5 Cara Membuka Usaha Angkringan Kekinian

5 Cara Membuka Usaha Angkringan Kekinian

Usaha Angkringan Kekinian – Dahulu nama dari sebuah usaha angkringan ini dengan sebutan pedagang kaki lima. Karena pedagang kaki lima ini sudah menjadi lebih modern, karena berawal dari wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang kemudian berkembang ke daerah lainnya.

Usaha Angkringan
Usaha Angkringan – ©kompas

Usaha ini dikenal sangat sederhana dan terbilang relatif murah. Karena pembelinya tidak memandang strata sosial. Dari mulai pedagang kecil, tukang becak, tukang bangunan, mahasiswa, pegawai kantor dan lain sebagainya. Kalangan Bapak-bapak, anak muda bahkan perempuan juga ada yang membeli makanan disana.

Makanan yang dijual didalamnya yaitu nasi kucing, gorengan tempe,tahu dan jajan lainnya, lalu sate usus (ayam), sate telur puyuh, sate ampela hati, keripik dan makanan lainnya. Minuman yang dijual juga beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe, wedang uwu, susu, bahkan minuman sachet juga tersedia disana. Semua yang dijual dengan harga sangat terjangkau.

Meski hanya nongkrong di pinggir jalan, tapi makanan yang dijual relatif murah. Sehingga para pembeli saat ini sudah tidak malu hanya sekedar nongkrong dan segan makan ditempat. Karena saat ini angkringan sudah mulai meningkat kepopulerannya, sehingga bisa dibuat kesempatan untuk menjadikannya peluang bisnis.

Cara Membuka Usaha Angkringan

Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuka usaha angkringan, dengan modal yang tidak tinggi, berikut caranya :

1. Mencari Tempat

Carilah lokasi yang strategis di pinggir jalan yang setidaknya tidak mengganggu lalu lintas jalan dan yang memang diizinkan untuk berjualan kemudian lingkungannya terbilang cukup ramai, agar tidak menyalahi aturan petugas jika ada gusuran. Kalau bisa, carilah tempat yang terbilang memiliki lahan kosong dan luas. Pastikan memiliki izin usaha juga, agar memiliki surat legalitas usaha.

2. Membuat Konsep Tempat

Penting juga untuk menentukan konsep angkringan yang seperti apa? yang mau dibuat sederhana atau kekinian jika sudah dibuat. Seperti mau konsep sederhana lesehan, atau konsep duduk dikursi dan meja makan saja.

Jika menggunakan konsep yang kekinian sebaiknya siapkan wi-fi gratis, live music untuk mengisi hiburan para pembeli sehingga bisa berlama-lama dan kembali ke lokasi angkringan.

Buatlah konsep terlebih dahulu, agar tidak kualahan ketika sudah memulai usaha angkringan.

3. Membeli Peralatan

Lokasi sudah, konsep juga sudah, selanjutnya yaitu membeli barang yang akan dibutuhkan. Membeli perlengkapan bisa melalui toko terdekat atau bisa melalui online tinggal mencari barang apa yang dibutuhkan. Jika modal  yang dimiliki tidak banyak, lebih baik membeli barang yang memang dibutuhkan dulu, seperti gerobak, kursi kayu, dan terpal.

Untuk barang-barang selanjutnya bisa dicicil sedikit demi sedikit biar tidak terlalu terbebani. Nah, untuk alat masaknya, bisa pakai alat yang sudah ada di rumah untuk sementara waktu. Sehingga lebih menghemat biaya.

4. Membuat Konsep Makanan

Makanan yang dibuat tidak perlu banyak, tapi diusahakan memiliki menu spesial yang ada di usaha angkringan. Menu makanan yang khas sebenarnya beragam dari mulai makanan dan minuman.

Sebaiknya buatlah menu yang berbeda dari lainnya, sehingga para pembeli tertarik untuk terus membeli. Seperti sate usus bakar, sate ampela hati, sate kepala ayam, dengan berbagai macam sambal pilihan yang ada. Baca juga artikel tentang 7 Usaha Bisnis Online Yang Menjanjikan.

Bisa juga dengan menu minuman yang khas, seperti wedang jahe dengan sirup, wedang uwu dengan berbagai rempah penghangat tubuh, dan bisa dengan berbagai macam minuman penyegar seperti es campur dan lain sebagainya. Selera dari pembuat angkringan ini, kembali lagi ke pemilik modal usaha.

5. Membuat Promosi

Meski hanya sebuah angkringan kecil, tidak ada salahnya jika harus melakukan promosi. Membuat promosi ini agar pembeli bisa mengetahui lebih luas mengenai lokasi, menu yang tersedia dan mendapatkan target pasar yang lebih banyak pada promosi yang dilakukan.

Promosi bisa dilakukan pada media sosial yang dimiliki dari mulai facebook, instagram, tiktok dan applikasi lainnya. Bisa juga mendaftarkan usaha angkringan ini kepada jasa delivery makanan online seperti gojek, grab. Itu semua dilakukan agar usaha yang dimiliki bisa ditemukan dengan mudah. Jangan lupa untuk membuat design spanduk yang menarik.

Itulah beberapa cara membuat sebuah usaha angkringan. Meski hanya bermodal seadanya terlebih dahulu, tidak masalah. Perlahan keuntungan yang didapat juga bisa untuk memperbesar usaha yang dimiliki. Jangan lupa tetap jaga kebersihan, agar pembeli bisa nyaman menikmati makanan dan minuman yang tersedia, sehingga pembeli bisa kembali lagi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Subscribe yuk!!!

jangan lewatkan artikel menarik lainnya

related post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *