cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Belajar Trading Saham untuk Pemula Agar Sukses

13 June 2021
Belajar Trading Saham untuk Pemula Agar Sukses
Habib Hidayat
verified

Belajar Trading Saham untuk Pemula Agar Sukses – Berkutat mengenai saham, sekarang ini bukanlah hal yang baru lagi. Saat ini banyak sekali orang yang mulai menanam saham lewat berbagai cara, ada yang belajar otodidak dan ada pula yang meminta bantuan teman untuk dikenalkan perihal saham. Namun, tidak banyak yang masih banyak salah mengira bahwa saham ini dapat dimainkan oleh siapapun dan pastinya akan menguntungkan.

Hal tersebut sangatlah tidak benar apabila tidak didampingi dengan pengetahuan yang mumpuni dan skill analitis yang baik. Dengan memutuskan untuk bergabung dan bermain saham tanpa ilmu yang dibutuhkan dalam pengolahan saham ini bisa membuat para pemilik saham akan mengalami kerugian, karena belum mengetahui dengan benar sistem trading dalam dunia saham.

Kurangnya pengetahuan akan sesuatu hal memang menyulitkan dalam bergabung dalam bisnis dalam lingkup yang besar. Hal yang harus dilakukan saat pertama kali Belajar Trading Saham  bermain saham tidak lain ialah memahami akan investasi. 

Investasi merupakan kegiatan menyimpan atau menempatkan uang dengan periode tertentu, penyimpanan uang ini dengan harapan dapat meningkatkan nilai uang selama periode yang telah disepakati. Seorang yang melakukan kegiatan investasi ini disebut dengan investor atau penanam modal. Nah, tanpa adanya penanaman modal terlebih dahulu saham tidak akan bisa dimiliki. Baca juga tentang apa itu reksadana.

Belajar Trading Saham untuk Pemula

Saham sendiri merupakan sebuah kepemilikan nilai dalam sebuah perusahaan. Jadi dengan melakukan investasi sama halnya kita telah membeli tempat atau menanamkan kepemilikan atas sebuah perusahaan, yang nantinya dana yang diinvestasikan dapat mengalami peningkatan. Saham sendiri sebagai instrumen dalam Belajar Trading Saham berinvestasi baik dari segi jangka panjang ataupuun pendek. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam belajar saham.

Banyak Mempelajari Investasi Saham

Banyak Mempelajari Investasi Saham
Banyak Mempelajari Investasi Saham

Hal pertama saat ingin terjun dalam dunia saham, Anda harus paham mengenai saham, apa alasan Anda untuk memiliki saham, bagaimana cara mengelola trading saham yang tepat, dan apa saja yang diperlukan dalam menjalani bisnis trading saham. Semua ini harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar jatuh dalam investasi saham.

Kurangnya pengetahuan Anda mengenai saham akan dapat merugikan Anda. Ketidakcakapan dalam Belajar Trading Saham pengelolaan tersebut dapat menurunkan saham yang Anda miliki. Makanya, penting sekali memahami investasi saham yang tepat.

Membuka Rekening Khusus

Selama belajar dunia saham, ada baiknya Anda pun sudah menyiapkan kebutuhan yang diperlukan ketika bergabung dalam suatu saham tertentu. Tanpa bertindak teori hanyalah lalu, jadi kegiatan tersebut memanglah harus seimbang dalam memberikan para pemainnya arahan. Pertama Anda bisa membuka rekening khusus untuk jual beli saham. Nah, memang sebelum mengadakan jual beli saham Anda harus sudah memiliki rekening.

Cobalah Melakukan Transaksi Saham

Cobalah Melakukan Transaksi Saham
Cobalah Melakukan Transaksi Saham

Jika pengurusan rekening saham yang Anda buat sudah jadi dan sesuai dengan sekuritas yang Anda tuju, cobalah untuk melakukan pembelian saham. Untuk pertama pembelian tidak perlu langsung banyak, lakukan pembelian sedikit demi sedikit. Setelahnya Anda bisa Belajar Trading Saham menyimpan saham Anda terlebih dahulu.

Setelah itu pelajari software yang digunakan untuk memainkan saham dan biasakan diri untuk mengenali semua aturan dan tools yang ada dalam software tersebut untuk melakukan transaksi saham. Ketika Anda sudah mahir dalam memainkan software tersebut Anda bisa mencoba untuk melakukan penjualan saham.

baca juga :  10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Gali Ilmu Mengenai Trader Saham

Selanjutnya, hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum terjun dalam dunia saham ialah memilih menjadi investor atau trader. Keduanya ini sangatlah berbeda, karena trader dan investor memiliki ciri dan ketentuan masing-masing. Selain itu, ilmu yang harus dipelajari pun berbeda. Agar bisa fokus Belajar Trading Saham Anda perlu memilih salah satu cabang untuk dapat memaksimalkan gerak Anda dalam mengelola bisnis saham.

Sedikit informasi, jika investor Anda hanya melakukan penyimpanan dan pembelian saham dalam jangka waktu yang lama. Se dangkan untuk seorang trader, Anda hanya membeli lalu menjual saham dalam waktu yang singkat dengan memanfaatkan fluktuasi harga saham yang sedang berjalan. Penting bagi seorang pemula mengetahui hal ini dan memilih salah satu diantara keduanya.

Nah, untuk Anda yang memilih untuk menjadi seorang investor saham Anda perlu mempelajari mengenai analisis fundamental. Dengan hal tersebut Anda akan belajar menganalisis kondisi ekonomi dan keuangan yang dialami oleh perusahaan. Bila Anda tertarik untuk fokus pada trader saham Anda perlu Belajar Trading Saham analisis teknikal, dengan ini Anda akan menganalisis grafik kenaikan dan penurunan saham untuk menentukan kapan harus masuk dan juga keluar.

Aplikasi Belajar Bermain Trading Saham

Aplikasi Belajar Bermain Trading Saham
Aplikasi Belajar Bermain Trading Saham

Untuk membantu Anda agar lancar bermain saham, pastinya Anda membutuhkan software yang Anda gunakan untuk melakukan analisa saham. Jika Anda masih bingung dalam menentukan software mana yang bagus dan saham sudah terdaftar di OJK agar semua transaksi yang dilakukan aman. Berikut ini beberapa aplikasi yang baik dan recomended bagi Anda pemula yang ingin belajar trading saham.

Aplikasi RTI Business

RTI Business merupakan aplikasi buatan PT. RTI Infokom yang sudah dilengkapi dengan adanya IDX Virtual Online trading, yaitu salah satu layanan fitur simulasi untuk trading saham. Sehingga dengan adanya fitur ini bisa memudahkan para pengguna pemula untuk menjalankan aplikasi trading ini dengan maksimal. Selain itu bisa digunakan untuk belajar analisis dan melatih skill dalam melakukan investasi. Tools Belajar Trading Saham yang disediakan pun sangat mudah digunakan.

Tidak heran jika memang aplikasi RTI Business ini merupakan aplikasi yang banyak direkomendasikan untuk dimiliki bagi investor dan juga trader saham. Sebab aplikasi ini sangatlah sederhana dan mudah untuk dipelajari dan memiliki tools yang sama dengan perusahaan sekuritas. Aplikasi tersebut membawakan beragam data baru yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam waktu yang cepat, sehingga selalu terupdate.

Para pengguna aplikasi RTI Business ini juga difasilitasi layanan yang menarik dengan mengetahui detail-detail transaksi suatu saham pada hari tertentu dengan melihat riwayat pergerakan harga saham dalam tiap bulannya. Aplikasi ini pun dilengkapi dengan fitur kalender, yang mana berisi mengenai jadwal Belajar Trading Saham  dari korporasi perusahaan seperti Dividen, IPO, Right Issue, dan sebagainya.

Aplikasi Stockbit

Belajar Trading Saham untuk Pemula Agar Sukses - Habib Hidayat
Aplikasi Stockbit

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi RTI Business yang mampu menjadi pendamping bagi pemain pemula untuk melakukan trading saham. Stockbit ini pun juga merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk belajar trading saham secara gratis, dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa melihat demo trading saham dengan pergerakan data bursa saham yang menjanjikan. Hal ini akan menambah pengalaman Anda belajar mengenai trading saham.

Aplikasi belajar saham Stockbit ini pun menyediakan layanan bagi penggunanya untuk melakukan trading maupun investasi secara nyata yang mana dibangun dengan perusahaan sekuritas. Nah, apabila nasabah yang melihat demo pada aplikasi ini dan kemudian tertarik. Maka bisa langsung Belajar Trading Saham mendaftarkan dirinya untuk menjadi nasabah dari Sinarmas Sekuritas.

baca juga :  Cara Mengatur Keuangan yang Efektif

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur unggul yang memungkinkan para pemakai nya untuk melakukan diskusi dengan para investor ataupun trader lainnya terkait dengan informasi terbaru dari pasar saham yang tersebar. Di sini Anda pun bisa melakukan pesan pribadi dengan para investor yang sudah berpengalaman untuk belajar analisa saham dengan lebih intensif pada pakarnya.

Pada aplikasi ini pun juga menyediakan data-data laporan keuangan perusahan dan juga jadwal aksi dari pihak perusahaan dalam waktu yang nyata. Sehingga bisa digunakan sebagai patokan dalam membuat analisis saham. Tidak jauh berbeda dengan Belajar Trading Saham aplikasi software belajar saham lainnya.

Dalam bermain saham tentunya terdapat resiko yang akan dihadapi oleh para trader ataupun investor. Hal ini tidak jarang terjadi ketika terdapat Capital Loss, yaitu selisih negatif antara nilai jual saham dan nilai beli. Secara garis besarnya, emiten mengalami kebangkrutan.  Oleh karena itu, dalam memainkan saham pun tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus dihindarkan selama bermain saham agar tidak mengalami kerugian.

Apalagi bagi pemain pemula, beberapa cara di atas bisa digunakan untuk belajar trading saham bagi pemula yang cukup efektif untuk diaplikasikan. Tidak ribet namun akan memberikan hasil yang memuaskan apabila dilakukan dengan telaten dan juga sabar. Dalam dunia bisnis hal yang bisa membawa kesuksesan  memang berada pada kesabaran dan juga tingkat kemauan dalam Belajar Trading Saham dan bangun dari kekalahan. 

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.