Cara Optimasi Fanpage Facebook untuk Ad Break

0
56
CARA OPTIMASI FANPAGE FACEBOOK UNTUK AD BREAK DI TAHUN 2020
CARA OPTIMASI FANPAGE FACEBOOK UNTUK AD BREAK DI TAHUN 2020

Sekarang ini banyak yang menggunakan fanpage facebook untuk monetisasi video. Tujuan akhirnya tentunya adalah mendapat uang dari facebook. Namun masih banyak yang bingung atau belum efektif dalam optimasi fanpage facebook mereka. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara optimasi fanpage facebook yang bisa kamu praktikan.

Facebook ad break sekarang ini banyak dilirik oleh para penjari uang di internet. Alasan utamanya tak lain dan tak bukan adalah uang yang menggiurkan. Bahkan sudah banyak workshop-workshop online yang bertebaran dengan iming-iming bisa sukses dan mendapatkan uang dari facebook ad break. Banyak dari mereka yang mengikuti dan berhasil, namun tak sedikit pula yang gagal. Banyak faktor yang mempengaruhi dari niche atau kategori yang diambil sampai karakter sang pemilik fanpage yang inginnya serba instant dan tidak konsisten. Saya sendiri juga punya banyak fanpage dan ada yang sudah pay out. Baca juga Cara Mendapatkan Uang dari Fanpage Facebook Ad Breaks.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika optimasi yang saya lakukan di fanpage saya akan saya bagikan di artikel ini. Karena yang menjadi pedoman saya belajar itu bisa dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Tergantung niat dan tekad kita masing-masing karena seperti kata pepatah usaha tidak akan menghianati hasil.

Selama saya berkecimpung di dunia facebook ad break saya juga sudah mengalami yang namanya banned fanpage sampai banned akun facebook pribadi saya sendiri. Alhamdulillah sekarang sudah bisa lagi dengan 2 kali banding menggunakan foto asli hehe.

Sebagai klarifikasi di awal, artikel kali ini hanya akan membagikan apa saja yang saya lakukan dalam mengoptimasi fanpage facebook saya. jadi tidak ada jaminan fanpage kamu bakal langsung naik secara signifikan. Karena kembali lagi banyak faktor yang mempengaruhi. Terlebih yang akan saya tekankan adalah konsistensi dan tekad untuk terus belajar sampai berhasil. Saya sudah berkali-kali kena dismon namun dengan kesabaran dan ketekunan semua itu akan indah pada waktunya.

Saya juga menekankan bahwa cara ini tidak selamanya akan berdampak signifikan. Karena kembali dengan aturan dan kebijakan facebook yang bisa berubah sewaktu-waktu. Maka dari itu pentingnya riset dan trial error, menganalisis dari apa yang sudah kita lakukan pada fanpage facebook kita. Dan saya sendiri punya lebih dari 10 fanpage yang saya gunakan untuk uji coba dan riset. Dari sekian banyak fanpage itu yang mendapat hasil paling bagus yang menjadi patokan saya dalam membuat fanpage facebook yang selanjutnya.

Memunculkan mindset untuk tidak mengejar materi dulu itu juga perlu. Karena jika kalian orientasinya sudah uang maka akan ada penyesalan dan gelisah jika kamu tak kunjung mendapatkan uang. Jadinkan ini suatu hobi atau sampingan maka kamu tidak akan terbebani dengan hasil uang yang harus kamu raih.

Baiklah, saya kira ini sudah cukup panjang dan saya khawatir terkesan menggurui. Disini saya cuma berusaha membagikan tips dan trik cara saya mengoptimasi fanpage facebook saya.

1. Tentukan Niche yang Sesuai dengan Passion

Hal mendasar dalam optimasi fanpage facebook tentunya adalah mempunyai fanpage facebook. Dalam membangun fanpage facebook saya sarankan yang sesuai dengan hobi atau passion kita. Jadi kita akan merasa tidak ada beban dalam nanti mengoptimasi fanpage kita kedepannya. Sebagai contoh saya memiliki hobi memasak ya kita buat fanpage tentang masakan. Kamu bisa belajar, menjalani hobi, serta jika sudah berhasil kamu akan mendapat reward dari apa yang sudah kamu kerjakan. Jangan lupa juga untuk membuat nama fanpage semenarik mungkin atau yang mengandung keyword atau kata kunci yang kamu sasar.

Jika kamu tipikal orang yang suka dengan tantangan kamu juga tidak ada salahnya untuk menentukan niche di luar hobi dan passionmu. Akan lebih bagus lagi jika kamu juga sudah riset tentang niche yang banyak diminati audiens. Jadi kamu sudah tau target audiens yang kamu sasar nantinya.

2. Buat Konten yang Bervariasi

Saat kamu masih di tahap merintis fanpage facebook, yang kamu lakukan adalah memposting konten yang bervariasi. Jadi jangan hanya membagikan konten video tapi juga berbentuk gambar atau link yang berisi informasi yang bermanfaat bagi audiensmu. Hal ini juga berfungsi untuk menaikkan engagement serta jangkauan fanpage facebookmu.

Dari konten yang sudah kamu share usahakan yang menarik dan mengundang interaksi. Selanjutnya kamu bisa mengundang mereka untuk menyukai fanpage kamu secara manual. Jika kamu sudah konsisten membagikan konten ang bervariasi kamu juga akan tahu konten apa yang sekiranya menarik untuk dibagikan selanjutnya.

3. Membagikan Postingan

Dengan cara membagikan postingan yang kamu buat dapat meningkatkan jangkauan dari postingan itu sendiri. Kamu bisa bergabung dengan grup yang sesuai niche fanpagemu. Dalam hal ini kamu juga harus tahu batasan untuk membagikan kontenmu. Jangan pernah kamu secara membabi buta membagikan postinganmu terlalu sering. Batasi sehari 3 kali, akan lebih bagus lagi jika kamu membuat akun yang berbeda untuk membangikannya.

4. Optimalkan Semua Fitur

Selanjutnya cara optimasi fanpage facebook adalah dengan mengoptimalkan fitur-fitur yang disediakan oleh facebook. Kamu bisa menggunakan template dan tab video untuk mengubah tampilan fanpage agar lebih banyak orang yang menonton videomu. Buat playlist yang menarik dan mengandung kata kunci dari setiap videomu. Isi semua informasi tentang fanpage facebookmu dari deskripsi hingga kontak dll. Usahakan semua postingan yang kamu buat mengandung kata kunci yang kamu sasar.

5. Optimasi Video

Dalam mengoptimasi video tentunya harus dangat berhati-hati, apalgi konten yang kamu bagikan bukan konten original. Sebisa mungkin edit sedemikian rupa dari durasi, resolusi, hingga tampilan video, dll. Gunakan judul yang mengandung kata kunci dan juga optimalkan penggunaan label atau tag. Kamu juga bisa mengoptimasi bagian subjudul dan keterangan seperti bahasa dan subtitle yang digunakan. Tak ada salahnya kamu sisipkan poling sesekali di videomu untuk mengetahui tingkat interaksi dari penontonmu.

6. Gunakan Hastag

Langkah yang selanjutnya yang menurut saya masih efektif namun tidak banyak orang yang menggunakannya adalah hastag. Fitur ini disediakan oleh facebook untuk orang-orang yang mencari topik tertentu. Gunakan hastag yang mengandung kata kunci dan tertarget pada judul postinganmu baik foto ataupun video. Penggunaan hastag yang konsisten akan berdampak pada dominasi kata kunci di pencarian facebook.

7. Konsisten

Cara optimasi fanpage facebook yang paling penting adalah konsisten. Konsisten adalah kunci paling utama dalam optimasi fanpage facebook. Semua optimasi di atas tidak akan berdampak jika hanya kamu lakukan di awal kamu membuat fanpage facebook. Kamu harus konsisten dalam mengupload dan memposting konten di halamanmu. Dengan konsisten secara tidak langsung jua mencegah pesaingmu di niche yang sama mengambil alih kata kunci yang kamu sasar.

Saya kira cukup itu dulu yang bisa saya bagikan untuk artikel cara optimasi fanpage facebook. Diluar point-point di atas masih banyak yang perlu dilakukan. Semua itu saya kembalikan ke kalian, jika memang ada yang mau menambahkan silahkan komentar di kolom komentar. Demikian artikel ini saya buat yang masih jauh dari kata sempurna. Baca juga 11 Langkah Ampuh Mendapatkan Uang dari Youtube

Masih banyak mastah di luar sana yang lebih ahli dalam mengoptimasi fanpage mereka. Yang perlu dilakukan adalah terus mencoba, gunakan kegagalan sebagai pembelajaran dan evaluasi. Sehingga kamu bisa menentukan langkah yang tepat untuk dilakukan selanjutnya. Tetap semangat dalam membangun fanpage sampai menghasilkan, dan semoga artikel ini bermanfaat sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Komentar