Cara Optimasi Blibli untuk Meningkatkan Penjualan 2020

0
83
Cara Optimasi Blibli untuk Meningkatkan Penjualan 2020
Cara Optimasi Blibli untuk Meningkatkan Penjualan 2020

Cara Optimasi Blibli untuk Meningkatkan Penjualan 2020 – Toko online umumnya sama dengan website biasakan tetapi untuk optimasinya sendiri memang berbeda. Bagi yang memahami tentang SEO, mengelola e-commerce contohnya akan lebih rumit jika dibandingkan dengan mengelola website atau blog yang biasa menghadirkan informasi.

Hal ini karena toko online atau e-commerce biasanya mengandalkan halaman yang berisi konten mengenai produk-produk sebagai konten pendukung. Padahal seperti yang diketahui pada umumnya bahwa google menyukai web atau situs-situs yang berisi informasi dan juga konten. Baca juga Cara Optimasi Shopee untuk Meningkatkan Penjualan dan Cara Optimasi Tokopedia untuk Seller Baru 2020

Optimasi Blibli
Optimasi Blibli

Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri termasuk bagaimana mengetahui cara optimasi Blibli untuk meningkatkan penjualan 2020. Untuk dapat bersaing dan berada di halaman satu maka sebaiknya menggunakan rancangan atau konsep SEO dari website toko online agar terdapat gambaran cara yang tepat yang seharusnya digunakan.

Meskipun keberadaan konten memang cukup mempengaruhi SEO, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar web bisa di posisi teratas pada pencarian google. Teknik yang kerap digunakan sebenarnya terbilang hampir sama. Akan tetapi untuk toko online dibutuhkan perhatian khusus terutama optimasi onpage dengan menggunakan SEO.

Bagi yang masih awam tak jarang merasa takut dan menyerah dalam mendalami optimasi yang satu ini, namun sebenarnya selalu ada peluang agar optimasi website tersebut lebih baik. Berikut berapa hal yang dilakukan sebagai cara optimasi Blibli untuk meningkatkan penjualan 2020 :

Cara Optimasi Blibli

Optimasi SEO Onpage

1. Review Pembeli

Review produk dapat menjadi salah satu senjata untuk mendongkrak posisi web di halaman atas dengan konten original dan fresh. Review tersebut dapat membuat halaman pada website menjadi lebih kaya akan keywords. Review ini diperoleh dari pelanggan jadi akan sangat menguntungkan website Blibli. Selain itu review pun dapat meningkatkan ranking dari keyboard dan long tail keyword.

Jika optimasinya baik maka review dengan bintang pun akan muncul pada pencarian google maka secara otomatis website dapat meningkat dengan sendirinya. Review tentunya akan lebih meningkatkan penjualan. Pengunjung akan memperhatikan dan juga melihat review, jika bagus maka akan ikut membelinya. Tak heran jika website yang besar biasanya menyediakan kolom untuk review ulasan beserta diskusi pada produk tersebut.

2. Struktur Data Schema.org pada Halaman Produk

Penggunaan struktrur data dengan cara ini akan meningkatkan CTR. Hal ini karena pada halaman produk tentunya akan terdapat harga, bintang serta jumlah review secara otomatis. Terdapat 5 data yang biasanya muncul di SERP:

  • Ketersediaan barang
  • Harga khusus atau diskon
  • Video dan Gambar terkait
  • Rating Bintang serta review
  • Nama dan harga produk

3. Menggunakan Keyword pada Judul disertai Commercial Intent

Judul yang digunakan berupa kata seperti sedang berjualan misalnya “Jual Kompor Gas”. Commercial intent pada judul memegang peranan yang baik pada ranking website yang meningkat. Judul memiliki peranan yang cukup penting karena konten memang sedikit. Lakukan riset agar bisa mendapatkan keyword yang tepat.

4. Keyword Mapping

Cara optimasi Blibli untuk meningkatkan penjualan 2020 selanjutnya tentu masih berkaitan dengan keyword. Keyword mapping dilakukan dengan membuat peta keyword sehingga terkumpul halaman yang sejenis. Nantinya yang akan muncul adalah tag atau kategori dan bukan halaman dari produk tersebut.

Jika produk bervariasi maka yang sering diklik adalah halaman kategori oleh pengunjung. Jika hanya satu produk saja yang masuk halaman satu maka akan lebih rendah tingkat konversinya. Perlu juga ditambahkan informasi agar lebih userfriendly dan sesuai SEO.

5. Deskripsi Produk Berisi Lebih dari 250 Kata

Kesalahan pemilik toko online saat membuat deskripsi produk:

  • Langsung melakukan copy-paste dari deskripsi yang ada pada produk aslinya
  • Kurang menarik karena terlalu kaku
  • Deskripsi tidak informatif dan terlalu singkat.
  • Tidak mengandung kata penunjang “kata ajaib” seperti: berkualitas, original, antik, keren, dll.

Deskripsi pada produk termasuk konten maka perlu dibuat dengan detail tentang produk dan juga kaya akan informasi. Anda dapat menambahkan informasi tentang kalimat deskripsi, keunggulan spesifikasi ataupun kekurangan produk. Selain untuk SEO, deskripsi juga dapat menentukan keputusan calon pembeli di dalam membeli ataupun tidak. Jika copywritingnya bagus maka produk menjadi lebih mudah untuk dijual.

6. Optimasi navigasi dan juga Struktur URL

Website yang merupakan toko online umumnya memiliki struktur yang lebih rumit. Jika sekedar blog ataupun website maka biasanya akan lebih mudah dianalisa strukturnya. Akan tetapi struktur toko online yang tidak baik maka akan dihiraukan mesin pencari sehingga tidak dapat terindeks dengan baik.

Struktur yang buruk maka biasanya membuat sebuah duplikat halaman dan tidak baik bagi SEO. Jika struktur pada website baik maka langkah selanjutnya membuat struktur antar artikel dengan cara memasang internal link pada masing-masing content dengan menggunakan halaman yang relevan. Semakin baik membuat struktur suatu website maka SEO pun akan semakin terasa.

7. Memeriksa Halaman Duplikat

Cara optimasi blibli untuk meningkatkan penjualan 2020 selanjutnya adalah memperhatikan halaman duplikat. Halaman duplikat ini biasanya terjadi karena tidak sengaja bukan hanya copy paste saja akan tetapi karena masalah teknik pada internal website. Biasanya kondisi ini karena:

  • Deskripsi produk disalin dari website resmi,
  • Deskripsi sama dengan produk lainnya misalnya sepatunya sama tetapi warna dari ukuran berbeda.
  • Menggunakan canonical menjadi url dengan diakhiri query.

Optimasi SEO Offpage

Jika Anda memiliki budget yang cukup maka bisa mengkoordinasikan dengan Offpage. Hal ini pula yang dilakukan oleh blibli. Pilihan lainnya adalah dengan:

1. Paid Review

Banyak blogger yang mendapatkan komisi dari jasa review sebuah produk ataupun konten placement. Hal ini juga bisa dilakukan untuk menaikkan salah satu link produk di Blibli yaitu dengan menghubungi pemilik blog secara langsung dan menawarkan kerjasama. Meskipun harganya cukup mahal sekitar 200 ribu untuk satu kali post namun jika blog tersebut bagus maka dapat bermanfaat membangun kepercayaan serta citra dari calon pembeli.

2. Kontes SEO

Kontes seperti ini memang ampuh jika menggunakan metode yang tepat bahkan semua e-commerce pernah mengadakan kontes yang serupa. Dengan budget kurang dari 8 juta maka dapat diadakan kontes seo. Ini sudah mencakup hadiah untuk juara utama dan juga juara harapan. Cara optimasi blibli untuk meningkatkan penjualan 2020 yang satu ini sudah beberapa kali dilakukan dan banyak diikuti beberapa blogger.

3. PBN

Teknik SEO dengan menggunakan private blog network atau PBN memang sangat powerfull agar dapat melibas kata kunci untuk kelas kakap. Jika mengetahui cara yang tepat maka produk dengan kata kunci akan sangat mudah berada di halaman pertama. Namun jika tidak di manipulasi dengan baik sebaiknya tidak menggunakan teknik yang satu ini. Karena salah prakteknya akan mengakibatkan website menjadi taruhan.

Optimasi seo memang terbilang rumit jika dibandingkan dengan website yang biasa saja. Struktur SEO memang harus benar-benar dipahami dan juga di maksimalkan agar optimasi pada mesin pencari berjalan dengan baik. Hal lain yang perlu dilakukan juga maintenance secara rutin agar website dapat dijadikan aset untuk jangka panjang, mengevaluasi berbagai kesalahan, memperbaikinya sehingga tidak terulang kembali. Itulah sekilas tentang cara optimasi blibli untuk meningkatkan penjualan 2020. Semoga dapat menambah informasi.

Tinggalkan Komentar