cropped-habibftcn-1.png

Tutorial: Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Ads

8 March 2021
Tutorial Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Ads
verified

Tutorial: Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Ads – Jika Anda datang ke artikel ini maka Anda sedang ingin belajar facebook ads (FB Ads). Atau mungkin hanya sekedar mencari tahu apa sih facebook ads itu? Nah, Anda berada di artikel yang tepat, mungkin sudah banyak yang membahas tentang facebook ads ini bahkan banyak sekali seminar atau pelatihan yang berbayar. 

Kali ini saya akan bagikan secara gratis dan tentunya sesuai pengalaman dan pengetahuan saya. Karena jika membahas tentang belajar fb ads ini masih banyak perbedaan di antara para mastah sekalipun. Namun, sebenarnya intinya sama, menurut saya tinggal tergantung kreativitas masing-masing dalam mengembangkan iklan facebook ini sesuai model bisnis yang Anda jalankan.

Bagi Anda yang benar-benar pemula atau newbie dan sudah menggunakn instagram bisnis untuk bisnis anda seringkali muncul tombol “boost post” pada postingan yang memiliki jangkauan yang bagus. Kalau hanya setting iklan dari fitur tersebut hampir semua orang bisa. Lah terus itu bukan termasuk facebook atau Instagram ads? yah memang itu termasuk ke dalam facebook ads. Akan tetapi fiturnya terbatas dan itu termasuk fitur yang bersifat instan.

Sebelum terlalu jauh membahas tentang facebook ads dalam pembahasan ini mari kita sepakati bahwa instagram ads dan facebook ads itu kita sebut facebook ads. Karena keduanya saling terhubung dan bisa disetting melalui satu dashbord yaitu melalui facebook bisnis manager

Pengertian : Apa itu Facebook Ads?

Pengertian : Apa itu Facebook Ads?
Pengertian : Apa itu Facebook Ads?

Facebook ads adalah platform periklanan berbayar dari facebook yang mana berguna agar kita bisa menjangkau lebih banyak audience atau calon customer, meningkatkan interaksi audience seperti like, komentar, dan share, hingga menghasilkan konversi. 

Dalam beriklan di facebook yang perlu dipahami adalah mindset beriklan dan skill teknis dalam men-setting dan menganalisis iklan melalui akun facebook bisnis. Jadi perlu diluruskan bahwa dengan facebook ads bukan berarti bisnis Anda akan otomatis meningkat pesat. Memang benar facebook ads adalah salah satu cara untuk meningkatkan awareness hingga conversion. Namun hal tersebut tidak terlepas dengan kemampuan anda menganalisis, menentukan potitioning bisnis Anda, dan masih banyak lagi.

Sebelum memahami tentang mindset facebook ads pastikan Anda sudah benar-benar mengenal bisnis dan produk yang akan Anda tawarkan melalui facebook ads. Dalam hal ini adalah spesifikasi, benefit (manfaat), problem (masalah) dari produk & value produk Anda. 

  • Apa kelebihan produk yang Anda jual?
  • Siapa orang-orang yang tertarik dan akan beli produk anda?
  • Alasan orang mencari produk Anda?
  • Mengapa orang harus beli produk Anda?
  • Nilai lebih apa yang bisa didapatkan jika orang beli di bisnis Anda dibanding beli di kompetitor Anda?

Mindset dalam Beriklan di Facebook Ads

Mindset dalam Beriklan di Facebook Ads
Mindset dalam Beriklan di Facebook Ads

Mindset atau pola pikir dalam cara membuat facebook ads ini menjadi fundamental kita nantinya dalam beriklan. Jika mindset awalnya sudah salah maka selanjutnya juga akan kacau. Berikut ini beberapa mindset dalam beriklan di Facebook Ads:

  1. Pasti Rugi di Awal

    Banyak para advertiser yang percaya bahwa iklan awal itu pasti rugi. Hal tersebut biasanya digunakan untuk mengetes respon dan jumlah pasar yang ada. Selain itu, setelah kita menjalankan iklan kita akan tahu karakteristik orang-orang yang tertarik dengan iklan kita dari segi demografis dan psikografisnya. Dan hal tersebutlah yang akan menjadi modal awal Anda nantinya dalam beriklan selanjutnya.

  2. Terus Mencoba & Riset

    Selalu melaukan uji coba atau split test yang tujuan akhirnya adalah menemukan formula yang paling tepat untuk dijadikan acuan dalam beriklan. Uji coba bisa dilakukan dengan banyak variabel seperti, targeting, penempatan iklan, content ikan, design iklan, penawaran, produk yang ditawarkan, landing page, funneling, dan masih banyak lagi.

  3. Mendapatkan Data

    Seperti yang telah dijelaskan di poin nomor satu bahwa ketika kita beriklan di facebook mendapatkan data, selain tujuan utamanya mendapatkan sales/penjualan. Data inilah yang nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk membuat format iklan yang lebih efektif. Maka dari itu pentingnya memiliki kemampuan analitik disini. Dengan data kita bisa tahu seberapa efektif dan tepat format iklan yang kita buat.

  4. Fleksibel atau Tidak Kaku

    Fleksibel disini adalah salah satu mindset dimana sewaktu-waktu format yang sudah ada akan berubah drastis yang mana disebabkan oleh trend pasar. Ya contoh sederhananya adalah seperti saat pandemi corona. Hampir semua pebisnis tidak mengira bahwa ini akan terjadi. Yang kemudian membuat para pebisnis memutar otak bagaimana cara memasarkan produk-produknya di kala pandemi. Mengadakan seminar online, live instagram, zoom meeting, menjadi kebiasaan baru dan metode baru dalam berbisnis.

  5. Aset Digital

    Dengan beriklan di facebook banyak keuntungan yang kita dapatkan. Sebagai contoh adalah dengan beriklan di facebook secara tidak langsung akan menambah awareness bisnis Anda. banyak orang mulai mengikuti instagram Anda, menyimpan kontak Whatsapp Anda, dll. Yang mana hal tersebut menjadi Aset digital untuk bisnis Anda. Seiring bertambahnya followers atau like juga akan menambah kredibilitas dari bisnis Anda bukan?

  6. Bukan Promosi Satu-satunya

    Setelah Anda menembukan winning campaign (kampanye iklan yang berhasil) nantinya. Anda tidak berhenti disitu, Anda bisa mulai mencoba kanal promosi baru seperti google Ads, TikTok Ads, Youtube Ads, dll. Karena bisa jadi kolam yang Anda sasar lebih besar lagi dan tidak terbatas hanya di facebook dan instagram saja. Bahkan youtube Deddy Corbuzier saja diiklankan melalui billboard. Hal itu adalah strategi retargeting yang berguna sebagai reminder “apakah Anda sudah nonton podcast Deddy Corbuzier hari ini? ”

Sedangkan kemampuan dalam facebook Ads yang perlu Anda kuasai adalah sebagai berikut:

  • Planning (Perencaan)

Merancang rencana atau strategi-strategi untuk mencapai tujuan Anda dalam beriklan di facebook. Anda perlu menentukan poin-poin mana yang penting yang nantinya bisa dijadikan indikator keberhasilan iklan Anda.

  • Implementing (Eksekusi)

yaitu kegiatan dimana Anda mulai mengatur kampanye ikan, set iklan, dan iklan yang akan tampil. Tidak sampai disitu karena Anda akan perlu untuk bisa menyiapkan akun dari akun facebook manager, akun pengiklan (ads account), pixel, fanpage / halaman facebook yang sudah dikaitkan dengan instagram bisnis, commerce manager (katalog produk di facebook)

  • Evaluasi dan Analisis

Ini adalah kemampuan anda dalam membaca hasil iklan yang Anda jalankan. Mengevaluasi seberapa efektifkah iklan Anda poin-poin mana yang sudah bagus dan yang perlu diperbaiki. 

Alasan Kenapa Beriklan di Facebook Ads?

Alasan Kenapa Beriklan di Facebook Ads?
Alasan Kenapa Beriklan di Facebook Ads?

Nah, setelah sedikit persiapan di atas maka Anda perlu tahu sebenarnya kenapa sih menggunakan facebook ads? berikut ini hal-hal yang bisa menjadi dasar dan alasan kenapa beriklan di facebook sebelum kita menuju ke pembahasan utama yaitu cara membuat facebook ads.

  1. Efektif

    Faktanya ebih dari 2,5 milliar pengguna aktif harian di facebook. Facebook secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari, banyak orang yang hampir setiap hari selalu membuka facebook atau instagram. Dengan begitu banyak pengguna di seluruh dunia facebook memiliki pasar yang sangat luas. Hal ini tentu sangat efektif jika melihat Anda hanya perlu duduk untuk menjalankan iklan. Berbeda dengan orang yang memasarkan melalui sebar brosur. Selain usaha yang dikeluarkan besar juga waktu dan biaya yang tidak sedikit. Padahal Anda juga harus memikirkan hal lain di dalam bisnis Anda bukan?

  2. Sederhana dan Cepat

    Facebook dan Instagram berkembang sangat pesat seiring perkembangan teknologi dan komunikasi. Banyaknya pengguna memungkinkan Anda untuk menyampaikan pesan dari produk atau bisnis Anda dengan cepat. Bahkan dalam hitungan menit Anda bisa menjangkau ribuan orang untuk melihatnya. Anda juga bisa memilih tujuan atau objektif yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin jumlah jangkauan, like, koment, kunjungan website, dan hingga penjualan dari produk Anda semua bisa dilakukan dengan iklan facebook.

  3. Audience yang Tertarget

    Dengan fitur penargetan audience di iklan facebook memungkinkan Anda untuk menyasar pasar yang tepat untuk bisnis Anda. Jika Anda berjualan baju anak Anda bisa menyasar pengguna facebook yang sudah menikah dan sudah memiliki anak tentunya bukankah itu sangat tertarget. Anda juga bisa menyasar pasar yang tinggal di wilayah tertentu. Penargetan ini bahkan sangat detil dari segi demografi dan psikografi, seperti umur, jens kelamin, wilayah, minat, hingga bahkan perilaku pengguna di facebook.
    Dengan opsi penargetan yang tersedia untuk Anda sebagai pengiklan dan pengaruh Facebook terhadap perilaku konsumen, Facebook adalah saluran yang sempurna untuk menjangkau audiens ideal Anda.

  4. Mudah Dipahami dan Dipraktikkan

    Anda bisa membuat iklan yang efektif menggunakan facebook ads. Facebook dirancang untuk menarik audience yang tepat untuk bisnis Anda. Selain itu Facebook juga memiliki banyak format yang bisa dipilih. Anda bisa menggunakan media seperti gambar, carousel, dan video. Dari situ kita bisa menyesuaikan format yang tepat berdasarkan model bisnis Anda. Jika Anda belum tahu mana yang tepat, disitulah pentingnya riset dan terus uji coba. Selain itu juga Anda bisa menargetkan kembali audience yang pernah berinteraksi dengan bisnis Anda. Hal tersebut sangat efektif untuk mentarget kembali audience Anda yang belum jadi beli produk Anda

  5. Fitur yang Beragam

    Dari tahun ke tahun facebook terus menciptakan fitur-fitur yang bisa berguna untuk memudahkan Anda dalam beriklan. Seperti kita ketahui di Instagram sendiri dulu hanya bisa memposting foto. Namun sekarang bisa lebih dari itu, kita bisa melihat story instagram, IGTV, Instagram Live, dll. Hal tersebut juga menambah variasi untuk para pengiklan menyajikan iklan mereka. Belum lagi fitur-fitur dari akun bisnis seperti instagram shopping. Maka dari itu jika Anda masih pemula maka jangan khawatir karena facebook terus berkembang seiring perkembangan jaman. Namun, hal tersebut jugalah yang mengharuskan kita semua untuk terus selalu up to date dengan update fitur-fitur terbaru dari facebook ini.

Persiapan Sebelum Membuat Facebook Ads

Sampai di tahap ini kita akan membahas hal yang sangat mendetail dan teknis. Maka dari itu untuk mempertahankan fokus Anda dan pemahaman materi ini saya sarankan untuk menyimpan halaman ini atau dengan mencatat poin-poin penting dalam artikel ini. 

Jadi di tahap persiapan ini akan berisi hal-hal yang berfungsi dalam menunjang pembuatan facebook ads. Berikut ini beberapa persiapan sebelum membuat Facebook Ads.

  1. Memiliki Halaman atau Fanpage Facebook

    Fanpage Facebook
    Fanpage Facebook

    Halaman facebook adalah komponen penting untuk membuat iklan. Selain itu dengan halaman facebook juga bisa menambah kredibilitas dari bisnis Anda. Jika belum punya Anda bisa langsung membuatnya melalui link berikut ini : https://www.facebook.com/pages/creation/

  2. Memiliki Akun Bisnis Manager Facebook (BM) dan Facebook Ads Manager

    Sebelum memulai iklan di facebook Anda perlu mengetahui ada 2 jenis akun iklan yaitu akun iklan personal dan akun iklan di bisnis manager. Di akun personal ini fitur-fitur yang disediakan masih relatif sedikit dan kurang lengkap karena memang akun personal diperuntukkan untuk pemula. Namun, pada dasarnya sama untuk mengiklan.

    Akun Facebook Manager
    Akun Facebook Manager

    Sedangkan akun Bisnis Manager fiturnya lebih komplit dan integrasinya bisa lebih luas. Maka dari itu, saya menyarankan untuk langsung belajar di akun Bisnis Manager ini supaya tidak 2 kali belajar. Cara membuat akun bisnis manager facebook bisa via link ini https://business.facebook.com/ jika Anda sudah punya dan ingin membuat akun bisnis manager baru bisa melalui link berikut https://business.facebook.com/select lalu klik “create business” atau “buat bisnis”

  3. Akun Instagram Bisnis

    Jika Anda masih menggunakan Instagram personal untuk berjualan maka ada baiknya mulai sekarang Anda mengubahnya ke akun Instagram bisnis. Karena fitur-fiturnya lebih banyak dan bisa ditautkan ke halaman facebook dan katalog produk.

  4. Membuat Akun Iklan

    Dashboard Ads Manager atau Pengelola Iklan
    Dashboard Ads Manager atau Pengelola Iklan

    Jika Anda ingin membuat kampanye iklan tentunya Anda butuh yang namanya akun iklan. Anda bisa membuat akun iklan ini apabila sudah membuat akun bisnis manager di atas.

  5. Menyiapkan Pixel

    Pixel Facebook Dashboard
    Pixel Facebook Dashboard

    Berkenaan dengan pixel ini bisa dibilang gampang-gampang susah karena pixel ini adalah ibarat jaring yang kita pasang di website. yaps, syaratnya harus sudah ada website ya. Jaring ini nanti yang berfungsi menjaring atau menangkap segala peristiwa dari pengunjung di website kita. Dari mulai hanya view content hingga purchase atau beli.Ya memang perlu kemampuan teknis dalam memasang pixel ini. Lain kali akan saya bahas sendiri mengenai pixel facebook ini 🙂

  6. Menyiapkan Pembayaran Facebook Ads

    Pembayaran Facebook Ads
    Pembayaran Facebook Ads

    Yang namanya platform iklan berbayar tentunya ada pembayaran. Nah, salah satu perbedaan juga dari akun personal dan akun bisnis adalah dari metode pembayaran. Akun bisnis hanya bisa menerima pembayaran dari kartu kredit atau debit. Sedangkan akun personal bisa menggunakan transfer bank.
    Terus harus punya kartu kredit dulu? Tenang, sekarang banyak metode pembayaran yang bisa support dengan facebook ads, menggunakan debit seperti BCA, Jenius, dll.
    Sistem pembayaran facebook memberlakukan sistem pembatasan pembayaran akun. Jadi semakin sering akun itu digunakan untuk mengiklan maka otomatis limit dari tagihan pembayaran iklan facebook Anda juga akan semakin bertambah.
    Perlu diperhatikan di beberapa kasus terkadang pembayaran ini mengalami error entah tidak bisa ditagih atau alasan lain. Tentunya hal-hal tersebut akan sedikit mengganggu jalannya iklan.

  7. Membuat Katalog Produk di Commerce Manager Facebook (Optional)

    Katalog di Commerce Manager Facebook
    Katalog di Commerce Manager Facebook

    Membuat katalog facebook kalau saya sendiri adalah wajib. Katalog facebook ini akan berhubungan dengan facebook shop dan Instagram shop. Caranya cukup mudah, melaui akun bisnis lalu menuju akun dagang. Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai. Upload produk anda saya sarankan 5 produk dulu di awal.
    Bagi anda yang sudah menggunakan website Anda bisa langsung mentautkan produk Anda di website apabila website anda menggunakan wordpress & woocommerce (selain itu saya belum pernah mencoba). Dengan woocommerce sangat mudah mentautkan produk Anda, Anda bisa langsung menggunakan pixel atau product data feed Anda. Akan saya buatkan tutorialnya khusus nanti.
    Selain itu, kalau ada yang tidak mau ribet setting ini itu, saya bisa bantu, hehe. Kebetulan sudah 3 brand yang saya kelola berhasil di approve (syarat & ketentuan berlaku). 

Cara membuat Facebook Ads (Iklan Facebook) Lengkap

Setelah kita sudah mempersiapkan semuanya barulah kita sampai pada inti dari segala inti artikel ini. Yaitu bagaimana cara membuat facebook ads atau iklan facebook (tutorial facebook ads). Berikut ini langkah-langkah dan cara membuat facebook ads/iklan facebook.

Kampanye atau Campaign

  1. Buka Facebook Ads Manager

    Setelah tadi sudah membuat akun bisnis facebook maka Anda kemudian bisa menuju ke facebook ads manager (pengelola iklan).
    Di dalam dashboard facebook ads manager ini akan ada 4 tab, namun yang akan anda sering buka hanya 3 tab. Pertama ada tab Resource Center, Campaigns (Kampanye), Ad Sets (Set Iklan), dan Ads (Iklan).

  2. Mulai Membuat Iklan Facebook

    Anda bisa langsung menuju tab kampanye, lalu klik tombol “+ buat”.

  3. Membuat Objektif Iklan (Tujuan)

    Setelah anda membuat iklan akan muncul pop up objektif iklan. Hal ini berkaitan dengan tujuan anda beriklan dari mulai kesadaran, pertimbangan, dan konversi. Pilih dengan bijak sesuai kebutuhan anda. Kesadaran akan berhubungan dengan akun halaman facebook dengan instagram bisnis yang telah dibuat di atas. Untuk pertimbangan bisa berhubungan dengan kedua itu dan juga link tujuan. Untuk konversi akan berhubungan dengan pixel dan katalog.

    Kesadaran

    Brand Awareness (Kesadaran Merk) : Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek (brand aawareness) bisnis anda akan menjangkau orang-orang yang berpeluang akan tertarik dengan bisnis anda.
    Jangkauan (Reach) : Menjangkau orang sebanyak-banyaknya sesuai target pasar yang anda buat dan anggaran iklan yang anda tetapkan.

    Pertimbangan

    Lalu Lintas Kunjungan : Meningkatkan kunjungan ke link atau tautan yang anda buat.
    Interaksi : Meningkatkan interaksi postingan anda berupa like, komentar, share, simpan.
    Pemasangan Aplikasi : Meningkatkan tingkat penginstalan aplikasi anda misal anda seorang developper game atau aplikasi.
    Penayangan video : Memungkinkan anda mendapat banyak penonton pada video yang anda posting.
    Pembuatan Prospek : Bertujuan mengumpulkan data diri orang yang berpotensi tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Biasanya berupa nama, email, atau nomor handphone
    Pesan : Meningkatkan orang-orang yang berinteraksi dengan bisnis anda melalui direct message, messanger, atau whatsapp.

    Konversi

    Konversi : Bertujuan meningkatkan nilai konversi bisa berupa tambah ke keranjang, tambah metode pembayaran, hingga pembelian di website anda.
    Penjualan katalog : Mendorong penjualan melalui iklan katalog produk
    Kunjungan toko : Mendorong orang-orang untuk mengunjungi toko fisik/offline anda.

  4. Beri Nama Iklan Anda

    Setelah selesai menentukan tujuan iklan anda selanjutnya berilah nama dari mulai nama kampanye, ad set, dan iklan anda. Berilah nama yang sesuai dengan objektif atau yang lainnya.

  5. Pilih Opsi di bagian Kampanye

    Di bagian kampanye ini ada 2 opsi yaitu Uji A/B yang berfungsi untuk melakukan pengujian terhadap targeting anda atau konten anda dan masih banyak lagi. Kemudian yang kedua ada pengoptimalan anggaran kampanye, fitur ini berfungsi untuk menentukan iklan mana yang memiliki performa yang paling bagus akan dioptimalkan dengan anggaran iklan anda.

    Jenis-jenis iklan facebook berdasarkan biaya iklan yang akan di keluarkan

    – CPC (Cost per Click) :  adalah jenis iklan yang mana hitungan pembayaran iklan anda didasarkan oleh tiap klik yang terjadi pada iklan anda.
    J
    enis iklan ini sangat cocok untuk anda yang bertujuan untuk mendorong audience untuk mengunjungi atau mengklik tautan tertentu. Agar jenis iklan ini efektif buatlah konten dan penawaran yang menarik sehingga membuat orang tertarik untuk mengklik iklan anda dan menuju halaman yang anda inginkan.
    – CPM (Cost per Mille) : merupakan jenis iklan yang menghitung pembayaran iklan setiap 1000 tayangan. Iklan ini sangat cocok untuk meningkatkan kesadaran merk bisnis anda bahwa bisnis anda itu ada dan menyediakan produk atau layanan tertentu
    – CPA (Cost per Action) : yaitu iklan yang dihitung berdasarkan tindakan pengunjung di website anda. Tindakan ini dari mulai view content, pencarian di website, menambahkan ke keranjang hingga pembelian. Nah, jenis iklan ini berhubungan erat dengan pixel, maka dari itu di tahap persiapan mengapa anda harus memasang pixel di website anda. Fungsinya untuk merekam semua aktivitas pengunjung website anda.
    – Cost per View (CPV) : yaitu jenis iklan yang biayanya dihitung setiap ada orang yang menonton video anda. Dalam hal ini bentuk iklan anda tentunya berupa video. Video dengan durasi yang tidak terlalu panjang namun pesannya mengena akan lebih efektif karena perhitungan biayanya adalah setiap satu video dilihat selama 10 detik. Jenis iklan ini cocok untuk produk atau layanan yang perlu penjelasan singkat namun jelas. Seperti jasa website, produk dengan teknologi terbaru, dll
    CPL (Cost per Like) : sistem perhitungan biaya iklan berdasarkan tiap like halaman facebook. Cocok untuk anda yang bertujuan meningkatkan brand awareness dan brand trust anda.

Ad Set atau Set Iklan

Di menu ad set ini tampilan akan ada sedikit perbedaan tergantung objective iklan yang kita pilih saat di menu kampanye. Jadi jangan panik dulu apabila menu yang ini tidak ada di menu itu. Namun secara garis besar ad set berisi terkait hal-hal yang berhubungan dengan target dari pasar yang mau kita sasar melalui ads yang akan kita jalankan. Di menu ad set ini anda juga bisa mengatur anggaran iklan anda selain dari menu di kampanye di atas (melalui pengoptimalan anggaran).

  1. Menentukan Target Audience

    Anda bisa menentukan target audience yang ingin disasar. Apakah anda menginginkan audience anda spesifik yang relevan dengan produk anda atau anda ingin mencari audience dengan cakupan yang seluas-luasnya semua bisa diatur melalui menu ini.
    Pemirsa khusus : Anda bisa membuat daftar pengelompokkan audience berdasarkan aktivitas mereka berinteraksi dengan bisnis anda. Entah itu melalui website atau sosial media Anda (Instagram dan Facebook). Anda juga bisa memasukkan pelanggan anda untuk dijadikan acuan atau kriteria yang kemudian anda bisa mencari audience yang menurut facebook itu hampir sama dengan pelanggan anda. Hal tersebut disebut dengan lookalike audience.
    Lokasi : Di menu ini anda bisa membuat target audience anda berdasarkan letak geografis atau lokasi mereka berada saat ini dan yang pernah ke lokasi tertentu. Anda bisa memilih target audience anda spesifik di kota, provinsi, atau negara tertentu. Dan anda juga bisa mengecualikan lokasi atau wilayah tertentu.
    Umur : Pilihlah rentang usia dari audience anda, untuk permulaan anda bisa menyasar orang-orang yang kiranya sesuai dengan produk yang akan anda jual. Misalnya, produk anda adalah pakaian bayi maka sasar orang-orang dengan rentang umur yang sudah menikah. Bila perlu anda riset terlebih dahulu menurut data atau survei di Indonesia atau wilayah tertentu rentang umur target audience anda.
    Jenis Kelamin : Tentukan jenis kelamin target market anda, apakah mereka kebanyakan wanita atau laki-laki, atau bahkan bisa keduanya.
    Bahasa : Perkirakan bahasa yang audience anda gunakan lalu tentukan dengan bijak. Kalau target market kita di Indonesia ya tentunya mereka yang berbahasa Indonesia dan mungkin sedikit bahasa inggris. Hal ini mungkin juga berhubungan dengan bahasa yang mereka gunakan dalam pengaturan aplikasi facebook atau instagram mereka.
    Penargetan Terperinci : Apabila anda ingin menargetkan pasar yang spesifik maka menu ini sangatlah penting. Anda bisa menyasar orang-orang yang memiliki perilaku, minat, dan ketertarikan tertentu. Apakah audience anda sering berbelanja online? menyukai fashion? atau publik figur tertentu? atau bahkan ada keterkaitan dengan brand competitor anda? Semakin spesifik target anda maka besar kemungkinan brand anda akan dilirik oleh audience. Namun anda juga harus memperhatikan besarnya cakupan audience yang anda pilih. Terlalu spesifik akan mengurangi jumlah cakupan pasar dan menyebabkan kolam audience anda sangat kecil jadi tentukan secara bijak dan tepat.
    Koneksi : Anda bisa memilih berdasarkan koneksi atau hubungan mereka dengan bisnis anda melalui fanpage, instagaram, atau aplikasi anda. Anda juga bisa memilih teman dari irang-orang yang sudah menyukai halaman anda yang mungkin ada ketertarikan kepada bisnis anda.
    Dari semua menu di atas Anda akan lebih bisa menguasainya jika anda sering mencoba dan praktik langsung. Terkadang anda akan menemukan hal yang tak terduga yang menurut anda target tertentun itu tidak akan tertarik malah justru sebaliknya mereka tertarik dan akhirnya membeli produk anda.

  2. Menentukan Penempatan Iklan

    Anda bisa memili apakah iklan anda hanya ditampilkan di fitur tertentu atau anda juga bisa memilih penempatan otomatis yang mana facebook akan menentukan penempatan yang pas menurut mereka bisa menjangkau audience yang tepat untuk anda. Anda bisa membuat iklan yang hanya ditampikan di story instagram dan facebook atau di beranda feeds, dan masih banyak lagi.

  3. Optimasi dan Pengiriman

    Anda bisa mengatur iklan anda apakah anda ingin iklan anda ditayangkan terus menerus ke target audience anda, atau berdasarkan objektif iklan yang anda pilih misal konversi, klik, atau interaksi dari audience anda. Anda juga bisa melakukan kontrol biaya iklan berapa batas maksimal setiap ada konversi atau hasil dari iklan anda.

Di dialam menu ad set ini ada indikator yang bisa anda pakai untuk mengukur perkiraan hasil dari iklan anda dan seberapa banyak dan besar pasar yang anda tentukan tersebut. Anda bisa menyesuaikan dengan cara mengubah targeting anda atau dengan menyesuaikan anggaran iklan anda.

Ads atau Iklan Baru

Di menu ini akan berhubungan dengan konten atau materi iklan. Mulai dari format iklan apakah gambar tunggal, carousel, atau video. Di menu ini juga akan berhubungan dengan copywriting atau deskripsi iklan. Anda juga bisa mencantumkan tautan yang dituju.

  1. Identitas

    Menu ini adalah menu dimana anda akan memilih halaman facebook dan akun instagram yang akan menampilkan iklan. Hal ini akan sangat mudah jika anda hanya memiliki sedikit akun namun akan berbeda jika anda memiliki dan mengelola banyak akun dalam 1 akun admin karena akan sedikit perlu kehati-hatian dan ketelitian.

  2. Penyiapan Iklan

    Dalam menu ini akan disajikan 3 pilihan yaitu membuat materi iklan baru, menggunakan postingan yang sudah anda posting di halaman atau instagram, atau membuat mockup materi hub iklan terlebih dahulu melalui fitur facebook. Kemudia anda akan memilih format iklan yang akan tayang nantinya. untuk di awal menjalankan iklan anda bisa melakukan uji A/B dari materi iklan anda beberapa kali hingga mendapatkan data bahwa format iklan mana yag lebih efektif untuk bisnis anda. Kemudian baru anda bisa mulai melakukan pengujian terhadap isi atau konteks dari iklan anda. Di menu ini anda juga bisa memutuskan format iklan anda secara otomatis.
    Gambar atau Video tunggal : Adalah format iklan yang berisi 1 gambar/foto atau 1 video.
    Carousel : Merupakan format multi gambar atau video yang berjejer ke kanan.
    Koleksi : merupakan format iklan yang menampilkan template dari canvas facebook dengan elemen-elemen yang lebih lengkap. Baca juga artikel ini contoh iklan facebook yang efektif.

  3. Materi Iklan

    Di menu ini berisi tentang konten iklan dengan format yang sudah anda siapkan (gambar/video), deskripsi iklan anda, teks utama, judul, dan tautan/link anda. Anda juga bisa menentukan tombol ajakan yang muncul seperti beli sekarang, selengkapnya, gunakan promo, Hubungi kami, dll.

  4. Pelacakan

    adalah menu dimana anda memilih pixel yang anda miliki untuk menangkap semua peristiwa yang terjadi di website anda.

Kesimpulan

Setelah melalui banyak tahapan dalam artikel ini sampailah kita di kesimpulan yang mana akan sedikit merangkum dan menyimpulkan tentang cara membuat facebook ads ini. Facebook ads bisa anda gunakan sebagai salah satu media iklan untuk mengembangkan bisnis anda. Dengan facebook ads/Iklan facebook anda bisa memperluas jangkauan pasar anda dan juga bisa menyasar pasar yang sangat spesifik. Didukung dengan data bahwa pengguna facebook dan instagram saat ini sangatlah banyak. Untuk keberhasilan dari facebook ads juga bergantung dari anda bagaimana anda bisa mendefinisikan pasar anda dengan tepat, konten yang akan mereka sukai, hingga pain dan gain apa yang mereka miliki. Karena kembali lagi setiap model bisnis akan berbeda satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, tetaplah dan teruslah melakukan riset dan uji coba untuk mendapatkan hasil yang optimal. Semoga dengan artikel ini sedikit membantu anda dalam mengembangkan bisnis anda. Semoga bermanfaat 🙂

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.