13 November 2021

Cara Membuat Toko Online Sendiri untuk Pemula

Table of Contents

Cara Membuat Toko Online Sendiri untuk Pemula – Bisnis online saat ini menjadi bisnis yang sangat populer bahkan di kalangan anak muda. Mereka menjual barang dagangan hanya melalui social media atau marketplace. Hal tersebut didukung dengan kemudahan akses internet serta kondisi di kala pandemi orang-orang banyak yang melakukan isolasi mandiri sehingga tidak bisa bepergian untuk sekedar berbelanja dengan alasan menjaga kesehatan. Selain itu, arus transportasi dan pengiriman barang yang kian cepat dan mudah dijangkau. Semua berlomba-lomba membuat inovasi agar transaksi jual-beli online semakin mudah dan cepat. 

Cara Membuat Toko Online Sendiri untuk Pemula - Habib Hidayat
Cara Membuat Toko Online Sendiri

Nah, untuk para pebisnis online tak jarang mereka mengalami hambatan-hambatan dari mulai regulasi dari pihak marketplace, kemudahan transaksi, biaya admin atau potongan per transaksi di marketplace, dll. Oleh karena itu, para pebisnis mulai untuk membuat toko online mereka sendiri, ditambah lagi sekarang sudah banyak penyedia hosting yang terjangkau dengan kualitas yang bersaing.

Sebagai pelaku bisnis yang mana bertujuan agar transaksi jual beli bisnis mereka semakin mudah dan cepat. Hal itu juga akan meningkatkan nilai transaksi dan tentunya tujuan akhirnya adalah meningkatnya omzet penjualan. Beberapa pebisnis online terkadang kesulitan untuk memulainya, dari mulai memikirkan biaya web developer hingga biaya hosting dan domain per tahunnya. ya, memang segala sesuatunya butuh investasi di awal untuk membangun sebuah website sebagai tempat yang nyaman untuk customer melakukan transaksi dan sebagai media untuk menjalankan kampanye atau promo yang sedang berlangsung.

Di artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat toko online sendiri untuk pemula. Semua akan disampaikan tahap demi tahap secara jelas dan rinci. Namun sebelum ke inti pembahasannya mari kita bahas dulu manfaat memiliki toko online sendiri.

Manfaat Memiliki Toko Online Sendiri

Manfaat Memiliki Toko Online Sendiri
Manfaat Memiliki Toko Online Sendiri

Lebih Terkontrol

Dengan memiliki toko online sendiri anda bisa lebih leluasa dalam mengelola jualan anda. Anda bisa menambahkan atau mengubah segala sesuatunya sesuai kebutuhan anda. Hal ini tidak seperti jika anda berjualan di marketplace. Anda hanya akan berjualan dan mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh marketplace tersebut. Anda bisa menambahkan beberapa fitur tambahan yang sekiranya cocok untuk toko anda.

Design Sesuai Keinginan

Anda bisa mempercantik toko online anda sesuai keinginan dan branding bisnis anda. Selain agar terlihat lebih menarik juga bisa membuat pelanggan anda nyaman selama mengunjungi toko online anda. Secara tidak langsung dengan toko online sendiri bisa meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. 

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan 

Dengan membuat toko online anda sendiri, hal ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan kata lain bisnis anda dianggap “niat” untuk berjualan dan lebih profesional. Ditambah lagi jika toko online anda sudah memiliki nama dengan domain TLD (.com, .net, .id, dll). Selain itu, bisnis anda lebih visibel dan jelas dengan memiliki official website. Serta anda bisa mencantumkan informasi terkait bisnis anda di toko online anda seperti kotak yang bisa dihubungi, alamat toko offline, email perusahaan. 

Mudah Melacak Perilaku Pelanggan

Memiliki website sendiri untuk berjualan memiliki banyak kelebihan salah satunya anda bisa mengetahui perilaku pelanggan anda di website anda. Sebagai contoh, anda bisa mengetahui produk mana yang paling disukai. Apakah mereka membeli lebih dari 1 item ketika berbelanja. Apakah mereka lebih suka tanya-tanya dulu melalui chat atau langsung membeli, hingga demografi mereka. Perbandingan jenis kelamin yang menyukai produk anda. Rentang usia yang meminati produk anda. Dan masih banyak lagi, ketika anda sudah mengetahui pola yang berjalan maka anda akan lebih mudah untuk menjalankan strategi apa yang akan dilakukan selanjutnya. Mendorong pelanggan untuk membeli produk anda yang kurang popular, memperkenalkan produk baru, menginformasikan promo yang sedang berlangsung, melakukan retargeting, dll.

Efisiensi Biaya

Ya, meskipun kita membutuhkan biaya di awal untuk investasi pembuatan website toko online. Namun, itu akan sebanding dengan keuntungan yang akan didapat. Selain itu, bila dihitung secara jangka panjang toko online lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk administrasi di marketplace. Serta anda bisa mendapatkan branding yang kuat dibanding berjualan di marketplace. Namun, akan lebih bijak bila bisnis online anda dipadukan antara berjualan di marketplace dan berjualan di website sendiri. Karena banyak dari pelanggan yang ingin memanfaatkan voucher belanja mereka di marketplace.

Meningkatkan Omset

Dengan adanya toko online sendiri anda memiliki kolam tambahan untuk anda menjaring pelanggan. Anda bisa menarik pelanggan dengan promo eksklusif di toko online anda. Anda juga akan lebih mudah melakukan scale up jika anda sudah menemukan pola dari customer anda. Bisa dengan mudah melakukan up selling atau crosselling

Ya kurang lebih itu manfaat memiliki toko online sendiri. Mungkin masih ada lagi manfaat lainnya karena memang beda model bisnis bisa beda pula manfaat yang didapatkan.

Namun, bagi anda yang baru ingin memulai bisnis online dan berkeinginan membangun website atau toko online sendiri maka anda perlu memperhatikan hal-hal berikut sebelum membuat toko online sendiri.

Hal yang harus Diperhatikan sebelum Membuat Toko Online

Hal yang harus Diperhatikan sebelum Membuat Toko Online
Hal yang harus Diperhatikan sebelum Membuat Toko Online

Sebelum mulai membuat toko online anda tentunya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan persiapkan.

Mencari Produk yang Tepat untuk Dijual

Dalam aktivitas jual beli tentunya ada yang namanya barang dagangan. Nah, sebelum anda membuat sebuah website toko online dan memulai berbisnis online maka penting bagi anda untuk mengetahui produk apa yang kiranya laku di pasaran. Hal ini sangat penting bagi anda yang baru akan memulai jualan online. Maka dari itu diperlukan riset produk yang mendalam.

Persaingan Bisnis

Yang namanya berjualan tentunya akan bersinggungan dengan kompetitor atau pesaing. Disini anda perlu tahu seberapa banyak dan ketatnya persaingan jika anda menawarkan sebuah produk atau jasa ke pasar. Selain itu, cari tahu juga seberapa banyak kompetitor anda di daerah sekitar bisnis anda. Apakah anda ada peluang untuk melakukan akuisisi pasar atau tidak. 

Cari Ide dan Referensi

Sebelum anda mulai membuat website toko online anda sebaiknya anda meriset dan mencari sebanyak-banyaknya website untuk dijadikan referensi untuk website anda nantinya. Referensi disini tidak hanya soal tampilan namun juga fitur dan alur dari website tersebut. Posisikan anda sebagai pelanggan dan kemudian anda berbelanja di sebuah toko online. Anda kurang lebih akan merasakan apa saja yang kurang nyaman entah itu kecepatan loading website, metode pembayaran, sistem pengiriman, dll. Dan yang terpenting jangan terlalu berekspektasi berlebih, membangun website itu bisa bertahap seiring perkembangan bisnis anda. Setidaknya untuk permulaan anda bisa memudahkan customer untuk bertransaksi dan melihat katalog produk anda melalui toko online anda.

Persiapkan Nama dan Bahan Penunjang

Dalam membuat toko online perlu yang namanya nama domain, apakah website anda akan menggunakan nama berekstensi .com, .id, atau yang lainnya. Pemilihan nama ini sangatlah penting, apalagi jika anda sudah memiliki HAKI. Serta tidak lupa mempersiapkan kapasitas hosting yang ideal untuk membuat website. Untuk di awal disarankan untuk memilih kapasitas yang cukup. Seiring berjalannya waktu pengunjung website anda akan meningkat disitu anda bisa menentukan waktunya untuk mengupgrade hosting anda.

Rencana dan Strategi Menjalankan Bisnis Anda

Setelah website anda jadi atau bahkan sebelum jadi, anda perlu mempersiapkan strategi seperti apa yang akan dijalankan dengan anggaran tertentu. Hal ini harus dipersiapkan secara matang-matang. Memang kegagalan akan selalu ada dan kita bisa belajar dari kegagalan tersebut, akan tetapi setidaknya dengan sebuah perencanaan yang matang jika anda mengalami kegagalan tidak akan terlalu “dalam”. Bila perlu anda sediakan banyak rencana cadangan jika strategi pertama kurang berhasil. Anda juga harus peka dan selalu kritis dengan perubahan teknologi dan trend yang terjadi. Baca selengkapnya tentang strategi digital marketing untuk bisnis.

Mengapa Harus Membuat Toko Online Dengan WooCommerce?

WooCommerce adalah plugin untuk membuat toko online di WordPress dengan beragam fitur lengkap yang mendukung fungsi toko online modern seperti manajemen inventori barang, shopping cart, metode pembayaran, perhitungan ongkos kirim barang serta pelaporan.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah software Content Management System (CMS) yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam membuat dan mengelola website. Bisa dikatakan bahwa WordPress merupakan CMS yang paling populer saat ini.

Berdasarkan data statistik yang saya kutip dari website W3Techs (Juni 2020), lebih dari 37% website yang ada di dunia dibuat dengan WordPress. Jumlah tersebut jauh lebih besar bila dibandingkan dengan CMS populer lainnya seperti Joomla dan Drupal.

Mengapa WordPress sangat populer? Apa saja kelebihan WordPress dibandingkan dengan CMS lainnya?

1. WordPress Merupakan Software Open Source

WordPress merupakan software yang free dan open source. Siapa pun bisa menggunakan WordPress secara gratis, tanpa perlu bayar. Selain itu source code WordPress bersifat terbuka dan bisa dimodifikasi sesuai dengan keperluan.

Kalau Anda ingin membuat website dengan WordPress, Anda tinggal menyediakan hosting dan nama domain saja. Software-nya yaitu WordPress sudah tersedia dan tinggal dipakai saja. Kalau Anda kesulitan untuk mengatur setting WordPress atau ingin mengubah tampilannya, ada banyak sekali developer WordPress yang siap membantu.

2. WordPress Merupakan CMS Multi Purpose

WordPress merupakan software yang multi-purpose. Anda bisa menggunakan WordPress untuk membangun berbagai macam website seperti blog, personal website, toko online, direktori bisnis, company profile, komunitas online, website sekolah, dan sebagainya.

Bahkan bisa dibilang bahwa segala macam model website bisa dibuat dengan WordPress. Anda tinggal mencari plugin WordPress yang sesuai dengan model website yang ingin Anda buat. Atau kalau tidak ada, Anda bisa membuatnya sendiri.

3. Tampilan WordPress User Friendly

WordPress terkenal dengan tampilannya yang simpel dan mudah digunakan. Kecuali Anda ingin memodifikasi tampilan website, Anda tak perlu mahir pemrograman web untuk bisa menggunakan WordPress.

Dengan WordPress Anda bisa mengatur dan mengubah setting website Anda setiap saat. Anda bisa mengatur navigasi menu, menambah dan menghapus user, maupun menginstall plugin sendiri dengan mudah tanpa harus meminta bantuan kepada web developer.

4. WordPress Merupakan CMS Yang Search Engine Friendly

Bisa dikatakan bahwa WordPress merupakan Content Management System yang search engine friendly. Artinya, Google sangat menyukai website yang dibuat dengan WordPress. Website Anda dijamin akan mudah terindeks oleh search engine.

WordPress juga mempunyai beberapa plugin SEO yang bisa Anda pakai untuk mengatur setiap aspek website Anda agar lebih disukai oleh search engine. Salah satu plugin SEO yang cukup populer adalah Yoast SEO.

5. Tampilan WordPress Mobile Friendly

Saat ini desain website yang mobile friendly merupakan suatu kebutuhan. Mengapa demikian? Karena kecenderungannya sekarang ini orang lebih suka menggunakan smartphone daripada komputer desktop untuk mengakses website.

Jadi mau nggak mau website Anda juga harus menyesuaikan hal itu. Untungnya jika website Anda menggunakan WordPress, Anda tidak perlu bersusah payah. Saat ini hampir semua theme WordPress yang dirilis, baik itu yang gratisan maupun komersial sudah mobile friendly.

6. WordPress Memiliki Fasilitas Visual Editing

WordPress sudah dilengkapi dengan fasilitas editing berbasis visual. Tampilannya mirip dengan aplikasi Office yang sering Anda gunakan untuk mengetik dokumen. Anda bisa membuat dan mengedit konten website Anda sendiri dengan mudah tanpa harus mempelajari kode HTML yang rumit.

Visual editing di WordPress juga sudah terintegrasi dengan fasilitas untuk mengupload gambar atau foto sehingga Anda bisa menambahkan gambar di konten website Anda dengan mudah.

7. WordPress Merupakan CMS Multi User

WordPress merupakan Content Management System yang multi user. Itu artinya user yang bisa login ke website Anda tidak hanya satu. Sebagai administrator Anda bisa menambah dan mengatur hak akses setiap user di website Anda.

Apabila website Anda merupakan website bisnis dan perusahaan Anda memiliki banyak karyawan maka Anda bisa mendelegasikan pengelolaan website tersebut kepada beberapa karyawan sekaligus. Setiap karyawan bisa mengakses website Anda sesuai dengan hak akses yang mereka miliki.

8. WordPress Menyediakan Theme Lengkap

Theme merupakan komponen WordPress yang bertanggung jawab untuk mengatur tampilan atau layout website. Dengan theme, Anda bisa mengubah tampilan website sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di website WordPress Theme Directory, Anda bisa menemukan ribuan theme gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengatur tampilan website Anda. Jika tidak ada yang cocok, Anda juga bisa mencari theme lain baik itu yang gratisan maupun premium dengan mudah.

9. WordPress Menyediakan Plugin Lengkap

Plugin merupakan aplikasi tambahan yang berfungsi untuk menambah fasilitas di WordPress. Dengan plugin tersebut Anda bisa menambah atau melengkapi website Anda dengan fitur-fitur yang menarik seperti toko online, forum diskusi, media sosial dan sebagainya.

Anda bisa mencari plugin WordPress yang Anda butuhkan di WordPress Plugin Directory. Di situ tersedia ribuan plugin gratis yang bisa Anda pakai untuk menambah fitur di website Anda.

10. WordPress Memiliki Fasilitas Auto Update

Tidak ada sistem yang 100% aman di dunia ini, termasuk WordPress. Apalagi WordPress merupakan software yang free dan open source. Dari waktu ke waktu pasti ditemukan celah keamanan di WordPress yang bisa dimanfatkan oleh orang jahat untuk menjebol website.

Oleh karena itu update wajib dilakukan agar website aman. Dalam hal ini WordPress patut diacungi jempol. Mengapa demikian? Karena saat ini WordPress telah dilengkapi dengan fasilitas auto-update. Apabila tersedia update baru, secara otomatis website akan mendownload dan memperbarui software WordPress yang digunakan.

Mengapa Memilih Plugin WooCommerce? Apa Saja Kelebihannya?

Seperti yang sudah dibahas di atas, WordPress bisa dipakai untuk membuat berbagai macam website, termasuk toko online. Namun demikian Anda harus menginstall plugin tambahan untuk membuat toko online di WordPress.

Banyak sekali plugin yang bisa Anda pakai untuk membuat toko online di WordPress. Saking banyaknya, mungkin Anda akan bingung sendiri kalau disuruh memilih plugin apa yang sebaiknya digunakan.

Diantara plugin-plugin tersebut yang paling populer yaitu WooCommerce. Terbukti hingga saat ini menurut data statistik di WordPress Plugin Repository, plugin tersebut sudah didownload lebih dari 20 juta kali.

Apabila dibandingkan dengan aplikasi web lainnya, yang sama-sama berfungsi untuk membangun toko online, WooCommerce pun tidak kalah. Situs BultWith mencatat bahwa WooCommerce paling banyak digunakan untuk membuat toko online dibandingkan teknologi lainnya.

Apa yang membuat banyak orang lebih memilih WooCommerce untuk membuat toko online dibandingkan dengan plugin lainnya?

Berikut ini 5 alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan WooCommerce:

1. WooCommerce Memiliki Fasilitas Sangat Lengkap

Hampir semua model toko online didukung oleh WooCommerce. Entah itu toko online untuk jualan baju atau produk digital seperti software dan musik, kursus online berbayar maupun situs membership, semuanya bisa dibuat dengan WooCommerce.

WooCommerce juga mendukung berbagai macam metode shipping dan cara pembayaran. Kalau fasilitas yang Anda butuhkan tidak tersedia di WooCommerce, Anda bisa mencari plugin atau ekstensi tambahan yang dibuat oleh pihak ketiga.

2. WooCommerce Terintegrasi Dengan WordPress

Harus diakui bahwa saat ini WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan di Internet untuk membuat website. Popularitas WordPress ini secara tidak langsung juga memberikan nilai tambah tersendiri bagi WooCommerce.

Cukup dengan WordPress dan WooCommerce orang bisa membuat toko online yang memiliki fasilitas lengkap. Selain untuk jualan, juga bisa untuk ngeblog, membuat forum diskusi, dan sebagainya.

3. WooCommerce Merupakan Plugin Yang Search Engine Friendly

Bisa dibilang kalau saat ini search engine, terutama Google merupakan alat bantu utama yang dipakai oleh pengguna Internet dalam mencari informasi. Jadi faktor search engine friendly ini sangat penting agar produk dan layanan yang Anda jual secara online lebih mudah ditemukan lewat berbagai search engine.

Kunci dari search engine friendly adalah optimasi konten. Tidak ada platform eCommerce lain yang bisa menandingi WooCommerce dalam hal optimasi konten.

4. Tersedia Banyak Ekstensi Untuk WooCommerce

Ekstensi WooCommerce berfungsi untuk menambah atau meningkatkan fungsional dari toko online dengan WooCommerce. Sama seperti plugin dalam hal ini Anda juga bisa memilih, apakah mau menggunakan ekstensi yang berbayar atau gratisan.

Pada prinsipnya ekstensi WooCommerce termasuk plugin WordPress juga, hanya saja penggunaannya tergantung dari WooCommerce. Artinya ekstensi tersebut hanya bisa berfungsi kalau Anda juga menggunakan WooCommerce di website Anda.

5. WooCommerce Memiliki Dokumentasi Lengkap

Faktor yang tak kalah pentingnya adalah ketersediaan dokumentasi. Anda bisa menemukan banyak sekali tutorial yang membahas tentang WooCommerce, baik itu di website resmi WooCommerce maupun di website lain.

Dengan ketersediaan dokumentasi yang melimpah Anda tidak perlu khawatir lagi kalau sewaktu-waktu menemui kesulitan ketika membangun toko online dengan WooCommerce karena banyak artikel maupun tutorial yang bisa Anda pakai sebagai referensi.

Cara Membuat Toko Online Sendiri

Cara Membuat Toko Online Sendiri untuk Pemula - Habib Hidayat
Cara Membuat Toko Online Sendiri

Setelah anda mengetahui manfaat dan hal yang perlu disiapkan sebelum membuat website toko online sendiri. Sampailah kita pada pembahasan bagaimana cara membuat toko online sendiri untuk pemula.

Beli Domain dan Hosting

Beli Domain dan hosting adalah langkah pertama ketika anda akan membuat website. Yang perlu diperhatikan adalah penyedia domain dan hosting tersebut adalah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Yang bisa mensupport segala sesuatunya terkait website anda. Saya menyarankan untuk hosting gunakanlah yang memiliki kecepatan yang standar. Bila perlu cari tau tentang reviewnya di youtube ataupun mesin pencari agar anda yakin dan mantap memilihnya. Ada beberapa jenis hosting, gunakanlah shared hosting dengan kapasitas yang memadai atau gunakan cloud hosting. Biasanya di dalamnya sudah terinstal oleh Cpanel yang akan memudahkan anda dalam membuat website anda. Yang perlu anda lakukan setelah itu adalah menghubungkan domain anda dengan hosting yang sudah anda beli.

Menginstal WordPress

Setelah anda membeli hosting dan domain, langkah selanjutnya adalah menginstal wordpress. Mengapa menggunakan wordpress? karena wordpress adalah platform pembuat website yang terbesar di dunia. Serta banyak plugin atau ekstensi penunjang yang akan memudahkan anda dalam membuat website meskipun anda tidak paham dengan coding. Yang perlu anda lakukan adalah anda pergi ke Cpanel lalu login cari instal wordpress, maka proses akan berjalan secara otomatis.

Menginstal Tema dan Plugin

Setelah anda menginstal wordpress selanjutnya anda perlu menginstal tema dan plugin. Tema adalah tampilan keseluruhan website anda dan plugin yaitu fitur penunjang untuk kebutuhan website anda. Sebelum itu anda perlu login dulu ke dashboard wordpress anda, biasanya secara default melalui link http://domainanda.com/wp-admin kemudian masukkan detail login anda. Jika anda mengalami kesulitan untuk mengeksekusinya anda bisa meminta bantuan CS penyedia hosting anda untuk memandu anda. 

Instal tema yang anda suka, ada banyak tema yang disediakan oleh wordpress. Ada yang versi gratis dan berbayar, atau anda bisa membeli tema di platform penyedia tema wordpress untuk toko online anda.

Setelah itu, silahkan instal plugin woocommerce, plugin ini yang memungkinkan anda untuk bisa mengupload produk anda ke website anda, melakukan transaksi, mengelola pesanan, dll. Silahkan menuju menu plugin lalu “add new”. Setelah selesai terinstal silahkan atur sesuai bisnis anda seperti alamat bisnis anda, pembayaran, pengiriman, atur sampai semua selesai.

Mengupload Produk Anda

Setelah plugin woocommerce terinstal maka akan ada menu baru di sisi kiri yaitu produk, anda bisa menambahkan produk anda. Isi kelengkapan produk anda seperti nama produk, deskripsi produk, foto produk, harga, kategori produk, stok, dan atribut produk seperti warna, model, ukuran, dll.

Optimasi website

Setelah produk anda sudah terupload semua anda perlu melakukan beberapa pengaturan, seperti tampilan beranda website dan halaman-halaman lainnya seperti halaman about, kebijakan privasi, syarat & ketentuan, dll. Selain itu, anda perlu melakukan optimasi SEO agar website anda bisa lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari seperti google. Melakukan indeks ke mesin pencari dan mengoptimasi SEO Onpage maupun Offpage. 

Jika semua sudah selesai maka anda siap untuk melakukan pemasaran atau membuat kampanye terkait launching website anda. 

Demikian secara garis besar cara membuat toko online sendiri untuk pemula. Namun, jika anda tidak memiliki waktu atau tidak mau repot dengan langkah-langkah di atas. Saya menyediakan jasa pembuatan toko online untuk anda. Semoga artikel ini membantu anda dalam mengembangkan bisnis online anda. 

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Kembangkan Bisnis di Era Digital
layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.