cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Mengenal Apa itu Lead Magnet untuk Menarik Calon Pelanggan

12 September 2021
Mengenal Apa itu Lead Magnet untuk Menarik Calon Pelanggan
Habib Hidayat
verified

Peluang Pasar Sempit? Atasi dengan Lead Magnet – Terjun ke dunia bisnis saat ini memang banyak dilakukan sebagian orang dengan harapan bisa sukses pada bisnis yang sedang digeluti. Cabang bisnis yang paling banyak dipilih oleh masyarakat adalah bisnis jual beli. Entah itu jual beli pakaian, makanan, kerajinan hingga menjual kembali barang dari produsen.

Bagi orang yang masih baru di dunia bisnis dan mungkin salah satunya adalah Anda, ketika pertama kali membuka usaha pasti langsung memikirkan hal apa yang Anda suka kemudian menjualnya. Apabila hal itu benar maka sebenarnya Anda belum terlalu siap untuk berbisnis. Karena alih-alih mencari hal yang memiliki peluang terjual yang banyak Anda langsung memilih barang yang ingin Anda jual lalu berharap barang itu akan laku keras.

Mengenal Apa itu Lead Magnet untuk Menarik Calon Pelanggan - Habib Hidayat
Mengenal Apa itu Lead Magnet untuk Menarik Calon Pelanggan

Memang ada beberapa kasus permulaan bisnis yang seperti itu bisa berhasil dan membawa pemiliknya pada perolehan profit yang besar. Namun sayangnya kebanyakan malah membawa kegagalan atau kerugian dan alasannya sudah pasti karena ketidaksesuaian barang yang dijual dengan keinginan pasar. Untuk sekarang ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah dengan menerapkan lead magnet.

Dulu pasar seorang pedagang atau pelaku bisnis jual beli hanya sebatas di sekitar tempat tinggal atau paling jauhnya adalah kota tetangga. Tetapi dengan kemajuan teknologi hingga sekarang ini menjadikan dunia seolah tanpa batas sehingga pasar Anda pun juga tidak akan terbatas di sekitar tempat tinggal Anda saja. Memanfaatkan teknologi dengan baik dapat membantu Anda untuk meningkatkan profit penjualan Anda.

Apabila Anda merasa bahwa Anda adalah salah satu pebisnis yang salah dalam memilih barang atau jasa yang dijual maka seperti yang disebutkan Anda bisa menerapkan cara yang disebutkan diatas. Istilah itu mungkin saja masing asing di telinga para pebisnis pemula atau bahkan tidak menyangka bahwa hal ini ada di dunia bisnis. Nah, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini dan kemudian menerapkannya di bisnis yang sedang Anda jalankan.

Pengertian: Apa itu Lead Magnet ?

Pengertian: Apa itu Lead Magnet ?
Pengertian: Apa itu Lead Magnet ?

Ketakutan yang disebabkan oleh tidak diminatinya produk dalam bisnis di masyarakat memang hal yang selalu menghantui para pebisnis baru. Karena apabila produk sudah sepi peminat itu sama artinya dengan sepi pembeli dan jika sepi pembeli maka tidak akan ada pemasukan atau penjualan. Nah, tentunya hal ini cukup membuat para pebisnis pemula seperti Anda pusing tujuh keliling.

Pengertian Lead Magnet adalah suatu strategi yang digunakan untuk menarik perhatian calon pelanggan. Biasanya mempunyai ciri khas tertentu sehingga sangat berbeda dengan produk atau jasa yang ditawarkan kompetitor dan bersifat menguntungkan bagi customer.

Di satu sisi Anda ingin mengganti produk yang sedang dijual sehingga bisa mendatangkan pembeli. Namun di sisi lain Anda ingin produk yang Anda jual tetap laku di pasaran. Untuk hal yang kedua maka yang perlu Anda lakukan adalah membuat pasar Anda sendiri. Maksudnya disini Anda menjual produk Anda kepada orang-orang yang memang punya ketertarikan terhadap produk yang Anda jual. Nah, inilah yang dinamakan lead magnet.

Meski begitu makna sebenarnya dari istilah tersebut adalah suatu cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan sebanyak mungkin pengikut dari produk Anda melalui sebuah pertukaran benefit dan kontak. Melalui proses ini Anda akan mendapatkan kontak dari calon pembeli yang biasanya berupa surel dan calon pembeli akan mendapatkan benefit dari Anda. Cara ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online

.

Bagi para pelaku bisnis offline cara ini masih belum bisa digunakan karena pada dasarnya layanan yang diberikan oleh lead magnet berbasis teknologi. Sehingga minimal Anda harus mempunyai toko online di media sosial atau website resmi produk Anda sebagai perantara calon pembeli Anda dengan layanan yang akan diberikan.

baca juga :  Apa itu Sales Funnel, Contoh, dan Cara Membuat

Memiliki pengikut yang tertarik pada hal yang sejenis dengan produk Anda dapat meningkatkan peluang terjualnya produk daripada memasarkan produk secara asal atau memaksakan menjual produk di pasar yang tidak tepat.

Beberapa Tipe Lead Magnet

Panduan

Menawarkan produk baru memang gampang-gampang susah mengingat sekarang mulai muncul banyak sekali produk yang bermacam-macam dan memiliki fungsi yang sama hanya beda merk saja. Namun, tidak banyak dari mereka yang mengiklankan cara untuk menggunakan produk. Padahal memberikan panduan tentang suatu produk dapat meningkatkan keyakinan seseorang akan suatu produk.

Handout

Bagi Anda pemilik produk baru dan benar-benar unik maka tentu saja perlu mengenalkan dengan baik seperti apa produk yang Anda miliki kepada para calon pembeli. Ini adalah jenis lead magnet yang paling cocok untuk tujuan tersebut karena sifatnya yang dapat memberikan informasi kepada para calon pembeli secara taktis dan ringkas.

Model pengenalan produk yang tidak muluk dan cenderung to the point dapat meningkatkan kemungkinan dibacanya handout yang Anda kirimkan kepada calon pembeli. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa ilustrasi yang menarik agar calon pembeli semakin terbuai ketika membaca handout produk Anda.

Video

Informasi yang dikemas menjadi bentuk video saat ini banyak sekali diminati oleh kalangan muda dan tentunya dari kalangan tua juga. Melihat peluang seperti ini Anda bisa memanfaatkannya dengan mengubah informasi yang bisa digunakan oleh calon pembeli menjadi video singkat yang tentunya menarik pembeli. Kemudian video akan dikirimkan ke pengikut yang didapatkan melalui lead magnet. Baca juga Strategi Video Marketing Untuk Pemasaran Produk Anda.

Memang jika demikian maka apa yang disampaikan tidak bisa disampaikan dengan lengkap melainkan sepotong-sepotong. Meski begitu edukasi tentang produk bisa sampai di telinga masyarakat.

Percobaan Gratis (Free Trial)

Ini juga salah satu lead magnet yang cocok untuk produk baru. Penawaran yang satu ini memberikan semacam akses premium selama beberapa hari atau saat pada produk yang sedang ditawarkan kepada pembeli.

PDF Artikel

Apabila Anda memiliki beberapa artikel serumpun atau artikel dengan pembahasan yang berkelanjutan bisa dikumpulkan  dan dijadikan satu file PDF. Setelah Anda menyiapkan file PDFnya jangan lupa untuk memunculkan iklannya di website produk Anda atau toko online yang Anda kelola. Beri tahu juga judul artikelnya ada apa saja dalam satu file PDF itu untuk memberikan semacam preview kepada calon pembaca.

Kupon Diskon

Bagi para pebisnis yang menjual barang atau jasa mungkin ini adalah salah satu lead magnet yang akan disukai oleh calon pembeli Anda. Karena orang akan menganggap dengan adanya kupon diskon mereka bisa mendapatkan produk Anda dengan harga yang lebih murah dari normal.

Rekomendasi Produk

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk seseorang pasti akan mencari review produk tersebut di internet. Apabila bagus maka mereka akan membelinya dan jika tidak mereka juga tidak akan membelinya. Tetapi apabila Anda adalah seorang penjual jasa maka Anda juga bisa menuliskan semacam alat-alat yang biasa digunakan dalam pembuatan jasa atau alat lain yang biasa Anda gunakan untuk melakukan sesuatu.

Menjadi Anggota Komunitas

Bagi para penggemar produk unik yang jarang di pasaran maka keberadaan komunitas yang membahas tentang hal ini pasti akan menjadi lead magnet yang bagus. Menariknya selain bisa Anda gunakan untuk mendapatkan surel, komunitas ini bisa menjadi tempat dimana Anda bisa menjajakan produk Anda tanpa takut bersaing dengan produk lain. Jadi Anda harus mengolah komunitas tersebut agar bisa memiliki nilai jual karena isinya berkualitas.

baca juga :  Sekilas Tentang Jasa Digital Marketing

Penerapan Lead Magnet dalam Menarik Calon Pelanggan

Apabila Anda sudah memahami dengan baik satu per satu tipe yang disebutkan diatas dan tahu apa saja perbedaan dari satu sama lain maka sudah saatnya Anda memilih. Untuk memilih tipe yang bisa Anda gunakan pun ada beberapa cara yang perlu diperhatikan.

Memilih Buyer Persona

Apabila diartikan buyer persona lebih pada orang seperti apa yang akan membeli produk dari Anda. Nah, disini Anda harus bisa menilai dengan baik mana konsumen yang menjadi target lead magnet Anda. Dan untuk ini Anda hanya perlu memilih satu saja buyer persona yang akan Anda keinginan dan kebutuhannya dengan baik. Baca artikel lainnya tentang mengenal Pengertian Target Pasar, Salah Satu Faktor Penting Penentu Keberhasilan Sebuah Bisnis

Memberikan Value Proposition

Setelah Anda tahu kepada siapa produk akan dijual maka langkah selanjutnya adalah membuat orang-orang tersebut memilih produk Anda dibanding produk lainnya yang serupa. Untuk yang satu ini Anda harus benar-benar mencari tahu, bukan dikira-kira menurut pandangan Anda.

Memberikan Nama

Nama selain untuk memberikan kesan unik juga dimanfaatkan untuk menarik peminat. Jadi buat nama yang menggambarkan produk dengan baik. Sehingga dalam sekali lihat para calon pembeli dapat langsung mengetahui apa yang sedang Anda tawarkan kepada mereka.

Strategi Menyampaikan Lead Magnet kepada Prospek

Setelah mendapatkan pengikut yang tertarik dengan penawaran Anda tentunya segala macam bentuk atau tipe yang diterapkan harus segera diberikan kepada pengikut Anda. Karena jika tidak kepercayaan pengikut Anda malah akan menurun dan yang terburuknya mereka kan kabur. Maka dari itu segeralah mengirimkan penawaran yang diberikan melalui e-mail yang sudah mereka tinggalkan di website Anda.

Nah, disinilah masalah Anda mulai akan muncul. Apabila pengikut yang Anda dapatkan masih sedikit mungkin mudah-mudah saja mengirimkan email kepada mereka. Dan proses yang dilakukan pun relatif cepat. Namun bagaimana jadinya jika pengikut yang Anda dapatkan sudah mencapai ratusan? Bagaimana Anda mengirimkan email ke ratusan orang sekaligus tanpa memakan banyak waktu? Anda bisa menyerahkan tugas ini ke lead magnet.

Karena tentunya kegiatan Anda bukan hanya sebatas mengirimkan email ke pengikut saja melainkan banyak kegiatan bisnis lain yang perlu dilakukan. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa memanfaatkan layanan auto email. Nah, sekarang pasti Anda bertanya-tanya apa itu auto e-mail. Mudahnya auto e-mail adalah layanan yang menggantikan Anda untuk mengirimkan e-mail ke pengikut-pengikut Anda.

Alur bagaimana terkirimnya email Anda ke pengikut dimulai dengan calon pengikut Anda yang mengisikan e-mail ke form yang sudah Anda sediakan di website. E-mail yang diisikan tersebut kemudian akan dimasukkan ke database auto e-mail. Setelah e-mail masuk ke database maka auto e-mail akan mengirimkan penawaran yang sudah Anda persiapkan sebelumnya dalam bentuk e-mail juga ke alamat yang tersimpan di database.

Manfaat Lead Magnet

Nah, setelah mengikuti ulasannya sampai disini mungkin Anda masih ragu untuk menerapkannya di website atau toko online Anda. Pasti masih ada beberapa pertimbangan yang membuat Anda maju mundur untuk segera mengeksekusi solusi yang bisa Anda dapatkan ketika salah membaca pasar ini.

Perlu Anda camkan bahwa ketika Anda salah membaca peluang pasar dan terlanjur menyetok barang itu dalam jumlah banyak maka hal yang sangat pasti adalah Anda akan kesulitan untuk menjual barang itu di pasar sekitar Anda. Dan tentunya Anda tidak mungkin menunggu sampai pasar di sekitar Anda itu sampai menginginkan barang Anda bukan?

baca juga :  Peran Alat Parafrase dalam Membantu Pemasaran Startup

Maka satu-satunya cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan memperluas jangkauan pasar Anda dan cara yang paling mudah adalah dengan menerapkan lead magnet. Setelah memahami hal ini dengan baik maka petimbangan Anda pasti sudah berat sebelah. Untuk semakin meyakinkan Anda pada cara ini bisa disimak beberapa keuntungan yang diperoleh ketika Anda sudah menerapkan caranya.

Jangkauan Pasar yang Meluas

Memang benar dengan mengiklankan produk Anda di sosial media atau menjadi seller di berbagai marketplace itu sudah termasuk melebarkan pasar dagang Anda. Tetapi ketika Anda beriklan di media sosial atau mulai menjual produk Anda di berbagai marketplace yang perlu Anda ketahui adalah tidak semua orang yang menerima atau membaca postingan iklan Anda menginginkan produknya.

Bukan hanya masalah keinginan sebenarnya, bisa-bisa orang yang menerima atau membaca iklan Anda itu benar-benar tidak tertarik dengan produk yang sedang Anda jual. Nah, jika demikian kemungkinan terjualnya sudah pasti akan mendekati 0. Tidak seperti lead magnet yang mana semuanya memiliki ketertarikan terhadap produk Anda.

Sebagai contoh Anda adalah seorang pebisnis yang menjual pakaian muslim dan muslimah. Kemudian Anda mengiklankan produk Anda di media sosial. Ketika produk Anda dilihat oleh orang yang style berpakaiannya tertutup maka masih ada kemungkinan mereka tertarik dengan produknya. Tetapi jika orang yang membaca iklan Anda  adalah seorang olahragawan maka kemungkinan tertariknya akan kecil.

Adanya lead magnet dapat membantu Anda menjual produk kepada orang-orang yang memang benar-benar memiliki ketertarikan pada produk yang Anda jual. Sehingga dengan begitu Anda memiliki sebuah komunitas yang anggotanya tertarik dengan produk Anda. Dengan begitu kemungkinan terjualnya produk Anda akan semakin meningkat.

Promotor Gratis

Anda mungkin tidak akan menyangka dengan keunggulan yang satu ini. Ketika Anda memiliki sebuah komunitas produk maka disana selain mereka tertarik dengan produk Anda pasti ada karakter lain dari orang-orang yang ada di komunitas tersebut. Misalnya saja para pecinta barang antik yang gemar bersepeda.

Sebagai seorang pesepeda orang tersebut pasti memiliki rekan yang juga gemar bersepeda. Dan di keseharian dia bersepeda sangat mungkin baginya untuk membicarakan hobinya terhadap barang antik. Melalui pembicaraan ini secara tidak langsung anggota komunitas barang antik Anda sedang mengiklankan produk Anda dan rekannya ini bisa jadi akan menjadi pengikut Anda melalui lead magnet atas arahan pengikut Anda.

Inilah yang disebut sebagai promotor gratis. Anda tidak perlu membayar mereka untuk memasarkan produk Anda tetapi Anda mendapatkan manfaat dari apa yang mereka lakukan. Nah, apabila demikian yang perlu Anda lakukan hanyalah meningkatkan loyalitas anggota-anggota komunitas Anda yang seperti itu. Hanya tinggal menunggu waktu sampai Anda akan kebanjiran pesanan.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai lead magnet. Bagi Anda yang merasa salah menjual produk atau membaca pasar maka jangan buang waktu lagi dan segeralah terapkan cara yang satu ini.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.