cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Tutorial: Cara Daftar Google Adsense Mudah untuk Pemula

26 April 2021
Tutorial Cara Daftar Google Adsense Mudah untuk Pemula
Habib Hidayat
verified

Tutorial: Cara Daftar Google Adsense Mudah untuk Pemula – Dunia internet yang berkembang dengan pesat menciptakan banyak peluang untuk mendapatkan uang dari internet. Salah satu peluang bisnis  yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah mendaftar di Google Adsense.

Jika Anda pernah mendengar kabar tentang seorang Youtuber atau Blogger yang sukses mendulang rupiah hingga mencapai puluhan juta rupiah dari Google Adsense, hal tersebut memang terbukti kebenarannya. Tidak hanya orang lain, Anda pun bisa mendapatkan penghasilan yang melimpah dengan menggunakan Google Adsense.

Mengenal Google Adsense

Google adsense
Google adsense

Ini merupakan sebuah program periklanan dengan basis CPC (Cost per Click) yang ditawarkan oleh Google yang memperbolehkan pengguna (user) untuk menjadi partnernya. Dengan syarat, user tersebut harus memiliki blog atau website.

Dengan adanya hal ini, pemilik website atau blog bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang tersebut. Sejak awal kemunculannya, para pemilik website dan blogger banyak yang berlomba-lomba mencari tahu bagaimana cara daftar Google Adsense agar bisa jadi publisher Adsense di Indonesia.

Sebab, setiap klik dari akn membuat si pemilik website mendapatkan bayaran dari Google. Adsense ini akan menampilkan sebuah iklan berupa gambar, teks, atau video kepada pengunjung sesuai dengan minat.

Contohnya, Anda ingin ikut kursus online dan mengetikkan keyword tersebut di browser Anda.Maka, tidak lama kemudian akan mulai bermunculan berbagai kursus online sesuai dengan yang Anda cari. Iklan tersebut akan berubah secara otomatis mengikuti cache yang tersimpan pada browser Anda.

Adapun ciri dari sebuah website atau blog yang sudah melalui tahap cara daftar Google Adsense dan mengikuti program ini. Bisa Anda lihat berdasarkan munculnya iklan di bagian sidebar atau di tengah artikel, tergantung dari pengaturan pemiliknya.

Secara umum, kinerja Google Adsense

ini adalah memanfaatkan cache browser milik pengguna. Dengan demikian Google akan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dari pengguna tersebut. Kedepannya, akan muncul iklan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Cara menggunakan layanan ini sebenarnya cukup mudah. Ditambah lagi dengan adanya penawaran komisi yang lebih besar jika dibandingkan dengan layanan serupa. Itu pula yang menjadikan alasan bagi pemilik website atau blog beramai-ramai memasang Adsense pada kedua media tersebut. Baca juga tentang cara mendapatkan uang dari blog.

Cara Daftar Google Adsense

Terdapat 4 tahap yang dilakukan sebagai cara daftar Google Adsense yang mudah untuk diterapkan. Adapun tahapan pendaftaran tersebut adalah sebagai berikut:

Buat Akun

Daftar Google Adsense
Daftar Google Adsense

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi website Google Adsense untuk membuat akun. Setelah klik tanda “Daftar Sekarang” di halaman yang bertuliskan “Sign Up Adsense”, masukkanlah data-data sesuai dengan yang diminta oleh pihak Google.

Diantaranya adalah URL Website dan alamat email Anda. Jika pengisian telah selesai, tahap berikutnya adalah klik menu “Save and Continue” yang ada pada bagian bawah layar. Sampai pada tahap ini, pihak Google akan memastikan terlebih dahulu apakah data dan URL yang Anda berikan sudah benar.

Hal ini ditandai dengan verifikasi dari Google yang hanya perlu Anda klik di bagian bawah layar yang menunya bertuliskan “Create Account”. Dengan demikian, tahap pertama cara daftar Google Adsense telah selesai dilakukan. Namun untuk bisa menggunakannya, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. 

baca juga :  Peran Alat Parafrase dalam Membantu Pemasaran Startup

Aktifkan Akun

Setelah proses registrasi (tahap pertama) selesai dilakukan, maka tahap berikutnya adalah mengisi beberapa informasi tambahan. Salah satunya adalah mengenai alamat pembayaran yang digunakan sebagai tempat pencairan pembayaran Adsense.

Pada tahap ini Anda harus mengisinya dengan benar, bila perlu cek ulang sebelum melakukan klik “Submit

”. Jika tidak, ada kemungkinan pembayaran dari Google Adsense tidak akan bisa Anda terima .

Pada cara daftar Google Adsense yang kedua ini, Anda juga harus menyalin beberapa kode ke website yang berfungsi sebagai identitas Adsense dalam website. Apabila terjadi kesalahan, maka iklan yang tampil tidak valid atau Anda bahkan tidak akan menerima iklan Adsense apapun.

Terakhir, Anda harus memberi tanda centang sesuai dengan perintah yang terlihat di website dan klik menu “Done”. Gunanya adalah untuk memastikan bahwa kode telah ditambahkan ke website sekaligus melakukan audit apakah website yang Anda miliki layak atau belum untuk mengaktifkan Adsense.

Setelah semua proses selesai, biasanya Anda harus menunggu sekitar 3 hari. Namun, bisa juga butuh waktu yang lebih lama dari itu. Nantinya, akan ada email bahwa akun Adsense telah berhasil diaktifkan. Jika ditolak, maka pihak Adsense juga akan memberikan informasi alasan terkait penolakan tersebut.

Buat Iklan

Untuk tahap cara daftar Google Adsense berikutnya adalah membuat iklan dan memasukkan iklan tersebut ke dalam website. Untuk tahapan yang satu ini, Anda bisa mengatur iklan tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Terdapat 3 hal yang bisa dilakukan dalam mengatur iklan dari Adsense, yaitu:

Buat Unit Iklan

Untuk tahap ini, Anda diberikan pilihan untuk membuat iklan baru atau menggunakan iklan yang sudah pernah Anda buat sebelumnya.

Pilih Tipe dan Ukuran Iklan

Tipe Iklan:

  • Teks dan gambar
  • Berimbang (matched content)
  • In-feed
  • Di dalam artikel (in-article ads).

Ukuran Iklan:

  • Large Rectangle
  • Leaderboard
  • Large Skyscraper
  • Large Mobile Banner
  • Responsive

Untuk tipe dan ukuran pada cara daftar Google Adsense ini, Anda bisa mengkombinasikannya sesuai kebutuhan. Contoh, Anda ingin membuat iklan berukuran Leaderboard dengan tipe iklan Berimbang. Maka, Anda hanya perlu melakukan klik pada menu yang telah disediakan.

Pilih Gaya Teks

Tahap berikutnya yang merupakan salah satu fitur unggulan dari Google Adsense adalah bisa menyesuaikan tampilan dengan gaya iklan pilihan. Pada fitur yang satu ini Anda bisa mengubah judul, warna border, URL, teks, dan background.

Di tahap berikutnya, Anda akan mendapatkan kode tertentu setelah menekan menu “Save and Get Code”. Tugas yang harus dilakukan adalah menyalin kode tersebut dan menambahkannya di dalam website di lokasi yang telah Anda tentukan dan klik menu “Close”.

Tambahkan Iklan di Website

Untuk melakukan tahap akhir cara daftar Google Adsense ini adalah menambahkan iklan Adsense dalam website atau blog yang Anda miliki. Terdapat dua cara pilihan, yaitu cara manual menggunakan code editor atau plugin.

Khusus untuk yang menggunakan plugin, terdapat tiga plugin yang bisa membantu Anda untuk menambahkan iklan Adsense di website, yaitu:

  • Easy Google AdSense
  • Ad Injection
  • Ad Inserter

Keuntungan Daftar Google Adsense

  • Bisa mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulannya apabila telah memenuhi syarat yaitu mendapat penghasilan sebesar $100  untuk minimum pembayaran.
  • Iklan yang dimunculkan akan sesuai dengan konten website.
  • Penyesuaian tampilan iklan.
  • Terdapat banyak referensi dan tips serta trik seputar Adsense.
  • Menyediakan statistik secara lengkap. 
baca juga :  8 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Dengan mengikuti tahap demi tahap cara daftar Google Adsense tersebut di atas, Anda akan bisa memiliki akun Adsense yang aktif untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan. Jadi, tidak perlu ragu atau bimbang untuk membuat akun Adsense. Selamat mencoba. 

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Subscribe yuk!!!

jangan lewatkan artikel menarik lainnya

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.