Finansial Finance

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif
Written by Habib Hidayat

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif – Siapa sih yang tidak ingin mencapai financial freedom di usia yang relatif cukup muda? Ya, semua itu butuh yang adanya manajemen keuangan yang bagus. Mengelola setiap pengeluaran dengan baik dan menyisihkan pendapatan untuk tabungan atau investasi. Tapi mungkin sebagian dari anda belum tahu sebenarnya bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik? Jika anda sampai di artikel ini berarti anda sedang mencari bagaimana mengelola keuangan yang benar bukan? atau mungkin anda secara tidak sadar sudah melakukan salah satunya. Atau sudah melakukan manajemen keuangan akan tetapi masih kurang efektif.

Ya untuk bisa mencapai sebuah financial freedom tentunya anda harus menerapkan manajemen keuangan sedini mungkin. Kalau anda merasa agak telat tidak apa-apa lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Toh dengan mengetahuinya sekarang bisa untuk membekali anak cucuk anda kelak. Mengajarkan sedini mungkin kepada mereka tentang mengatur keuangan mereka sendiri. Baca juga tentang cara Kembangkan Bisnis dengan Metrik Digital Marketing.

Meskipun anda memiliki pendapatan yang sangat melimpah, hal tersebut belum pasti menjamin anda bisa menjadi orang kaya. Makanya tak jarang banyak yang sampai menyewa agensi financial planner semata-mata untuk mengarahkan dan menyarankan mau diapakan dan mau dikemanakan uang yang didapat. Hal tersebut sama halnya anda menyewa jasa arsitek, anda bisa mengoptimalkan pembangunan rumah anda. Jika tanpa arsitek bisa jadi hasilnya belum tentu sesuai harapan.

Selain itu, anda juga harus bisa meredam beberapa keinginan anda untuk berbelanja. Yang sebenarnya barang tersebut belum tentu anda butuh. Anda hanya tergiur dengan gaya hidup yang konsumtif untuk. 

Tips Cara Mengatur Keuangan

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif
Cara Mengatur Keuangan yang Efektif

Berikut ini tips dan cara mengatur keuangan untuk semua kalangan. Harapannya setelah anda menerapkan cara-cara di bawah ini. Keuangan anda bisa lebih baik dari sebelumnya. Dan artikel ini hanya bersifat berbagi pengalaman dan opini pribadi. Bagi anda yang ingin mengikutinya silahkan intinya ambil sisi positifnya saja untuk anda yang menurut anda baik dan bagus untuk diri anda sendiri. Karena hasilnya dari setiap individu pasti akan berbeda dan disini saya juga masih belajar bagaimana mengelola keuangan dengan baik.

Cara Mengatur Keuangan dengan Konsisten Menabung

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat
Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat

Mungkin waktu kita kecil selalu diajarkan untuk menyisihkan uang jajan kita atau uang pemberian saudara untuk ditabung. Dan banyak yang sudah merasakan waktu kecil kita bisa membeli mainan atau barang yang kita suka dari uang tabungan kita. Ya, menabung perlu kita tanamkan ke anak dan cucu kita kelak. 

Untuk para pegawai kisaran gaji yang perlu disimpan untuk ditabung kira-kira sebesar 20% dari gaji. Tabungan bisa berfungsi sebagai dana darurat yang bisa berguna pada saat ada keadaan urgent yang membutuhkan banyak uang misalnya untuk biaya berobat, kebutuhan pokok, dll.

Bagi anda yang memutuskan menabung di bank silahkan anda hitung dengan teliti bunga bank dan potongan biaya administrasinya. Anda juga harus rutin mengecek tabungan anda. Sekarang banyak aplikasi atau software keuangan yang sudah ada kalkulator tabungan. Anda hanya tinggal memasukkan nominal tabungan awal anda, bunga per tahun, dll.

Cara Mengatur Keuangan dengan Rutin Cek Tagihan

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat
Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat

Biaya listrik, asuransi kesehatan, pulsa, Internet, Air, dll juga haruslah diperiksa secara rutin. Selain itu, biaya tagihan kartu kredit juga perlu sering-sering dicek. Apakah ada tagihan yang kiranya jadi biaya yang tidak kita sadari atau kita sebut sebagai biaya siluman. 

Selain itu juga, dengan rutin mengecek tagihan anda juga bisa membayarnya tepat waktu dan terhindar dari denda yang terkadang tanpa kita sadari. 

Walaupun nilainya kecil tapi kalau dibiarkan juga lumayan nilainya. Bila perlu selalu buat alarm khusus agar anda selalu ingat kapan saja waktunya membayar tagihan tersebut. Jeda membaca artikel ini sekarang dan mulai membuat event di tanggalan handphone anda, jangan lupa untuk mengaktifkan alarm beri label sesuai tagihan apa yang akan anda bayar.

Memiliki Perencanaan Keuangan

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat
Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat

Salah satu cara jitu untuk mengatur keuangan adalah dengan membuat perencanaan keuangan. Jadi, setiap uang yang anda miliki akan terkontrol dengan baik. Dalam merencanakan tidak mengenal harus mapan dulu baru punya rencana keuangan. Justru banyak orang mapan yang akhirnya jatuh karena kurang adanya perencanaan keuangan. 

Menerapkan perencanaan keuangan juga perlu adanya konsistensi. Maka dari itu anda harus membiasakan diri untuk disiplin dengan rencana keuangan anda. Jika anda bingung membuat rencana keuangan ini anda bisa mulai dari apa yang ingin anda capai. Memiliki target di masa depan adalah satu cara yang bisa anda bisa termotivasi untuk tetap memiliki perencanaan keuangan.

Cara Mengatur Keuangan dengan Berinvestasi

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat
Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat

Selain menabung, dengan berinvestasi adalah salah satu cara mendapatkan pasif income untuk anda. Jadi jika anda memiliki uang yang “nganggur” ada baiknya anda investasikan.

Anda bisa memilih beberapa jenis investasi dari mulai saham, reksa dana, pasar uang, obligasi, properti, dll. Dengan berinvestasi anda bisa mendapatkan uang tambahan tanpa melakukan apapun. Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga lebih dari 20% apabila anda sudah sangat paham dalam dunia investasi. Selain itu, anda juga perlu merumuskan tujuan anda dalam berinvestasi. Apakah itu untuk dana pensiun, penghasilan tambahan, atau bahkan penghasilan utama. Jika anda berinvestasi saham anda bisa mulai dengan berinvestasi di saham-saham blue chip. Atau jika anda ingin berinvestasi dengan resiko yang lebih kecil anda bisa mulai dengan reksadana.

Bijak Menggunakan kartu Kredit

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat
Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat

Bagi anda yang memiliki kartu kredit mungkin akan banyak sekali penawaran-penawaran yang menggiurkan. Nah, anda harus jeli dengan semua penawaran yang ada. Tak jarang jika anda kurang berhati-hati, bisa jadi cicilan kartu kredit anda tiba-tiba membengkak. Setelah dicek ternyata terdaftar atau berlangganan produk tertentu. Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit, pertimbangkan dengan matang-matang jika anda membayar menggunakan kartu kredit. Selain itu, pikirkan juga cara untuk melunasi tagihannya, jangan sampai anda malah menggunakan dana lain untuk membayar cicilan kartu kredit anda.

Lunasi Hutang 

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat
Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat

Dalam mengatur keuangan anda, hutang seringkali menjadi batu sandungan. Yang harusnya anda bisa mengalokasikan dana untuk hal lain seperti ditabung, investasi, atau hal lain. Anda malah diwajibkan membayar hutang terlebih dahulu. 

Sebenarnya tidak ada salahnya punya hutang, tapi harus diingat pertimbangkan adanya bunga dan anda yakin bisa membayarnya. Jika anda memiliki hutang prioritaskan untuk melunasi hutang dengan bunga yang paling besar dulu. Karena kalau tidak akan terus mengganggu cash flow anda. Setelah itu, bertahap hingga semua hutang terbayarkan. Serta usahakan untuk membayar hutang tepat waktu atau sebelum jatuh tempo. Jika tidak anda akan dikenakan denda atau bunga tambahan untuk setiap keterlambatan anda membayar.

Memiliki Dana Darurat

Yang tak kalah penting dari cara mengatur keuangan adalah dengan memiliki dana darurat. Dengan ini, apabila anda mengalami hal yang bersifat darurat dan mendesak. Anda bisa menggunakan dana darurat ini. Anda tidak perlu meminjam atau hutan yang mana anda bisa terlilit bunga yang besar.

Yang perlu diingat tentang dana darurat ini adalah anda harus benar-benar menggunakan dana ini pada saat ada hal yang sangat mendesak. Jangan sekali-kali anda tergiur untuk menggunakan dana ini untuk hal yang tidak mendesak. Apalagi hanya untuk kebutuhan konsumtif. Setidaknya tentukan batas bawah isi saldo anda jika anda menyimpan di rekening yang sama. 

Mengubah Gaya Hidup

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat
Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat

Cara yang bisa dibilang cukup sederhana kelihatannya namun susah untuk melakukannya. Di jaman sekarang ini kita banyak terpapar oleh konten-konten yang berisi lead magnet. Yang menyebabkan yang sebenarnya anda tidak ada keinginan untuk membeli barang karena terpapar konten di social media anda akhirnya beli sesuatu yang sebenarnya anda tidak begitu butuh untuk saat itu. Maka dari itu, perlu adanya sedikit perubahan gaya hidup, Mulai dari mengamini bahwa di media sosial kita banyak terpapar konten promosi. Maka dari jangan mudah tergiur dan memikirkan berkali-kali jika anda ingin membeli sesuatu. Sesekali mungkin boleh tapi jangan sampai keseringan. Karena tergiur harga serba seribu anda tergiur membeli barang yang tidak anda butuhkan hanya dengan dasar karena mumpung murah. Tanpa anda sadari uang anda itu bisa anda alokasikan ke kebutuhan yang lebih anda perlukan. Memulai gaya hidup hemat, ingat hemat bukan berarti pelit ya. Dan juga hemat beda sedikit dengan irit. Kalau hemat menurut saya adalah tindakan untuk mengerem keinginan untuk membeli sesuatu. Sedangkan irit itu cenderung hampir menekan setiap pengeluaran bahkan terkadang sampai hal-hal yang sebetulnya anda perlukan. 

Mencari Pendapatan Tambahan

Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat
Cara Mengatur Keuangan yang Efektif - Habib Hidayat

Selain dari investasi yang bisa menjadi pendapatan tambahan. Anda juga bisa dengan mulai membuka usaha sampingan anda. Sekarang ini sudah banyak bisnis yang dilakukan bahkan dari rumah. Dari mulai jualan online, jualan makanan, buka jasa, jadi affiliate marketing, blogger, dll. Jika investasi saham atau reksadana dirasa cukup lama anda bisa mulai usaha sampingan yang bisa jadi pendapatan kedua anda. Baca juga tentang Strategi Meningkatkan Penjualan Online dan Offline.

Jika anda merasa tidak memiliki keahlian tertentu. Anda bisa menginvestasikan uang anda untuk mengikuti course atau seminar. Sekarang ini banyak yang sekali webinar atau ecourse yang bisa anda ikuti dari rumah. Materinya pun bermacam-macam mulai dari bisnis online, jualan, menjadi advertiser, desain grafis dll. 

Itulah tadi beberapa tips cara mengatur keuangan yang bisa anda praktekkan. Selain kiat-kiat di atas masih banyak cara yang bisa anda pelajari lebih lanjut. Lebih detail mengenai teknisnya seperti cara berinvestasi, cara menabung yang tepat, dll. 

Semoga dengan artikel ini anda bisa mendapatkan wawasan baru dan berhasil dalam mengelola keuangan anda. Semoga bermanfaat 🙂


About the author

Habib Hidayat

Blogger gembel yang mencoba berbagi tentang hobby, passion, tutorial, tips, review, dll. Berharap menjadi orang yang berguna untuk orang lain.

Leave a Comment

Adblock Detected!

Eiits...Yuk support blog ini dengan mematikan Adblocknya!! Bermacam informasi bermanfaat dan menarik gratis di blog ini