cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Apa itu Direct Marketing? Manfaat dan Contoh

22 March 2021
Apa itu Direct Marketing? Manfaat dan Contoh
Habib Hidayat
verified

Apa itu Direct Marketing? Manfaat dan Contoh – Di dalam dunia bisnis pastinya ada kegiatan marketing atau pemasaran. Salah satu bentuk pemasaran yang masih efektif digunakan untuk meningkatkan konversi penjualan adalah dengan direct marketing atau pemasaran langsung. 

Direct marketing sangat populer dan banyak digunakan karena dengan biaya yang relatif rendah bisa menghasilkan tingkat konversi yang tinggi. Jika anda pernah melihat penawaran flash sale itu adalah salah satu contoh dari direct marketing. Penawaran yang dilakukan bersifat langsung pada intinya tanpa adanya informasi perantara sebelumnya.

Apa itu Direct Marketing? Manfaat dan Contoh
Apa itu Direct Marketing? Manfaat dan Contoh

Di era digital sekarang ini direct marketing berevolusi sangat cepat dengan memanfaatkan kemudahan dan kecepatan internet. Jadi bentuk dan penerapannya sangat inovatif, ini juga tergantung dengan kreativitas anda dalam menyajikan dan mengemas isi dari penawaran anda.

Meskipun, dinilai sangat menguntungkan bentuk strategi marketing dengan direct marketing juga kurang cocok untuk produk-produk yang memang memerlukan penjelasan lebih lanjut terkait produknya. Biasanya produk baru atau produk yang jarang ada di pasaran sehingga orang-orang belum tahu fungsinya hanya dengan melihatnya saja.

Pengertian : Apa itu Direct Marketing?

Terlepas dari sedikit penjelasan apa itu direct marketing di atas, direct marketing memiliki makna dan definisi yang berbeda-beda menurut para ahli. Di bawah ini beberapa penjabaran mengenai pengertian direct marketing:

Definisi Direct Marketing Menurut Suyanto

Direct Marketing adalah sebuah sistem marketing dengan saluran langsung supaya dapat menarik customer sebanyak-banyaknya dan menyalurkan produknya tanpa perantara atau secara langsung.

Pengertian Direct Marketing Menurut Kotler – Gary Armstrong

Direct Marketing adalah Suatu sistem pemasaran yang menggunakan banyak media iklan supaya dapat berinteraksi langsung dengan calon customer. Media yang digunakan biasanya berupa telepon, email, atau bertatap muka secara langsung agar dapat menjamin hubungan dan mendapatkan umpan balik secara langsung.

Pengertian Direct Marketing Menurut Duncan

Direct Marketing adalah suatu sistem marketing yang diterapkan oleh sebuah bisnis untuk menjalin hubungan secara langsung dengan calon customer. Strategi ini dinilai sangat efektif karena bisa mendapat respon dari customer secara langsung serta bisa menjadi sarana untuk berinteraksi dengan customernya.

Secara keseluruhan pengertian Direct marketing adalah Sebuah strategi pemasaran yang yang menggunakan media untuk berkomunikasi secara langsung dan mendapatkan tanggapan atau respon customer secara langsung. Atau dengan kata lain Pemasaran langsung  adalah jenis kampanye periklanan  yang berupaya mencapai tindakan tertentu  dalam kelompok konsumen yang dipilih (SMS, kunjungan toko, atau website) sebagai tanggapan atas tindakan komunikasi yang dilakukan oleh marketer. Komunikasi ini dapat mengambil berbagai format, seperti surat penawaran, telemarketing, point of sale, dll.  Salah satu metode yang paling menarik adalah pemasaran email langsung (Direct Email Marketing).

Sebuah aspek penting dari pemasaran langsung adalah bahwa respon dari konsumen dapat diukur : misalnya, jika Anda menawarkan diskon untuk sebuah toko online, Anda harus memasang cookie atau pixel supaya anda tahu semua aktivitas pengguna di website anda.

baca juga :  7 Strategi Marketing untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)

Apa Manfaat Direct marketing

Apa Manfaat Direct marketing
Apa Manfaat Direct marketing

Setelah anda mengetahui definisi Direct marketing anda perlu mengetahui manfaat dan dampaknya. Berikut ini beberapa manfaat Direct marketing:

  1. Biaya yang relatif Rendah

Strategi Direct marketing oleh sebagian orang dirasa sangat efektif karena tidak memerlukan biaya marketing yang cukup besar untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Selain itu, Direct marketing sangat mudah untuk diterapkan dan dipraktekkan sehingga anda tidak perlu membayar jasa seorang marketer.

  1. Segmentasi dan Penargetan 

Salah satu keuntungan besar dari jenis pemasaran ini adalah Anda dapat menjangkau segmen audiens tertentu dengan pesan yang dipersonalisasi. Jika Anda ingin berhasil, Anda harus menginvestasikan waktu untuk meneliti dan mengidentifikasi konsumen yang paling mungkin bisa mendatangkan konversi dan dengan demikian mengarahkan upaya Anda ke tindakan yang benar-benar berhasil.

  1. Meningkatkan Penjualan

Pemasaran langsung atau Direct Marketing memungkinkan Anda berkomunikasi dengan customer Anda saat ini untuk menjaga hubungan tetap hidup sambil terus memberikan nilai. Ini juga memungkinkan Anda untuk kembali berhubungan dengan customer lama dan menghasilkan peluang penjualan baru.

  1. Meningkatkan Loyalitas customer

Sesuai yang dijelaskan di atas, kontak langsung dengan customer memungkinkan Anda menyesuaikan promosi, email, dan penawaran untuk menciptakan hubungan. Untuk memaksimalkan hasil, Anda dapat menggabungkan metode pemasaran langsung dengan program loyalitas dari bisnis Anda.

  1. Meningkatkan Peluang Bisnis Baru

Pemasaran langsung  memungkinkan Anda untuk beradaptasi dengan permintaan pasar setiap saat dan merespons dengan lebih efektif.

  1. Menganalisis Hasil Secara Langsung

Kampanye tanggapan langsung memberi Anda kesempatan untuk mengukur hasil Anda secara langsung. Manfaatkan kesempatan ini untuk memaksimalkan tes Anda dan membuat keputusan secara real time. 

Jenis-Jenis Direct Marketing

Setelah anda mengetahui manfaat dari direct marketing, anda mungkin mulai tertarik dengan strategi pemasaran langsung ini. Berikut ini beberapa jenis direct marketing yang bisa anda coba:

Surat langsung (Direct Mail)

Surat langsung atau direct mail adalah surat yang dikirim yang bertujuan untuk mengiklankan bisnis Anda serta produk dan layanannya. Ada beberapa jenis direct mail (misalnya katalog, kartu pos, amplop surat). Kampanye surat langsung biasanya dikirim langsung ke semua alamat customer di suatu area atau ke semua customer di daftar pemasaran (list marketing).

Telemarketing

Telekmarketing
Telekmarketing

Telemarketing berperan untuk menghubungi customer potensial melalui telepon untuk menjual produk atau layanan. Ini mampu menghasilkan prospek customer baru dalam volume besar dan juga merupakan alat yang berguna untuk menindaklanjuti kampanye pemasaran langsung (direct marketing). Namun, telemarketing yang sukses melibatkan perencanaan dan penggunaan data customer yang akurat dan diteliti dengan baik untuk mencocokkan profil customer dengan profil produk. 

Email Marketing

Email Marketing atau Pemasaran email adalah cara sederhana, hemat biaya, dan terukur untuk menjangkau customer Anda. Ini dapat mencakup e-buletin, email promosi untuk menghasilkan prospek atau penawaran baru untuk customer yang ada, atau iklan yang dapat muncul di email bisnis lain. 

Pemasaran via teks (SMS)

Perpesanan teks memungkinkan bisnis menjangkau customer individu dan mengirim pesan ke banyak orang dengan biaya rendah. Anda dapat menggunakan pesan layanan pesan singkat (SMS) untuk mengirim notifikasi penjualan kepada customer, tautan ke pembaruan situs web, pengingat janji temu atau pengiriman, atau perpesanan yang dipersonalisasi. Yang perlu anda ingat adalah bahwa untuk tetap menggunakan semua jenis direct marketing apapun dalam batas sewajarnya. Pasalnya apabila terlalu banyak akan dideteksi sebagai spam dan dinilai sebagai pesan sampah.

baca juga :  Digital Marketing VS Tradisional Marketing Mana yang Efektif

Pemasaran Selebaran

Mendistribusikan selebaran atau brosur yang dirancang dengan baik dapat bekerja dengan baik untuk bisnis lokal yang produk atau layanannya menarik bagi khalayak luas. Ini adalah cara yang sederhana, murah, dan efektif untuk menjangkau customer, meskipun ini adalah bentuk pemasaran langsung yang kurang bertarget. Sebagai contohnya anda mungkin sering mendapati seorang SPG yang membagikan selebaran di Mall. 

Pemasaran Media Sosial

Media sosial dapat digunakan secara efektif sebagai alat pemasaran untuk bisnis karena memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan customer Anda dan secara teratur berbagi informasi produk atau layanan yang relevan. Platform media sosial juga memudahkan customer Anda untuk membagikan konten Anda dengan seluruh jaringan mereka, meningkatkan jangkauan Anda secara eksponensial. Pertimbangkan mengembangkan profil untuk bisnis Anda yang memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk dan layanan Anda sambil juga mendorong customer untuk memberikan umpan balik (feedback) dengan meninggalkan komentar. Cari tahu tentang pemasaran media sosial.

Penjualan langsung (Direct Selling)

Penjualan langsung adalah cara efektif untuk menumbuhkan bisnis yang fleksibel dengan biaya rendah. Penjualan langsung melibatkan penjual independen yang menjual produk atau layanan langsung ke customer, seringkali di rumah atau tempat kerja customer. Metode penjualan langsung tradisional mencakup penjualan door to door, event organizer, dan pemasaran jaringan. 

Contoh Direct Marketing

Dari semua penjabaran di atas mungkin anda sudah mulai menyadari bahwa anda juga pernah terpapar oleh direct marketing itu entah di social media, pesan text (SMS), atau via email. Nah berikut ini beberapa contoh direct marketing yang mungkin bisa anda amati, tiru, dan modifikasi untuk bisnis anda.

Contoh Marketing Langsung dengan Email Marketing

Melakukan Direct Marketing dengan Email Marketing adalah salah satu strategi yang masih cukup ampuh. Menurut data ada sekitar 4 milyar lebih pengguna email aktif setiap harinya. Hal ini juga didukung dengan data bahwa sekitar 60% pengguna email menyatakan bahwa dengan email marketing dapat mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli suatu produk.

Apa itu Direct Marketing? Manfaat dan Contoh - Habib Hidayat
contoh direct marketing

Memasarkan produk anda menggunakan email dengan membuat konten email yang menarik dan terlihat profesional. Dan jangan lupa untuk menerapkan scarcity agar penerima email anda merasa akan rugi kalau melewatkan penawaran anda. Dalam kasus ini saya mencontohkan yang dilakukan oleh wordpress. Mereka membuat penawaran berupa potongan harga yang bersifat terbatas.

Contoh Direct Marketing Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing)

Contoh Direct Marketing Social Media
Contoh Direct Marketing Social Media

Untuk bisnis anda yang ingin menargetkan anak muda yaitu generasi milenial jenis direct marketing ini sangat cocok. Apalagi strategi ini sangat populer dan sering dijumpai di banyak sosial media. Bisa dalam bentuk gambar atau video yang menawarkan promo spesial. Selain itu, anda bisa langsung mendapatkan respon dari audiens terkait iklan anda apakah mereka tertarik atau sebaliknya. Dikutip dari Forbes lebih dari 70% pengguna media sosial akan merekomendasikan sebuah produk yang bagus ke temannya. Hal tersebut didukung dengan adanya fitur share pada media sosial. Dalam kasus ini saya mencontohkan iklan dari Alibaba Cloud.

Contoh Direct Marketing SMS Marketing

Contoh Direct Marketing Sms
Contoh Direct Marketing Sms

Layaknya email marketing, sms marketing biasanya menawarkan promo-promo tertentu hanya saja dalam bentuk teks. Tak perlu dipungkiri bahwa hampir semua masyarakat indonesia sekarang memiliki handphone yang mana didalamnya ada fitur sms ini. Sms marketing juga unggul dalam hal kecepatan penyampaiannya kepada calon customer. Strategi ini akan lebih efektif jika dipadukan dengan strategi marketing lainnya. Sehingga sms marketing ini bisa diibaratkan adalah striker dalam sepak bola, yang tugasnya adalah membuat goal. Disini saya mencontohkan sms marketing dari burger king. Selain itu, layanan serupa juga menerapkan sms marketing seperti KFC, McDonald, Starbuck, dll. 

baca juga :  Strategi Marketing Mudah dan Tepat untuk Usaha Anda

Contoh Direct Marketing dengan Telemarketing

Pernahkah anda ditelpon oleh suatu layanan yang menawarkan produk atau jasa tertentu? Yap, telemarketing kurang lebih seperti itu. Telemarketing menggunakan sambungan telepon sebagai media untuk terhubung dengan calon customer. Dengan strategi telemarketing ini anda secara langsung bisa mengetahui respon langsung yang diungkapkan oleh calon customer. Selain itu, anda juga bisa secara langsung melalui suara mempengaruhi calon customer dalam mengubah keputusan untuk beli produk anda. Contoh dari penerapan strategi direct marketing ini adalah bank, provider, pinjaman, dll. Mereka biasanya menawarkan upgrade layanan ke paket atau layanan tertentu.

Direct Marketing dengan Brosur, Selebaran, katalog, dll

Nyatanya strategi ini masih banyak digunakan oleh bisnis tertentu. Dengan memberikan informasi singkat melalui brosur atau selebaran. Anda bisa memasarkan produk-produk anda secara langsung dengan calon customer anda. Biasanya digunakan oleh bisnis lokal yang mana akan mengarahkan anda untuk datang langsung ke showroom atau tokonya. Yang biasa menggunakan strategi ini adalah agen properti, konsultan, supermarket dengan banyak produk, produk furniture, perlengkapan dapur, dan masih banyak lagi.

Contoh Direct Marketing dengan Direct Selling

Strategi ini juga masih sering kita jumpai. Dengan strategi ini anda bisa dibilang strategi menjemput bola. Anda secara langsung menjual produk anda ke masyarakat. Selain itu, dengan strategi ini anda bisa langsung tahu respon dan ekspresi dari calon customer kita. Dan tentunya kita bisa lebih mudah merayu mereka untuk jadi beli produknya. Contoh kecilnya adalah SPG rokok di pusat perbelanjaan, atau penjual es krim, penjual sari roti, dll. Nyatanya masih banyak yang membeli produk-produk tersebut. Bagi konsumen mereka tidak perlu keluar rumah atau mengeluarkan uang mereka untuk membayar biaya ongkir ojek online.

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.