cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Cara Kerja Affiliate Marketing, Menghasilkan Uang dari Internet

25 March 2021
Cara Kerja Affiliate Marketing
Habib Hidayat
verified

Cara Kerja Affiliate Marketing? Cara Menghasilkan Uang dari Internet – Ada banyak banget cara untuk dapetin uang dari internet. Salah satunya nih lewat bisnis afiliasi atau affiliate marketing lewat cara ini anda bisa banget dapetin passive income setiap bulan nya. Penasaran mau tahu dong Apa itu affiliate marketing dan tips-tipsnya, simak terus artikel ini. Baca juga artikel tentang Peluang Bisnis di Internet sebagai Affiliate Marketing.

Bisnis afiliasi cara kerjanya mirip dengan makelar, melalui bisnis ini anda bisa dapetin komisi untuk setiap aksi spesifik yang dilakukan oleh orang. Aksi spesifik yang dimaksud biasanya memang diminta oleh pemilik bisnis online. Yang paling umum itu Komisi per penjualan, tapi selain itu ada juga komisi per lead, per klik, atau bahkan per session. Nah, dari sini kelihatan kan bedanya affiliate marketing sama model makelar biasa. 

Kelebihan Affiliate Marketing

Affiliate Marketing
Affiliate Marketing

Affiliate marketing khusus dilakukan untuk produk bisnis online. Itu kenapa sistem komisinya juga tidak melulu soal penjualan tapi juga bisa yang lain. Dibanding cara-cara lain untuk dapat uang dari internet marketing itu punya banyak kelebihan. 

  • Pertama modalnya murah anda cuma butuh koneksi internet dan blog untuk promosi. Tidak harus beli barang apalagi ikut-ikutan menjual produknya sendiri. 
  • Kedua gampang, anda tidak perlu punya keahlian khusus yang penting anda tahu cara promosi tahu kelebihan produk dan menawarkan produk itu ke orang yang tepat. 
  • Ketiga anda bisa terus dapat uang alias punya pendapatan pasif anda cukup buat konten promosi sekali aja bebas untuknya apa mulai itu lewat artikel blog, video YouTube, posting di sosmed pokoknya terserah. Yang penting selama orang melihat konten dan klaim dari anda anda bakal dapat komisi.
  • Keempat, asyiknya lagi jam kerja anda fleksibel dan kamu bisa ikut beberapa program afiliasi sekaligus. Jadi kalau bisa dapetin lebih banyak uang dong. 

Cara Kerja Affiliate Marketing

Nah kalau pasti penasaran memang bagaimana sih cara kerja affiliate marketing itu? kok kayaknya gampang banget. Begini nih cara kerja affiliate marketing yang perlu anda tahu sebelum anda memulainya. 

Mendaftar Program Afiliasi Network

Pertama anda perlu daftar program afiliasi dulu anda bisa daftar di affiliate network yang ngumpulin banyak program afiliasi dari berbagai merek. Atau anda juga bisa langsung daftar ke bisnis online yang memang buka program afiliasi. Biasanya nih marketplace besar kayak shopee atau Lazada gitu punya program afiliasi tapi komisinya cuman satu sampai lima persen aja. Kalau anda memang ngincer komisi yang besar tahu bisa gabung di program afiliasinya lainnya seperti program afiliasi hosting di Niagahoster, Hostinger, Domainesia, dll. Anda bisa mendapatkan komisi hingga sebesar 70% menarik kan? 

Memilih Produk Afiliasi

Oke yang kedua, anda pilih produk yang pengen anda promosikan. Ini penting terutama kalau anda pakai Saya lihat Network jangan asal pilih produk untuk dipromosikan Apalagi anda tidak punya audience atau followers yang relevan. Itu namanya cuman bawah tenaga terus pahami syarat dan ketentuan program afiliasinya. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika promosi ini jangan anda anggap remeh ya. jangan sampai anda gagal dapat komisi karena melanggar aturan main dan masalah teknis. 

baca juga :  Ide Bisnis Hampir tanpa Modal untuk Usaha Sampingan

Membuat Konten Promosi

Ketiga buat konten promosi bentuknya bisa macem macem, bisa artikel review, tutorial, tips dan trik, video atau semacamnya. Anda juga bisa cuma pasang banner di blog atau sebar link afiliasi anda di media sosial. Pokoknya ini penting pastikan saja linknya itu bener-bener Link afiliasi mu bukan link biasa. Karena bakalan dipakai buat melacak seberapa banyak orang yang melakukan pembelian, nominal pembelian, dan berapa banyak komisi yang anda dapat. Selanjutnya, anda tinggal menunggu dan lihat performa bisnis afiliasi anda.

Tips Menjadi Affilate Marketer

Kalau semuanya lancar anda tinggal kumpulin komisi sampai batas minimal penarikan. Tapi nih ya biar afiliasi anda hasilnya lebih maksimal Saya kasih deh tips Saya lihat marketing yang wajib banget anda terapkan.

Buat konten yang berkualitas

isa dibilang konten adalah modal utama anda untuk menjalankan bisnis afiliasi. Kalau konten biasa-biasa aja atau malah jelek otomatis tidak ada orang yang tertarik berkunjung ke blog anda, apalagi sampai melakukan pembelian atau aksi yang diminta. Makanya Buatlah konten yang berkualitas menjawab kebutuhan pembaca dan juga bermanfaat.

Buat konten yang tahan lama

Membuat konten yang tahan lama atau tidak kadaluarsa. Alasannya tentu saja biar anda tidak perlu terlalu susah payah publish konten setiap harinya. Dengan cara ini konten bisa dinikmati berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun setelah dibuat. Konten macam ini pula yang akan membantumu mendapatkan passive income.

Terapkan search engine optimization atau SEO

Agar blog Masuk halaman pertama Google lebih gampang ditemukan dan dapat lebih banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjungnya semakin besar dong kemungkinannya untuk dapat komisi lebih.

Social media marketing

Promosikan konten anda di platform sosial media yang audiens anda pakai. Jika anda seorang influencer maka akan lebih mudah untuk mendorong audience anda untuk membeli produk dari link affiliasi anda. Tinggal menyelaraskan antara konten yang anda buat di social media dengan produk affiliasi anda.

Mempromosikan dengan Ads

Iklan adalah alternatif lain yang bisa anda pakai untuk promosi blog. Tapi sebelum anda pakai cara satu ini pastikan dulu anda Konsultasi sama program afiliasi yang anda ikuti. Bisa jadi mereka membatasi ads dengan kata kunci tertentu atau melarang anda untuk melakukan promosi menggunakan iklan.

Penutup

Nah kita sudah membahas semua soal bisnis afiliasi marketing. Mulai dari Apa itu affiliate marketing, kelebihan affiliate marketing, cara kerja affiliate marketing, sampai tips affiliate marketing. Bagaimana anda tertarik untuk menjadi seorang affiliate marketer? Saya sendiri terdaftar di beberapa platform afiliasi network.

Untuk anda yang baru mau memulai, pastikan untuk mempelajari lebih lanjut terkait bisnis ini. Jika anda sudah tahu seluk beluknya maka anda mulai persiapkan apa saja yang perlu anda butuhkan. Seperti membuat blog, channel youtube, social media, dll. Banyak orang-orang yang sukses dengan menggeluti bisnis affiliate marketing ini.

Mereka yang sudah ahli bahkan mereka melakukan bisnis afiliasi untuk pasar luar negeri. Selain komisinya yang lebih menggiurkan, jaringannya pun sangat luas. Namun, anda perlu menguasai banyak hal seperti bahasa, trend yang ada di luar sana, dll. Untuk di awal sebaiknya anda tetap memiliki pekerjaan utama dulu seperti dari ngeblog, youtube dan lain-lain. Karena dari bisnis ini untuk awalan tentunya agak susah untuk konsisten mendapatkan penghasilan. Semoga bermanfaat dan bagi anda yang serius ingin memulai bisnis affiliate marketing ini dimudahkan dan berhasil.

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Subscribe yuk!!!

jangan lewatkan artikel menarik lainnya

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.