cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Bisnis Dropship, Keuntungan Berlipat, Sukses Lebih Cepat

27 June 2021
Bisnis Dropship, Keuntungan Berlipat, Sukses Lebih Cepat
Habib Hidayat
verified

Bisnis Dropship, Keuntungan Berlipat, Sukses Lebih Cepat – Siapa yang tidak kenal dengan bisnis dropship? Ya, bisnis ini mulai booming bersamaan dengan berkembangnya digitalisasi saat ini. Dropship merupakan salah satu bisnis yang banyak digemari sebagai lading kedua untuk penghasilan tambahan. Namun tidak menutup kemungkinan penghasilan dari dropship jauh lebih banyak dibandingkan dengan pekerjaan utama.

Sebelum anda tertarik dengan bisnis dropship ini, ada baiknya anda mengetahui dulu sekilas tentang dropship. Sejatinya dropship adalah sebuah bisnis dimana anda menjadi orang ketiga antara penjual dan pembeli (perantara). Bisnis ini nyaris tidak memakai modal sedikitpun. Memang sekilas Nampak sama dengan reseller. Tetapi perbedaanya di sini adalah seorang dropshipper tidak perlu menyetok barang yang akan dijual. Baca juga artikel tentang merintis bisnis lainnya disini.

Cara kerja dari bisnis ini yaitu dengan menawarkan barang dari penjual, dengan menggunakan selisih harga yang sudah anda buat sendiri. Kemudian para pembeli akan membayar dengan harga yang anda buat, dan anda hanya perlu membayar kepada penjual dengan harga asli. Nah, dari selisih harga itulah anda akan mendapatkan penghasilan.

Bisnis dropship ini memiliki peluang sukses yang sangat besar. Mengapa demikian? Sebab kebutuhan pasar saat ini begitu banyak dan pola hidup masyarakat yang saat ini semakin konsumtif, menjadi faktor utama penentu dari kesuksesan bisnis ini.

Keuntungan Berlipat Dari Bisnis Dropship

Bisnis ini banyak sekali diminati oleh berbagai kalangan, karena memang menjanjikan sebuah keuntungan yang menggoda. Dengan catatan anda menjalankan bisnis dropship ini dengan sabar, telaten dan tidak sembrono.

Tanpa stok barang dan non modal

Tanpa stok barang dan non modal
Tanpa stok barang dan non modal

Seperti yang telah diketahui bahwa bisnis dropship adalah bisnis jual beli yang tidak perlu melakukan stok barang yang ditawarkan. Hal ini yang menjadi satu alasan bahwa bisnis ini memiliki banyak sekali peminatnya. Dengan kata  lain, anda hanya sebagai perantara yang akan mendapatkan keuntungan bersih dari selisih harga yang telah anda buat.

Tentang modal, anda sama sekali tidak akan mengeluarkan modal sedikitpun. Yang anda perlukan hanya promosi produk yang mungkin hanya membutuhkan sedikit koneksi internet saja. Sebagai seorang dropshipper, anda harus memiliki strategi marketing yang bagus. Agar para calon pembeli tertarik dan berminat untuk membeli barang yang anda tawarkan. Selain itu, anda juga perlu untuk merespon setiap pertanyaan dari para konsumen. Sebab, yang dibutuhkan oleh para konsumen adalah informasi lengkap seputar barang yang anda jual. Jika anda mampu menanggapinya dengan cepat dan tepat, tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan membuat para konsumen lebih tertarik untuk membeli barang yang anda tawarkan.

Efisiensi waktu

Efisiensi waktu
Efisiensi waktu

Sebagai pekerjaan sampingan, bisnis dropship tidak memiliki jam kerja paten seperti pekerjaan pada umumnya. Dropship ini bisa anda lakukan sewaktu-waktu saat anda sempat dan memiliki waktu luang. Selagi anda memiliki sambungan sinyal internet, maka saat itu pula anda bisa melakukanya. Sehingga waktu yang anda miliki hampir seluruhnya bermanfaat dan mampu menghasilkan rupiah.

Tak hanya bagi para pekerja untuk sampingan, bahkan seorang ibu rumah tangga pun bisa menjalankan bisnis ini sembari mengurus keperluan rumah tangga. Maka saat ini banyak sekali ditemukan seorang dropshipper seorang ibu rumah tangga. Alasanya sangat simple, yaitu karena saking efisiennya bisnis ini sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

baca juga :  Bisnis Online Solusi Terbaik Untuk Memulai Usaha

Banyak barang yang bisa ditawarkan

Banyak barang yang bisa ditawarkan
Banyak barang yang bisa ditawarkan

Layaknya sebuah toko, anda sebagai seorang dropshipper bisa memilih berbagai macam barang yang ingin anda tawarkan dari supplier. Namun untuk mempermudah manajemen atau penghitunganya, ada baiknya anda focus menawarkan dua atau tiga macam barang saja. Sebab jika terlalu banyak, dikhawatirkan anda akan kesulitan melayani permintaan konsumen yang berbeda-beda.

Anda bisa memilih jenis barang yang mungkin saat ini laku keras dipasaran. Sebab pada prinsipnya, bisnis dropship ini menjual apapun yang ditawarkan di internet dan social media. Seperti pakaian, alat-alat dapur, kebutuhan sekolah, barang-barang elektronik dan masih banyak lagi. Bahkan baru-baru ini, berbagai jenis makanan pun juga bisa di dropshipkan.

Cara Membangun Bisnis Dropshipper

Sebelum anda menjadi seorang dropshipper, pastikan terlebih dahulu jenis barang apa yang ingin anda jual. Setelah anda memilih barang yang ingin anda tawarkan, selanjutnya anda harus mengikuti langkah berikut:

Mencari supplier

Hal pertama yang anda butuhkan sebagai seorang pelaku bisnis dropship adalah mencari supplier dari barang yang akan anda jual. Perlu anda ketahui bahwa supplier dari jenis barang yang anda tentukan kemungkinan tidak hanya satu, jadi anda harus jeli dalam memilihnya. Pastikan anda mendapatkan supplier yang bagus yang bisa membuat anda cepat mendapatkan keuntungan. Selain itu, anda juga harus cek kualitas barang yang akan anda ambil dari supplier yang anda pilih. Pastikan barang yang anda ambil dari supplier adalah barang-barang yang ori.

Setting marketing

Untuk melakukan promosi dan pemasaran, anda membutuhkan sebuah wadah atau media sebagai perantara pemasaran produk anda. Dalam hal ini biasa disebut dengan istilah marketplace. Ada banyak sekali marketplace yang bisa anda gunakan untuk menjual barang anda, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya. Biasanya dari marketplace tersebut juga menyediakan informasi terkait dengan dropshipping.

Branding

Apa sih branding itu? Branding bisa disebut juga sebagai pengenal atau identitas dari bisnis anda. Branding menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas dari dropship yang anda lakukan. Sebab dengan branding, bisnis anda akan mudah ditemukan di mesin pencarian. Selain itu, para konsumen juga akan lebih mudah mengenali dan membedakan antara bisnis milik anda dengan yang lain.

Jika branding ini sudah anda miliki, dan anda mampu untuk terus meningkatkan kualitas bisnis anda, tidak menutup kemungkinan bisnis dropship yang anda lakukan akan cepat sukses. Apalagi dengan branding tersebut anda terus melakukan inovasi dan perkembangan pada bisnis anda, pasti akan ada banyak konsumen yang melirik.

Pada prinsipnya, bisnis dropship ini adalah sebuah bisnis yang fleksibel. Siapapun dapat melakukan bisnis ini tanpa memandang latar belakang dan status social. Yang dibutuhkan hanya koneksi ke jaringan internet saja. Sebagai penghasilan tambahan, bisnis dropship ini juga sangat cocok bagi para karyawan, pegawai bahkan PNS sekalipun.

Dengan keuntungan dan langkah-langkah yang sudah dijelaskan tadi, tentunya anda bisa mulai belajar untuk menjadi seorang dropshipper. Memang perlu diakui, tidak ada bisnis yang tidak mengalami kerugian, namun kerugian dapat diminimalisir. Bisnis dropship ini memiliki tingkat kerugian yang sangat kecil, pasalnya modal yang anda keluarkan juga tidak terlalu besar. Jadi sangat rugi sekali jika anda tidak segera memulai untuk menjalankan bisnis dropship ini.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.