Cara Optimasi Instagram dengan Algoritma agar Banyak Interaksi

0
21

Cara Optimasi Instagram dengan Algoritma agar Banyak Interaksi – Apakah anda pengguna Instagram? Apa yang anda lakukan dengan akun Instagram anda? Apakah hanya untuk hiburan atau untuk berbagi dan mempromosikan bisnis? Social media Instagram saat ini sangat berperan besar dalam dunia bisnis terlebih di Indonesia. Ditambah lagi selama pandemic corona tercatat pengguna Instagram mengalami peningkatan. Hal ini ini disebabkan karena perubahan gaya hidup yang mengharuskan semua aktivitas seperti biasa dialihkan ke online. Kegiatan seperti konser online, sharing online, live streaming, dan acara lainnya yang menjadi magnet bagi orang-orang untuk menggunakan Instagram lebih sering dibandingkan dengan hari-hari sebelum pandemic corona.

cara optimasi instagram dengan algoritma

Tak jarang pula bisnis ataupun para influencer yang memanfaatkan ini sebagai peluang untuk menggaet banyak audience baru. Instagram juga dianggap sebagai media yang sangat ampuh dan jitu untuk melakukan promosi produk. Banyak bisnis online di Instagram yang mengalami peningkatan omset selama pandemic. Ditambah lagi sekarang fitur Instagram shoping sudah lebih mudah diakses oleh brand dengan Instagram bisnis.

Namun, dari banyaknya faktor mengapa Instagram sangat penting untuk dijadikan media promosi bisnis adalah algoritma Instagram itu sendiri. Dengan memahami algoritma Instagram anda akan lebih mudah dalam menarik calon customer atau memancing follower anda untuk berinteraksi dengan postingan anda di Instagram. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui algoritma Instagram bagaimana cara Optimasi Instagram dengan benar.

Daftar isi

Bagaimana algoritma Instagram Bekerja?

Tanpa anda sadari Instagram sekarang cenderung akan memunculkan konten yang dianggap paling bermanfaat dan relevan dengan penggunanya. Jika anda menyadari algoritma Instagram yang dulu lebih mengutamakan konten yang muncul adalah konten yang diposting paling terbaru dari akun yang anda follow. Dengan algoritma lama yang seperti itu dianggap kurang menyajikan konten yang relevan dan terlalu random meskipun itu akun yang mereka follow.

Dengan perubahan algoritma yang sekarang ini banyak bisnis yang terdampak. Karena para pebisnis di Instagram dulu mengandalkan kuantitas postingan akan lebih sering muncul di beranda follower mereka. Sekarang hal tersebut agak sedikit susah dilakukan lantaran postingan mereka akan muncul hanya di beberapa follower mereka. Hal tersebut akan bertambah apabila postingan tersebut secara konsisten mendapatkan interaksi entah itu berupa like, komentar, ataupun yang lainnya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi algoritma Instagram yang baru

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kinerja dari algoritma Instagram ini. Yaitu:

jumlah interaksi (engagement) seperti like, comment, share

Saat Anda posting sebuah konten di Instagram, pertama instagram akan menunjukkan postingan Anda ke sebagian kecil pengikut atau followers Anda. Lalu, Instagram akan mengamati dan mengukur aktivitas interaksi yang terjadi nya seperti likes, comments , dan shares. Instagram juga akan mengukur seberapa cepat orang-orang berinteraksi dengan konten Anda tersebut.

Apabila banyak like, komentar, dan share dalam suatu postingan anda, maka akan semakin besar kesempatan postingan tersebut berada di feed teratas pengikut instagram anda.

Begitu pula sebaliknya, jika interaksinya kecil atau tidak ada aktifitas dalam suatu posting, maka akan kecil pula kemungkinan postingan anda dimunculkan ke beranda pengikut instagram anda.

hubungan dengan follower

Instagram akan mengukur sebera kuat hubungan Instagram anda dengan para pengikutnya. Apakah pengikut instgram anda sering melakukan interaksi entah itu berupa direct message (DM) ataupun dengan like atau mengomentari setiap postingan anda. Dengan begitu Instagram akan lebih sering memunculkan semua bentuk konten yang anda posting entah itu story ataupun feed.

Semakin sering seseorang melakukan interaksi ke akun-akun dengan niche atau kategori tertentu maka Instagram juga akan lebih sering memunculkan akun-akun serupa di explore/jelajah mereka. Jadi konten yang muncul tetap relevan yang mana ada kemungkinan konten serupa tersebut juga disukai oleh mereka.

waktu posting/timing

Nah, dalam hal waktu posting ini juga sangat penting. Dengan memosting pada waktu yang tepat saat orang-orang banyak yang sedang online akan lebih berpeuang mendatangkan interaksi postingan. Dengan begitu postingan anda akan terus naik performanya karena banyak yang berinteraksi seperti yang dijelaskan pada poin pertama di atas.

Anda harus bisa memperkirakan waktu dimana follower anda banyak melakukan interaksi ke Instagram anda. Hal ini bisa dimulai dengan beberapa kali percobaan untuk menentukan waktu-waktu yang pas untuk posting feeds maupun story. Setelah anda melakukan riset ternyata ditemukan banyak follower yang berinteraksi pada jam 8 saat mereka akan bekerja misalnya. Atau pada saat jam 12 siang saat jam istirahat kerja. Atau bahkan pada malam hari dengan perkiraan banyak orang yang sekedar untuk mengecek atau melihat-lihat Instagram sebelum mereka beristirahat.

profil visit/profil search

Saat seorang follower atau audience mencari dan mengunjungi sebuah profil Instagram, maka Instagram akan menganggap hal tersebut sebagai ketertarikan follower tersebut kepada Instagram anda. Dengan begitu Instagram akan memunculkan akun Instagram yang serupa dengan akun anda. Hal tersebut juga akan berlaku untuk iklan yang muncul.

Bahkan, ini saya sempat iseng-iseng melakukan percobaan dengan menyebutkan kata-kata seperti missal Samsung pada saat mengobrol dan membuka Instagram. Dan entah kebetulan atau tidak iklan yang muncul adalah iklan Samsung, Toshiba dan brand atau merk serupa.

Terlepas dari benar atau tidaknya hal tersebut membuktikan bahwa algoritma terkait konten relevan itu memang benar adanya. Bagaimana sudah pernah mencobanya? Penasaran ya…hihihi

Tips dan Cara Optimasi Instagram agar Postingan Instagram Muncul di paling Atas

Peroleh banyak Interaksi

Cara optimasi instagram agar postingan instagram muncul di paling atas salah satunya dengan memperoleh banyak interaksi dari followers Instagram anda. Nah, lalu bagaimana caranya agar banyak interaksi? Buatlah konten yang bermanfaat untuk follower anda, maka dari itu anda harus tau format post yang seperti apa yang banyak mendatangkan interaksi. Gunakan foto atau ilustrasi yang menarik adalah salah satu komponen wajib karena seperti yang kita tahu bahwa Instagram adalah platform yang mengutamakan gambar atau foto. Apabila gambar anda bagus dan menarik tentunya akan banyak mendatangkan like.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah isi atau konten yang anda bagikan. Jika kalian bingung apa isi yang harus diposting, buatlah konten seperti berikut

  • Konten Edukasi
  • Konten Informasi
  • Konten Tips & Trik
  • Konten Testimoni
  • Konten Iklan
  • Konten Behind the Scene
  • Konten Hari Besar/Spesial
  • Konten Games
  • Konten Pelayanan/Service

Semua ide konten di atas juga bisa digunakan untuk media atau platform lain seperti twitter, facebook, youtube, dll. Baca juga tentang Membuat Caption Instagram yang Menarik untuk Meningkatkan Engagement.

Posting pada Waktu yang tepat

Nah, ini salah satu yang menjadi alas an mengapa anda harus beralih ke Instagram bisnis. Dengan Instagram bisnis anda bisa melihat insight kapan followers anda banyak yang online dan melakukan interaksi dengan akun Instagram anda.

Selain itu, anda bisa mengamati dengan cara menganalisa dari sekian postingan yang sudah anda posting. Buatlah pola waktu yang bisa dianalisis nah setelah itu anda bisa menyimpulkan di waktu apa dan jam berapa saja postingan Instagram kamu banyak menarik audience.

Riset Terus-Menerus

Riset adalah salah satu hal cara optimasi instagram yang penting untuk mendapatkan pola post yang paling tepat. Selain itu, riset juga bisa digunakan untuk menciptakan format postingan yang baru dan fresh sesuai dengan algoritma Instagram yang baru nantinya. Karena kita tahu bahwa dalam dunia marketing itu selalu dinamis mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat.

Pancing dengan Instagram story

Optimasi instagram yang selanjutnya yaitu memancing audience dengan Instagram story. Hal ini berfungsi apabila followers anda belum melihat postingan anda, mereka akan notice dan harapannya mereka akan menuju postingan tersebut. Buatlah konten tersendiri terkait cara menarik audience ini melalui story ini. Mungkin anda sudah pernah melihat di story yang mana mengatakan “jika anda ketinggalan, silahkan lihat di postingan berikut” atau yang lainnya yang intinya mengajak kita untuk sekedar mengecek atau melihat postingan kita. Nah jika kita tertarik maka kita kan cenderung untuk menyukai postingan tersebut yang mana akan meningkatkan performa postingan tersebut.

Bangun Brand secara Natural

Natural disini maksudnya adalah setelah anda membagikan konten tips, trik, edukasi, dll. Biarkan audience yang datang ke profil Instagram anda adalah orang-orang yang relevan, mereka yang benar-benar menyukai konten yang anda bagikan.

Dan yang perlu diingat adalah orang kurang suka dijuali. Jadi perhalus penyampaian anda kepada audience. Sebagai contoh hindari berkata ”yuk disorder sis”, tapi katakanlah “ekspresikan dirimu dan tampil makin keren dengan headset ini”.

Dengan membagikan konten yang relevan juga akan memudahkan anda dalam mengubah audience yang awalnya cold menjadi warm bahkan hot audience. Mereka akan lebih peka dan tertarik dengan brand anda. Selain itu, dengan konten relevan audience yang anda bangun atau pengikut anda adalah orang-orang yang tertarget.

Lakukan tips di atas supaya followers anda makin tertarik untuk berinteraksi dengan brand anda. Masih banyak lagi fitur-fitur di Instagram yang tentunya perlu dieksplor lagi. Apalagi dengan munculnya fitur-fitur baru dan tampilan yang semakin diperbaruhi. Intinya adalah buatlah konten yang berkualitas bagi audience anda. Semoga tips dan Cara Optimasi Instagram di atas sedikit memberikan wawasan, jika masih ada yang kurang atau mau ditambahkan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah, terima kasih 😊.

Tinggalkan Komentar