cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Tutorial Lengkap: Cara Beriklan di Tiktok (Tiktok Ads)

18 March 2021
Tutorial Lengkap Cara Beriklan di Tiktok Tiktok Ads
Habib Hidayat
verified

Tutorial Lengkap: Cara Beriklan di Tiktok (Tiktok Ads) – Apakah anda sedang mencari artikel yang menjelaskan bagaimana cara beriklan di tiktok (tiktok ads)? Hmm, kompetitor anda sudah mulai pakai tiktok ads ya? Atau anda ingin jadi yang pertama di bidang bisnis anda? Jangan sampai anda ketinggalan moment hype dari tiktok ini. 

Yah begitulah, tiktok memang bisa dibilang sedang naik daun, banyak konten dari tiktok yang mendadak viral dan menjadi trending topik di media sosial atau bahkan di youtube. 

Sekarang tiktok tidak hanya menyajikan konten video orang berjoget memamerkan tubuhnya, tapi juga sekarang di tiktok juga sudah banyak konten edukasi dan tutorial keren. baca juga 6 Toko Online Terbaik 2021 Di Indonesia.

Selain itu, konten komedi lucu-lucuan dan hiburannya sekarang sudah bervariasi karena mulai banyak influencer dan artis yang membuat akun tiktok mereka. Tahu gak sih kira-kira kenapa para artis sampai berbondong-bondong juga membuat akun tiktok. Hmmm, jawabanya tentunya adalah adanya audience, dimana ada banyak orang disana maka bisa berpotensi dijadikan pasar untuk sekedar promosi hingga berjualan.

Tiktok menjadi platform hiburan yang cocok apalagi di kala pandemi seperti ini, banyak orang menghabiskan waktunya di rumah dan tak sedikit yang merasa jenuh dan bosan di rumah. Tiktok menjadi media yang tepat untuk sekedar melepas ketegangan selain di media sosial yang lain atau youtube.

Karena itu tadi, pasar yang cukup besar dan memiliki potensi, para pelaku bisnis mulai melirik tiktok sebagai salah satu media untuk promosi mereka. Yah, kemungkinan anda salah satunya. 

Di artikel ini akan dibahas secara tuntas dan lengkap bagaimana cara beriklan di tiktok. Tidak sampai disitu tips dan trik juga akan dijabarkan disini. Selain itu, pengetahuan dasar terkait tiktok juga akan dibahas. Maka dari itu, dengan materi yang cukup banyak maka anda bisa mempersiapkan semuanya sebelum membaca semua isi artikel ini. Duduk dengan posisi yang nyaman dan bila perlu catat poin-poin penting yang bisa anda ambil.

Nah, sebelum menuju ke inti pembahasan alangkah baiknya apabila kita tahu dulu seberapa penting sih beriklan di tiktok atau sekedar alasan yang membuat anda harus beriklan di tiktok ini?

Alasan Beriklan di Tiktok

Data Pertumbuhan Tiktok - SensorTower
Data Pertumbuhan Tiktok – SensorTower

Mungkin sebagian dari anda tidak menyangka bakal menggunakan tiktok sebagai media promosi anda. Pasalnya seperti yang kita tahu bahwa tiktok sendiri sempat diblokir oleh pemerintah karena dinilai banyak konten-konten yang bersifat negatif.

Namun, kini tiktok sudah dibuka lagi setelah melalui kesepakatan dengan kemenkominfo. Tak sedikit yang meragukan bahwa tiktok akan mampu bangkit dari reputasinya yang dulu. Yah, seperti yang terjadi saat ini tiktok justru hadir kembali dan menjadi platform yang bahkan bisa menyaingi dan mengungguli sosial media lain di Indonesia bahkan dunia.

Jumlah user aktif tiktok saat ini sudah melebihi 25 juta pengguna. Jumlah ini tentunya juga tercatat bahwa indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi tiktok di playstore maupun app store.

Dengan angka peningkatan yang sangat pesat ini brand-brand lokal yang terkenal seperti tokopedia, gojek, bukalapak, dll tertarik menggunakan tiktok sebagai media promosi mereka.

Layaknya beriklan di facebook dan google, beriklan di tiktok melalui video bisa menjangkau banyak audience untuk sekedar mengenal brand atau produk anda.

Lalu bisnis seperti apa yang cocok beriklan di Tiktiok?

Semakin kesini banyak brand atau bisnis di Indonesia yang mulai menggunakan Tiktok Ads. Mulai banyak iklan-iklan yang muncul dari dari mulai marketplace lokal, aplikasi, dan bisnis lainnya. Namun harus perlu diingat tidak semua model bisnis bisa berhasil dan sukses menggunakan Tiktok Ads ini. Lalu bisnis seperti apa yang cocok untuk menggunakan Tiktok Ads ini sebagai media promosi atau iklan?

Bisnis yang Mencari Audience yang Banyak dan Berinteraksi

Di playstore sendiri aplikasi tiktok sudah didownload sebanyak lebih dari 100 Juta kali. Penonton sebanyak itu juga tidak hanya menginstalnya saja. Pengguna termuda di Tiktok yaitu anak-anak dengan rentang usia berusia 4 hingga 15 tahun, menghabiskan sekitar 80 menit per hari di TikTok, hampir menyamai waktu interaksi YouTube untuk demografi yang sama. Dan, rata-rata, pengguna TikTok membuka aplikasi delapan kali sehari.

Bisnis yang Ingin Menargetkan Generasi Y dan Z

Meskipun komunitas Tiktok ini sudah besar namun tiktok belum mencakup semua golongan usia. Mungkin belum tapi cepat atau lambat akan segera meningkat seiring perkembangan tiktok yang sangat pesat. Para Milenial juga sudah mulai tertarik untuk menggunakan tiktok sebagai salah satu media mereka untuk berekspresi.

Dari data mengatakan bahwa pertumbuhan pengguna tiktok yang paling pesat yaitu di rentang usia 25-54 tahun. Dan selain itu, fakta mengatakan bahwa para pengguna tiktok ini kebanyakan memiliki ekonomi yang di atas rata-rata.

baca juga :  Strategi Sukses Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran

Bisnis yang Menyasar Pasar Internasional

Para pengguna Tiktok berasal dari seluruh penjuru dunia, maka dari itu jika bisnis anda menyasar pasar internasional itu adalah hal yang cocok. Namun, untuk pasar Indonesia sendiri saat ini juga sudah mulai meningkat. Maka dari itu, anda bisa melakukan langkah ancang-ancang dan mencuri start dari kompetitor anda. Apalagi jika bisnis anda bergerak di sektor makanan, fashion, dan home living.

Tidak ada salahnya mulai sekarang anda mempelajari algoritma tiktok dan beriklan di Tiktok Ads. Jangan pernah takut untuk mencoba apalagi takut melakukan blunder. Dengan beriklan di Tiktok anda juga akan mendapatkan laporan kinerja iklan. Hal tersebut kemudian akan menjadi dasar anda untuk memutuskan. 

Macam-macam Format Iklan Tiktok

Tiktok memiliki berbagai macam format iklan yang tampil di aplikasi tiktok itu sendiri. Berikut ini jenis atau macam-macam iklan Tiktok:

In-Feed Video

Contoh Iklan Tiktok
Contoh Iklan Tiktok

In-Feed Video merupakan jenis format iklan video tiktok yang tampil di beranda utama tiktok. Mungkin anda para pemain tiktok sudah tidak asing dengan istilah FYP (For You Page) atau video-video yang bisa dibilang trending dan tayang atau tampil di halaman utama para pengguna tiktok. Tak jarang video yang tampil di Tiktok menggunakan hashtag #fyp #foryoupage tak lain dan tak bukan hanya untuk supaya bisa trending dan ditonton banyak orang. Jenis iklan ini seperti halnya video yang FYP namun ditambah dengan link atau tombol ajakan. Dalam jenis iklan ini anda juga bisa langsung menyukai atau mengomentari videonya layaknya video-video FYP lainnya.

Hashtag Challenge

Hashtag Challenge Tiktok
Hashtag Challenge Tiktok

Hashtag Challenge merupakan ajakan yang ditujukan untuk para pengguna tiktok untuk melakukan tantangan dan dibuatkan videonya. Jenis tantangan atau challenge yang hadir pun sangat beragam dari yang simple hingga yang anti mainstream. Para pengguna diajak untuk membuat video yang berisi tantangan tertentu dan melampirkan hashtag yang ada. 

Tidak hanya sebagai ajang untuk membuat video challenge, Hashtag Challenge juga bisa dijadikan format untuk beriklan. Format iklan Hashtag Challenge ini berada di halaman pencarian atau discover, jadi berbeda dengan format iklan yang lainnya. 

Iklan berupa Hashtag ini akan muncul di halaman discover biasanya di barisan teratas, sehingga akan menarik banyak kreator untuk membuat video challenge dengan hashtag yang ada. 

Brand Take Over

Brand Take Over Tiktok
Brand Take Over Tiktok

Brand Take Over adalah format iklan Tiktok berupa video layar penuh berdurasi tiga hingga lima detik yang muncul segera setelah seseorang membuka aplikasi. Iklan tersebut juga akan muncul di feed Untuk Anda.

Anda juga dapat menyertakan hashtag atau tautan situs web yang dapat diklik. Sampaikan isi iklan dengan singkat dan jelas karena hanya berdurasi beberapa detik saja dan penonton pun juga bisa men skip nya. 

Jenis iklan ini dapat disisipkan tautan menuju halaman website tertentu. Ini cocok untuk strategi direct marketing. Jadi buatlah konten yang benar-benar menarik agar orang akan tertarik untuk mengklik tautan tersebut.

Branded Effects

adalah stiker khusus, filter AR, dan lensa yang dapat ditambahkan pengguna ke video mereka sendiri. Mereka mirip dengan Filter AR Instagram. Branded Effects baru tersedia selama 10 hari.

Anda bisa membuat filter brand anda sendiri, buatlah filter yang menarik sehingga mendorong para kreator untuk memakai filter anda. Dengan begitu semakin banyak yang memakai filter anda nama brand anda akan semakin dikenal banyak orang bukan?

TopView

Iklan TopView Tiktok
Iklan TopView Tiktok

Seperti format iklan Brand Take Over, iklan Top View ditampilkan dalam layar penuh. Perbedaannya adalah iklan ini bisa berdurasi 60 detik, dan pemutarannya tertunda, sehingga tidak dimulai saat aplikasi dimulai. 

Topview TikTok Ads
Topview TikTok Ads

Format iklan ini akan muncul di halaman pertama aplikasi dan di paling atas setelah pengguna membuka aplikasi tiktok. Tidak hanya itu seperti iklan lainnya format iklan ini juga memungkinkan pengiklan untuk menaruh link atau tautan ke halaman website tertentu.

Manfaatkan fitur iklan ini dengan baik, buatlah konten yang jelas dan menarik tentunya supaya yang melihat videonya akan tertarik untuk mengklik iklan anda. Selain bagus untuk brand awareness, jenis iklan ini juga bagus untuk memperbanyak leads.

Tentukan jenis format iklan yang paling sesuai dan bisa diaplikasikan untuk model bisnis anda. Sebenarnya format iklan apapun bisa digunakan tergantung pada kreativitas tim kreatif kita untuk mengemas iklan dengan baik. Jadi, mana format iklan tiktok yang paling sesuai menurut anda?

Tutorial Lengkap: Cara Beriklan di Tiktok (Tiktok Ads)

Setelah anda mengetahui pengertian tiktok ads, alasan mengapa beriklan di tiktok, dan macam-macam format iklan yang ada di tiktok, sampailah kita pada cara membuat Tiktok Ads (Iklan Tiktok). 

Membuat akun iklan Tiktok (Ads Manager)

Daftar Akun Tiktok Ads
Daftar Akun Tiktok Ads

Sebelum anda bisa membuat iklan tiktok tentunya anda membutuhkan akunnya terlebih dahulu maka dari itu anda bisa daftar melalui link ini https://www.tiktok.com/business/id.

  1. Setelah menuju link di atas, kemudian klik tombol “memulai”.
  2. Anda bisa mendaftar menggunakan email ataupun nomor handphone
  3. Lalu isi formulir yang ada, negara, nama bisnis, nomor handphone, industri bisnis anda, zona waktu, lalu klik register
  4. Isikan deskripsi singkat bisnis anda, alamat penagihan, dan informasi pembayaran.
Daftar Akun Tiktok Ads
Daftar Akun Tiktok Ads

Membuat Campaign

Membuat Campaign Tiktok
Membuat Campaign Tiktok

Setelah anda membuat akun bisnis tiktok kemudian anda bisa mulai membuat campaign atau kampanye baru. Bagi anda yang sudah pernah menggunakan facebook ads maka kurang lebih sama yaitu ada Campaign, Ad Group, dan Ad (iklan).

baca juga :  Mengenal Lebih Jauh Conversion Rate Optimization, Serta Cara Optimasinya

Di menu Campaign ini anda akan disuguhkan objektif iklan tiktok anda. Setidaknya ada 5 objektif iklan yang disediakan oleh tiktok yaitu Reach, Traffic, App Installs, Video Views, serta Conversions.

Memilih Objektif Iklan Tiktok
Memilih Objektif Iklan Tiktok
  • Reach – Untuk menjangkau orang sebanyak-banyaknya. Jadi iklan anda akan disebar ke banyak orang untuk mendapatkan perhatiannya.
  • Traffic – Objektif iklan tiktok yang bertujuan untuk mendatangkan pengunjung (traffic) sebanyak-banyaknya. Mengarahkan orang untuk mengunjungi tautan di iklan anda.
  • App Installs – Bertujuan untuk mengajak orang untuk menginstal suatu aplikasi. Iklan berisi tombol yang akan mengarahkan pengguna ke app store.
  • Video Views – Objektif iklan yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah tontonan dari sebuah video.
  • Conversions – Mendorong pengguna untuk melakukan aksi tertentu (Conversions). Bisa dalam bentuk pembelian sebuah produk atau dalam bentuk berlangganan.

Selain objektif iklan di menu campaign ini berisi pengaturan terkait pengujian iklan (split test) A/B. yang berfungsi untuk menguji target iklan anda atau konten iklan anda.

Split Test Tiktok
Split Test Tiktok

Anda juga bisa mengatur dan membatasi anggaran iklan anda apakah anda menginginkan budget iklan harian atau lifetime. Anda juga bisa mengaturnya tanpa batas anggaran. Jadi iklan anda akan berjalan secara terus-menerus. Selama masih ada saldo di akun anda. Namun, jika anda memilih budget harian atau selamanya akan dikenakan minimal budget yaitu sebesar 500.000 rupiah. Setelah semua sudah selesai maka kita akan menuju ke menu Ad group

Menyeting Ad Group

Ad Group Tiktok Reach
Ad Group Tiktok Reach

Tadi sempat dibahas terkait macam-macam iklan di tiktok. Nah, untuk memilih jenis iklan mana yang akan kita pakai itu bisa melalui menu ad grup ini. Yang perlu diingat adalah setiap objektif yang dipilih akan membuat tampilan ad grup ini akan sedikit berbeda.

Ad Group Tiktok traffic
Ad Group Tiktok traffic
Ad Group Tiktok App Install
Ad Group Tiktok App Install
Ad Group TiktokVideo Views
Ad Group TiktokVideo Views
Ad Group Tiktok Conversion
Ad Group Tiktok Conversion

Namun jangan khawatir karena perbedaannya hanya sedikit dan saya pikir tidak akan menjadi masalah untuk anda. Karena tampilan dan menu yang cukup mudah dipahami. Di menu ad group ini seperti di iklan facebook anda berfokus pada target iklan anda. Lebih jelasnya akan dijelaskan di bawah ini:

Memberi Nama Add Group

Nama Ad Group
Nama Ad Group

Berikan nama dari ad group anda, berilah nama yang sesuai agar memudahkan anda dalam mengeditnya atau menganalisisnya. Anda bisa memberikan nama sesuai apa yang akan anda isi di menu ad group ini seperti tipe promosinya, penempatan, dan targetingnya. Misalnya anda beri nama website-auto-female2534beauty. Sehingga bisa disimpulkan bahwa isi ad group anda adalah bertipe website (link), penempatannya otomatis, dengan targeting wanita usia 25-34 yang memiliki ketertarikan kepada kecantikan (beauty).

Memilih Promotion Type

Pada sub menu ini anda diarahkan untuk memilih apakah iklan anda bertipe sebuah aplikasi atau website. Di menu ini juga akan ada pixel seperti di facebook. Untuk cara membuat pixel tiktok akan saya bahas di artikel terpisah.

Memilih Placement (Penempatan Iklan)

Placement Tiktok
Placement Tiktok

Setelah itu, anda perlu menentukan iklan anda nantinya akan tampil di mana saja. Tiktok menyediakan 2 pilihan yaitu :

  • Penempatan Otomatis – iklan anda akan ditayangkan secara otomatis. Tiktok akan menentukan penempatan mana yang menurut mereka efektif untuk iklan yang kita  buat.
  • Penempatan Manual – anda yang akan menentukan iklan anda bisa tayang di mana saja? apakah di Tiktok saja atau juga di partner tiktok seperti TopBuzz, BuzzVideo, News Republic, Babe, dll.

Untuk awal pembuatan iklan anda bisa memilih penempatan otomatis untuk melihat penempatan yang efektif. Selanjutnya anda bisa memilih manual, untuk target pasar Indonesia saya menyarankan untuk menempatkan iklan di Tiktok dan News Feed App Series saja. Karena penempatan Hello dan Pangle adalah platform dari luar negeri.

Selanjutnya, mengenai user comment dan video download. Apabila anda aktifkan maka pengguna bisa berkomentar di iklan dan mendownload video iklan anda.

Menentukan Creative Type

Creative Type Tiktok Ads
Creative Type Tiktok Ads

Creative Type berfungsi untuk secara otomatis akan membuat kombinasi dari konten anda. Konten ini bisa berupa gambar, video, dan deskripsi tulisan (caption). Kombinasi konten terbaik akan dilakukan pengoptimalan iklan. Anda bisa mengaktifkan opsi ini atau tidak, namun perlu diingat bahwa anda tidak akan bisa mengubah opsi ini nantinya. Jadi tentukan dengan bijak sesuai kebutuhan anda.

Menentukan Target Audiens

Tutorial Lengkap: Cara Beriklan di Tiktok (Tiktok Ads) - Habib Hidayat
Tutorial Lengkap: Cara Beriklan di Tiktok (Tiktok Ads) - Habib Hidayat

Di bagian ini, anda bertugas untuk memilih target audience anda tentunya yang relevan dengan produk atau bisnis anda. Tiktok memberikan fitur penargetan audience ini sangat lengkap dari mulai demografi, minat, hingga perilaku audience.

Lookalike Audience Tiktok
Lookalike Audience Tiktok

Seperti halnya facebook di Tiktok juga ada yang namanya custom audience dan lookalike audience. Bagi anda yang sudah pernah melakukan facebook ads pasti tahu.

  • Custom Audience – Anda bisa membuat kelompok audience berdasarkan 4 pilihan yaitu, Customer file yaitu jika anda sudah memiliki customer anda bisa mengunggahnya menjadi custom audience.
  • Engagement – Membuat custom audience berdasarkan orang-orang yang sudah berinteraksi dengan akun anda, baik itu yang melihat saja atau yang mengklik.
  • App Activity – Custome audience berdasarkan aktivitas pengguna di aplikasi anda.
  • Website Traffic – Orang-orang yang sudah mengunjungi website anda meliputi mereka yang melakukan action berupa pembelian, add to cart, melihat halaman tertentu, dll.

Anda bisa membiarkan audience ini, namun apabila anda sudah memiliki datanya maka diisi akan semakin bagus karena target audiens anda akan semakin spesifik dan relevan.

  • Demografi – Tentukan lokasi, jenis kelamin, usia, dan bahasa yang digunakan oleh target audiens anda. Anda bisa memilih target berdasarkan negara atau bahkan provinsi. Untuk gender pilih laki-laki, perempuan, atau keduanya. Rentang usia pilih sesuai calon pelanggan anda. Lalu Bahasa anda bisa pilih no limit untuk semua bahasa atau hanya bahasa tertentu. 
  • Interest & Behavior (Minat & Perilaku) – Ada banyak pilihan yang bisa anda jadikan target audience anda berdasarkan minat & perilaku mereka. Sesuaikan dengan produk anda apakah produk anda produk kecantikan, baju, makanan, dan masih banyak lagi. Untuk perilaku apakah anda ingin mentamenyasar mereka yang menonton video sampai selesai, yang menyukai, yang mengomentari, atau yang membagikan video. Lalu pilih kategori yang paling relevan.
  • Device/ Perangkat – Dalam sub menu ini anda bisa menyasar para pengguna tiktok yang menggunakan sistem operasi tertentu. Misalnya android saja atau iOS saja atau bahkan keduanya. Atau dengan kata lain tidak terbatas pada perangkat tertentu. Pilih opsi koneksi apakah mereka yang terhubung dengan wifi atau jaringan 2G, 3G, 4G atau bisa juga mencakup semuanya. Bahkan anda bisa memilih hingga provider kartu yang mereka gunakan. Kemudian, anda juga bisa memilih opsi rentang harga perangkat dari audiens anda. Hal ini akan memudahkan anda untuk mencari kelompok dengan tingkat ekonomi tertentu berdasarkan kisaran harga perangkat mereka.
baca juga :  Mengenal Apa itu Media Sosial Manajemen untuk Bisnis

Menentukan Budget dan Jadwal Iklan

Budget dan Schedule Iklan Tiktok
Budget dan Schedule Iklan Tiktok

Di dalam sub menu ini anda akan mengatur anggaran iklan anda apakah iklan anda memiliki anggaran harian atau anggaran sepanjang waktu. Disini anda juga bisa mensetting waktu iklan anda berjalan. Apakah hanya beberapa hari saja atau tak terbatas dengan kata lain iklan akan berhenti jika anggaran anda habis. Anda juga bisa mengatur sampai ke dalam satuan jam. Pada jam berapa saja iklan anda akan berjalan atau sepanjang hari 24 jam.

Menentukan Bidding & Optimization

Bidding dan Optimization
Bidding dan Optimization

Bidding & Optimization adalah sub menu dimana anda bisa menentukan penawaran dari iklan anda berdasarkan objektif misalnya klik. Anda bisa memilih apakah anda ingin melakukan bid pada harga terendah atau di kisaran harga yang anda tentukan sendiri. Dan untuk billing event adalah pada situasi seperti apa anda akan dikenakan biaya penawaran tadi biasanya berdasarkan tiap klik (CPC). Lalu untuk delivery type apakah anda ingin menyalurkan anggaran iklan anda sesuai waktu yang telah anda tentukan atau ingin menghabiskan anggaran secepat-cepatnya untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat (accelerated).

Mengatur Ad

Format Iklan Tiktok
Format Iklan Tiktok

Nah, tibalah kita pada langkah terakhir yaitu membuat ad. Disini akan berhubungan dengan konten kreatif berupa video atau gambar. Yang perlu dilakukan disini adalah anda memilih format iklan anda video atau gambar. Lalu, untuk detailnya anda bisa mengunggah video yang sudah anda buat atau anda bisa membuatnya langsung dengan klik tombol “create”.

Kemudian anda perlu mengisi judul, deskripsi, dan tautan yang akan anda gunakan. Anda juga bisa melacak semua aktivitas iklan anda dengan mengaitkannya dengan pixel anda. Pixel anda akan secara otomatis menangkap semua aktivitas yang ada di iklan anda. Setelah semuanya sudah terisi anda bisa melakukan submit iklan anda. Dan selamat anda baru saja membuat iklan di Tiktok.

Tips Agar Iklan Tiktok Efektif dan Optimal

Setelah melalui cara di atas anda sudah berhasil membuat iklan. Namun agar hasil dari iklan anda lebih optimal anda bisa mengikuti tips berikut ini:

Selalu Up to Date 

Dalam membuat iklan di Tiktok anda perlu sedikit terjun untuk mengetahui tren apa yang sedang viral di tiktok. Anda bisa menggunakan tren tersebut untuk membuat iklan anda lebih up to date. 

Singkat, Padat, & Jelas

Mengingat tiktok adalah platform iklan dengan video pendek tentunya iklan anda juga harus memiliki pesan yang singkat namun jelas. Selain itu, juga harus menarik tentunya. Namun, semenarik apapun jika durasinya terlalu lama juga akan membuat penonton akan men skip iklan anda.

Buat Iklan yang Menarik dan Bermakna

Tidak hanya menarik saja sesuai yang sudah disampaikan di atas. Namun, anda juga perlu memikirkan isi yang bisa menyentuh dan relate atau sesuai dengan audiens anda. Dengan begitu selain dari visual iklan anda yang menarik orang untuk melihatnya orang-orang juga akan tertarik untuk mencari tahu lebih dalam mengenai produk atau bisnis anda, karena faktor penasaran dan konten yang bagus.

Kesimpulan

Beriklan di Tiktok (Tiktok Ads) merupakan sesuatu hal yang baru bahkan bagi para marketer di Indonesia. Maka dari itu, bagi anda yang pemula jangan pernah berkecil hati karena anda juga bisa menjadi ahli di bidang tiktok ads. 

Untuk beriklan di tiktok anda perlu memperhatikan apakah bisnis anda bisa cocok dengan para pengguna tiktok. Sehingga anda bisa mengukur keefektifan dari beriklan di tiktok. Dalam membuat iklan tiktok semua bisa dipelajari jadi tidak ada yang sulit asal mau belajar. Walaupun ini adalah hal teknis setidaknya anda mengetahui alurnya dan jika anda akan menggunakan jasa periklanan setidaknya anda bisa memantau bagaimana yang mereka kerjakan.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dibahas mengenai tiktok ads ini. Namun, semua akan dibahas perlahan secara mendalam lagi. Agar semua materi ini bisa diserap dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat nagi anda yang ingin membuat iklan di tiktok. Dan semoga iklan anda berjalan dengan optimal. 

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Subscribe yuk!!!

jangan lewatkan artikel menarik lainnya

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.