Optimasi Instagram Habibhidayat.com
Optimasi Instagram Habibhidayat.com

Meskipun begitu, jangan pernah menganggap bahwa berjualan via Instagram sangat mudah semudah membalik telapak tangan. Anda tetap harus melakukan hal- hal seperti dibawah ini agar pengorbanan waktu Anda tidak sia- sia:

Posting produk secara konsisten

Cara optimasi Instagram yang pertama yaitu memposting produk secara konsisten. Setidaknya Anda harus konsisten memposting produk 1-2 posting sehari. Dengan cara ini feed Anda tetap segar dan relevan, dan Anda memiliki lebih banyak peluang untuk menarik bola mata ke konten Anda. Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memposting produk Anda sehingga target market yang Anda bidik akan tepat sasaran.

Waktu posting yang disarankan juga sangat bervariasi tergantung produknya apa dan siapa ahli yang Anda anut . Dengan beberapa advokasi jam 8 pagi – 9 pagi atau 2 siang – 5 sore untuk posting pertama Anda, bahkan jam 5 pagi untuk posting kedua Anda, ketidakkonsistenan ini dapat membuat kebingungan yang nyata bagi perencana konten.

Lihat saja FashionNova dan National Geographic. FashionNova, pengecer mode online global, memposting rata-rata 30 kali per hari — itu sekitar satu posting setiap 30 menit! Ini mungkin terdengar seperti kerja keras, tetapi 17,3 juta pengikut mereka tampaknya tidak berpikir demikian. Dengan banyak pengikut ini, tingkat keterlibatan adalah 0,07%.

Jangan hanya berkhotbah, sebagai gantinya ceritakan kisah

Orang-orang saat ini mendambakan koneksi, dan mendongeng adalah cara untuk menciptakan pengalaman ini. Ketika orang merasakan hubungan emosional dengan konten Anda, mereka jauh lebih mungkin untuk membelinya dan membaginya dengan rekan-rekan mereka. Salah satu cara optimasi Instagram yang cukup mengena adalah dengan membagikan konten buatan pengguna yang selaras dengan merek Anda. Cara lain adalah fokus bercerita dengan teks Anda.

Keterangan yang lebih panjang dengan unsur penceritaan dan keaslian sangat kuat karena memungkinkan merek untuk tampil lebih manusiawi dan membangun koneksi yang lebih dalam dengan audiens target mereka. Teks panjang telah menjadi tren baru-baru ini, pertama kali diadopsi oleh influencer yang menggunakan teks Instagram seperti blog mikro. Menurut influencer Instagram Christina Galbato, yang telah bekerja dengan merek-merek seperti Revolve, Four Seasons dan Olay, “keterangan mikro-blogging sangat bagus karena mereka sangat menarik, membantu Anda dalam algoritme dan mendorong penyelamatan & pembagian”.

Bangun merek yang kuat

Kejelasan produk, kreativitas dan konsistensi merupakan cara untuk membranding merek perusahaan agar senantiasa diingat oleh banyak orang. Branding yang kuat akan memunculkan kesan tersendiri dan ingatan diluar kepala sehingga orang akan dengan mudah pula mencari produk Anda saat mereka membutuhkannya. Misalkan saja seperti kosmetik terkenal Korea macam Laneige, saat Anda ingin membutuhkan Laneige Anda akan langsung mencari dan mengetikkan digoogle keyword Laneige dan akan bermunculanlah semua hal tentang Laneige.

Dapatkan umpan Instagram yang konsisten secara visual

Cara optimasi Instagram selanjutnya yaitu usahakan untuk mendapatkan umpan Instagram yang konsisten secara visual. Instagram adalah platform yang digerakkan secara visual yang memberikan penghargaan pada konten yang menyenangkan secara estetika. Meskipun kesempurnaan mengkilap tidak sesuai gaya, inti dari Instagram adalah konten visual dan itu tidak akan pernah berubah. Saat ini, pengguna cenderung ke arah ekspresi otentik dan beragam perspektif. Secara visual, filter saturasi tinggi dan alpukat toast yang diposisikan sempurna telah diganti dengan gambar candid, bungkam, nada bersahaja, dan gaya pengeditan rendah.

Tampilan yang populer adalah mengurangi highlight dan meningkatkan kecerahan foto, tanpa terlalu banyak menyentuh warna, sehingga menghasilkan tampilan yang alami. Beberapa orang bahkan pergi untuk “edit tanpa edit”. Tetapi yang lebih penting daripada mengikuti gaya penyuntingan tertentu adalah memiliki umpan yang konsisten secara visual.

Pilih tagar yang tepat

Dengan memilih tagar yang tepat, kemungkinan postingan atau feed Anda berada di urutan teratas pencarian akan lebih besar. Jika tagar Anda tidak tepat, maka bisa dipastikan postingan Anda akan berada diurutan paling bawah dan akan tenggelam dengan postingan tagar lain. Cara optimasi Instagram satu ini juga cukup efektif namun perlu kehati- hatian ekstra. Salah tagar bisa berakibat fatal terhadap usaha yang Anda pasarkan.

Fokus pada konten yang dibuat pengguna

Konten buatan pengguna di Instagram adalah cawan suci bagi pemasar. Ini adalah kesempatan bagi pengikut untuk melibatkan diri mereka lebih dalam dengan sebuah merek sambil mengurangi biaya pemasaran karena konten sedang dibuat dan disetujui oleh audiens Anda.

Ini adalah pendekatan yang telah membayar dividen untuk kampanye konten buatan pengguna terbaik. Misalnya, Starbucks ‘#RedCupContest adalah contoh sempurna untuk mengubah pengikut menjadi pendukung merek.

Diluncurkan setiap bulan Desember, kampanye ini meminta para pengikut untuk mengirimkan foto-foto kreatif dari piala Natal merah Starbucks yang terkenal. Tagar memiliki 37.000 entri hingga saat ini, jadi aman untuk mengatakan itu sukses.

Gunakan subtitle video Instagram dan teks tertutup

Menurut Instagram, 60% cerita dilihat dengan suara aktif, artinya 40% dilihat tanpa suara. Penelitian dari Facebook (perusahaan induk Instagram), menunjukkan bahwa video teks meningkatkan rata-rata waktu menonton video sebesar 12%. Studi lain menemukan bahwa 80% orang mengatakan teks akan membuat mereka lebih cenderung menonton video enitre.

Cara optimasi Instagram ketujuh yaitu Anda dapat membuat video teks otomatis di Facebook yang dapat Anda simpan dan poskan di Instagram (meskipun pastikan untuk memeriksa teks untuk meminimalisir kesalahan) atau Anda dapat membuat file teks khusus untuk Anda sendiri. Baca juga tentang 10 Strategi Influencer Marketing yang Perlu Anda Ketahui.

Meskipun tidak ada yang dapat menyangkal bahwa kekuatan caption yang menarik perhatian sangat luar biasa, tetapi pada dasarnya mereka bukanlah bagian dari praktik terbaik Instagram untuk cerita. Sebagian besar cerita masih ditonton dengan suara menyala. Dan, begitu pengguna mengaktifkan suara, suara itu hidup sampai mereka menonaktifkannya membuatnya penting untuk tetap berinvestasi dalam memberikan pengalaman suara yang hebat.

Manfaatkan filter AR Instagram

Instagram membuka pembuatan filter AR untuk umum dengan Spark AR Studio tahun lalu. Sejak itu, AR mengambil alih aplikasi ini, dengan beberapa filter terbaik mendapatkan lebih dari 1 miliar tampilan. Meskipun masih populer di kalangan pengguna yang lebih muda, ada industri yang berkembang di sekitar filter AR dan banyak merek memilih untuk memproduksi sendiri. Pelajari juga tentang 12 Contoh Iklan Facebook yang Efektif.

Demikian artikel tentang cara optimasi instagram untuk berjualan yang bisa Anda praktekkan untuk online shop Anda atau produk offline Anda. Mungkin tidak semua  cara di atas cocok untuk produk yang sedang Anda pasarkan, namun pasti ada beberapa cara yang bisa bekerja dan membuat toko Anda kebanjiran order. Semoga artikel ini membantu dan membuat bisnis Anda pecah telur dan bertambah sukses ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here