Berikut Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

8 Juni 2021
Berikut Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

Jangan Salah, Berikut Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Legal – Di era teknologi saat ini berbagai macam penemuan telah dikembangkan tidak hanya di dunia digital, maupun industri. Teknologi startup misalnya, berbagai macam ojek online dan toko online telah banyak diketahui dan dinikmati oleh masyarakat luas. Sedangkan pada bidang keuangan, saat ini pun telah dikembangkan sebuah teknologi baru untuk memudahkan aktivitas manusia.

Teknologi ini disebut fintech yang setiap hari kian berkembang dengan sangat pesat. Fintech merupakan gabungan dari kata financial dan technologi yang biasa disebut sebagai teknologi digital terbaru yang bertujuan untuk mempercepat dan mengubah beberapa aspek pelayanan dalam jasa keuangan. Tujuan utama dari fintech ialah agar memudahkan masyarakat memperoleh akses mengenai produk keuangan serta memudahkan transaksi.

Meskipun teknologi berkembang dengan semakin cepat demi memudahkan masyarakat, namun tidak dapat dielak pula bahwa pinjaman online pun ikut meningkat. Mengapa demikian? Alasannya hampir sama, yaitu agar memenuhi kebutuhan hidup mereka, masyarakat juga menggunakan teknologi canggih untuk dapat melakukan pinjaman. Karena sistem yang digunakan juga cukup mudah serta persyaratan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak.

Maka tidaklah mengherankan jika berbagai macam layanan pinjaman kian marak bertambah beserta berbagai penawaran yang diberikan dalam urusan pinjam meminjam. Lalu, apa itu layanan pinjaman berbasis online? Apakah aman melakukan pinjaman daring dan hal ini telah dilegalkan Indonesia? Berikut akan dijelaskan mengenai pinjaman berbasis online tersebut.

Aplikasi Pinjaman online ialah aplikasi yang menyediakan fasilitas peminjam uang yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan berbasi online. Para penyedia layanan ini lebih sering disebut sebagai fintech. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fintech merupakan inovasi dalam bidang jasa keuangan dengan memanfaatkan teknologi yang dibuat untuk memudahkan masyarakat. Sehingga Anda tidak perlu lagi keluar dari rumah dan datang langsung ke tempat, kini bisa dilakukan online.

Di samping itu, peer-to-peer lending atau fintech lending merupakan layanan pinjam maupun meminjam uang  berbasis online secara langsung baik kepada debitur/penerima pinjaman dengan kreditur/pemberi pinjaman dengan menggunakan mata uang rupiah menggunakan teknologi berbasis teknologi dan informasi. Di dalam bahasa Indonesia, istilah fintech lending disebut sebagai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi atau disingkat (LPMUBTI).

Dengan kehadiran fintech lending Anda tidak perlu lagi bersusah payah pergi ke bank untuk meminjam uang. Anda kini dapat mengunduh berbagai jenis aplikasi pinjaman online di google playstore dan menikmati berbagai macam fitur yang ditawarkan. Meskipun pinjaman berbasis online dapat menggunakan dana yang dipinjam sebagai kebutuhan darurat serta tidak membutuhkan jaminan,

Namun, Anda pun perlu berhati-hati dalam memilih pinjaman berbasis online. Belakangan ini banyak sekali perusahaan fintech pinjaman berbasis online ilegal yang belum mendapat izin atau tidak diakui keberadaannya oleh Otoritas Jasa Keuangan yang disingkat dengan OJK. Karena tidak perlu dilakukan pengawasan terhadap aktivitas seperti pinjaman berbasis online ini, maka banyak sekali perusahaan fintech ilegal yang melakukan pelanggaran.

Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan ilegal tersebut dapat berupa penetapan bunga yang sangat tingg, melakukan ancaman kepada nasabah, melakukan teror, serta mencuri data dari peminjam. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara membedakan antara perusahaan fintech resmi dan perusahaan fintech ilegal, seperti yang akan diuraikan berikut. Ketahui juga tentang apa itu paylater.

Mengecek Status Perusahaan Fintech Di OJK

Setiap kali Anda ingin melakukan pinjaman online, jangan lupa untuk selalu mengecek nama aplikasi ataupun nama perusahaannya di website OJK. Pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan maupun aplikasi itu telah terdaftar disana. Apabila perusahaan tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK berarti identitas dan keamanan Anda terjamin aman.

Memastikan layanan konsumen pada perusahaan fintech

Sama seperti mengecek status perusahaan, Anda juga perlu memastikan bahwa perusahaan berbasis online tempat Anda ingin mengajukan pinjaman sudah mempunyai layanan konsumen. Salah satu ciri bahwa sebuah perusahaan fintech maupun aplikasi fintech tersebut adalah tempat yang terpercaya apabila mereka menyediakan informasi terkait alamat kantor, email, maupun nomor telepon serta sosial media kepada nasabah agar dapat melakukan pengaduan.

Sebab jika suatu saat tiba-tiba saja Anda mengalami kendala atau masalah, maka Anda tidak perlu repot dan bisa langsung menghubungi nomor telepon maupun mendatangi alamat kantor yang sudah tertera.

Memastikan Biaya Administrasi, Bunga, Serta Biaya Tenor Dengan Jelas

Jika Anda mendapati pinjaman online yang memberikan bunga sebesar 1% per hari atau 30% setiap bulan, sebaiknya Anda tidak mengambil pinjaman atau menggunakan aplikasi tersebut sebab biaya yang ditawarkan terbilang mahal. OJK telah menetapkan aturan sebelumnya bahwa fintech hanya diperbolehkan memberikan maksimum bunga sebesar 0,8% setiap harinya.

Setelah Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi pinjaman berbasis online yang pas, selanjutnya Anda bisa mengajukan pinjaman dengan mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut kemudian membuat permohonan pinjaman dengan melengkapi data serta dokumen yang dibutuhkan. Anda juga perlu mempelajari syarat dan ketentuannya serta bagaimana metode pembayarannya seperti yang akan dijelaskan berikut.

Syarat untuk membuat pinjaman online

  1. Warga Negara Indonesia atau WNI
  2. Berdomisili di wilayah Indonesia yang ada di cakupan layanannya
  3. Memiliki usia 21- 65 tahun atau minimal 18 tahun dan berstatus telah menikah
  4. Mempunyai alamat email pribadi
  5. Mempunyai penghasilan
  6. Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) aktif
  7. Mempunyai akun Bank sesuai dengan KTP

Dokumen Yang Dibutuhkan

Biasanya ketika mengajukan sebuah pinjaman online Anda tidak perlu menyiapkan banyak dokumen. Tetapi ada beberapa dokumen pendukung yang sering ditagih, yaitu bukti penghasilan seperti slip rekening listrik maupun rekening bank, slip PAM, atau slip gaji, pajak dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), akun ojek online seperti grab dan gojek, akun e-commerce seperti bukalapak, tokopedia, dan lazada, serta slip Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS).

Jumlah Bunga Pada Pinjaman Berbasis Online

Bunga pinjaman merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dan merupakan bagian yang amat krusial. Jika Anda menemukan bunga pinjaman berbasis online yang lebih tinggi daripada bunga di bank maka Anda perlu memastikannya terlebih dahulu. Menurut Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia atau yang disingkat dengan AFPI, mengeluarkan aturan bahwa jumlah keseluruhan untuk biaya pinjaman termasuk biaya provinsi dan bunga ialah maksimum 0,8% setiap harinya.

Jadi total biaya pinjaman untuk satu bulan dengan perkiraan 30 hari yang boleh dibebankan kepada peminjam berdasarkan pedoman dari AFPI ialah sebesar 24%. Apabila ada fintech yang melanggar aturan tersebut maka akan diberikan sanksi oleh AFPI yakni pencabutan keanggotaannya sebagai anggota AFPI, dan apabila keanggotaannya telah dicabut makan secara otomatis OJK  pun akan mencabut surat terdaftar dari perusahaan fintech tersebut.

Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya
Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

OJK telah merilis daftar perusahaan pinjaman online yang telah resmi terdaftar di Indonesia. Beberapa diantaranya telah cukup familiar dan diketahui oleh masyarakat luas. Berikut ini beberapa aplikasi pinjaman online terpercaya yang bisa anda coba:

1. UangTeman

Aplikasi uangteman ini memiliki dua jenis pinjaman yang bisa Anda pilih yaitu pinjamn cicilan dan pinjaman harian dengan bunga yang berbeda. Pinjaman harian untuk plafon senilai Rp 1.5 juta sampai Rp  juta dengan tenor sekitar 65 hari dan 70 hari. Sedangkan untuk pinjaman cicilan plafon sebenar Rp 3 juta hingga Rp 10 juta dengan tenor 3 bulan dan 6 bulan.

2. Kredit Pintar

Aplikasi pinjaman online tanpa jaminan ini menawarkan plafon sebesar Rp 600 ribu hingga Rp 1,8 jut dengan tenor 28 hari sampai dengan 4 minggu. Jika anda mendaftar disini anda harus bayar tepat waktu atau bahkan sebelum tenor pembayaran. Kalau tidak ingin anda dihubungi secara terus-menerus oleh petugas penagih pinjaman.

3. Kredivo

Aplikasi pinjaman online yang menawarkan pinjol sebesar, hingga Rp 3 juta dengan tenor yakni 30 hari. Dan juga menariknya anda bisa melakukan kredit pembelian barang dengan limit hingga Rp 20.000.000. Mungkin sebagian dari anda juga sudah cukup tahu tentang kredivo ini. Aplikasi kredit online yang juga tersedia untuk pembayaran di marketplace selain akulaku.

Sayangnya kredivo ini masih terbatas di beberapa wilayah saja. Jadi kredivo saat ini baru menjangkau kota-kota besar untuk layanannya.

4. Akulaku

Nah, seperti yang sudah disinggung di atas, selain kredivo ada akulaku yang bisa menjangkau semua daerah di Indonesia. Di akulaku anda bisa melakukan pinjaman online hingga 2.800.000. Dan akan naik terus jika anda memiliki riwayat kredit yang baik. Selain itu, dengan akulaku anda juga bisa mengajukan pinjaman kredit dengan berbagai tenor pembayaran. Dari mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun, cocok untuk anda yang ingin membeli smartphone ataupun laptop untuk sekolah. Selain itu, produk-produk yang ditawarkan di aplikasinya sangat beragam selain yang saya sebutkan tadi. Anda juga bisa melakukan transaksi di marketplace seperti shopee kemudian pembayarannya menggunakan aplikasi akulaku ini.

Setelah mendaftar anda akan mendapatkan limit kredit anda. Bisa bertambah banyak dengan anda mengisi data diri anda semakin lengkap maka semakin banyak kredit anda bertambah. Selain itu, anda juga bisa menambah kredit dengan menyelesaikan misi-misi yang ada. Jika anda tertarik anda bisa mendaftar melalui tombol di bawah ini:

5. Julo

Julo sendiri sebagai aplikasi pinjaman online menawarkan beberapa jenis produk pinjaman yakni jumo mini dengan jumlah pinjaman senilai Rp 1 juta serta lama tenor 30 hari beserta jumlah bunga tiap bulan sebesar 10%. Lalu untuk julo cicilan, pinjaman sebesar Rp 8 juta dengan tenor selama 3 sampai 6 bulan dan bunga 1,5-1,4% setiap bulan dan cashback sebanyak 2%. Sementara itu, untuk julo agunan mempunyai pilihan kredit dengan jaminan berupa Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) baik motor ataupun mobil dan sertifikat lainnya seperti sertifikat rumah, apartemen, dan tanah.

6. Rupiah Cepat

Pinjaman berbasis online ini memiliki cicilan hingga 3 bulan dengan kredit uang tunai tanpa jaminan dan pinjaman sebesar Rp 400 ribu dan Rp 5 juta serta tenor untuk masa pinjaman selama 65 hari, 75 hari, dan 90 hari.

7. Home Credit Indonesia

Aplikasi pinjaman online terpercaya yang terakhir adalah Home Credit Indonesia. Seperti kredivo dan akulaku di home credit anda tidak hanya bisa mengajukan pinjaman online tapi juga mengajukan cicilan pembayaran untuk pembelian suatu barang misalnya laptop, kamera, handphone, dll.

Home Credit Indonesia juga sudah banyak kita jumpai di suatu mall atau toko elektronik di seluruh Indonesia. Pengajuannya pun cukup mudah. Anda bisa mendaftar melalui aplikasi kemudian anda akan diarahkan ke gerai Home Credit Indonesia terdekat dari anda. Anda cukup melengkapi dokumen identitas dan hanya menunggu beberapa menit. Jika berhasil disetujui maka anda bisa langsung bisa membawa barang yang anda beli.

Itulah beberapa informasi mengenai pinjaman online serta cara melakukan pinjaman dan aplikasi pinjaman yang terpercaya. Bagaimanapun jika anda ingin melakukan pinjaman online hendaknya anda harus mempertimbangkannya secara matang-matang. Serta mengukur apakah anda benar-benar membutuhkannya saat ini atau tidak. Mungkin masih banyak aplikasi pinjaman online yang sudah terpercaya yang belum saya bahas. Akan tetapi, setidaknya ke 7 aplikasi di atas sudah cukup untuk memberi informasi kepada pembaca semua. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Subscribe yuk!!!

jangan lewatkan artikel menarik lainnya

RELATED POST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.