cropped-habibftcn-1.png
Logo Habibhidayat.com

Adakah Cara Menghitung PPh 21 Cepat dan Praktis?

10 June 2021
Cara Menghitung PPh 21
Habib Hidayat
verified

Adakah Cara Menghitung PPh 21 Cepat dan Praktis? – Para HRD sudah tidak asing lagi dengan istilah PPh 21 atau pajak penghasilan di dalam manajemen penggajian. Dapat dikatakan jika pajak penghasilan merupakan salah satu komponen dari gaji karyawan. Akan tetapi, perhitungan dan penetapan tarif PPh 21 sering kali mengalami kekeliruan. Biasanya disebabkan karena banyaknya jumlah karyawan dan mekanisme dalam penetapan tarif pajak penghasilan tersebut.

Sementara itu, tugas HRD sendiri cukup banyak khususnya dalam pengelolaan sumber daya manusia dan rekrutmen, mengingat kebutuhan perusahaan akan sumber daya yang andal kian hari makin meningkat. Jika sudah begini, HRD pun harus mencari cara agar tugas administrasi seperti perhitungan PPh 21 tidak lagi mengalami kendala dan memakan waktu lama.

Lantas. Adakah cara cepat untuk menghitung pajak penghasilan? Kita akan menggali hal ini lebih dalam!

Sekilas Mengenai PPh 21

PPH 12
PPH 12

PPh 21 atau pajak penghasilan adalah sebuah pajak yang dikenakan untuk gaji karyawan sebagai penerima upah. Setiap bulannya, HRD akan memotong pajak penghasilan dari karyawan. Akan tetapi, nominal pemotongan tidak sama untuk tiap karyawan. Semua dipengaruhi oleh Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) yang dipengaruhi oleh status dan kondisi si karyawan.

Pemotongan pajang akan disetorkan kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) oleh HRD. Sehingga karyawan tidak perlu menyetorkan pajak penghasilan secara mandiri. Nantinya pajak itu akan digunakan untuk kontribusi pembangunan negara.

Kendala Menghitung PPh 21

Adakah Cara Menghitung PPh 21 Cepat dan Praktis? - Habib Hidayat
Kendala Menghitung PPh 21

Menghitung PPh 21 merupakan bagian dari manajemen penggajian. Namun, bukan berarti perhitungan pajak penghasilan selalu mulus. Berikut ini adalah beberapa kendala dalam menghitung PPh 21:

  1. Salah menetapkan PTKP
  2. Informasi karyawan tertukar
  3. Salah hitung pajak
  4. Salah entry data

Kendala atau kekeliruan seperti di atas akan berimbas kepada penggajian karyawan. Akibatnya, gaji yang terima karyawan bisa tidak sesuai, lebih besar atau lebih kecil. Tentu saja ini akan berpengaruh besar kepada penilaian karyawan kepada perusahaan dalam konteks pengelolaan karyawan.

Solusi Cepat Hitung PPh 21 Anti Ribet

Adakah Cara Menghitung PPh 21 Cepat dan Praktis? - Habib Hidayat
Cara Menghitung PPh 21 Cepat dan Praktis

Perhitungan PPh 21 akan berpengaruh besar terhadap penggajian. Maka, sudah saatnya bagi HRD untuk menghitung pajak penghasilan dengan cara yang lebih praktis daripada mengandalkan cara konvensional.

Perusahaan dapat mulai mengimplementasikan Aplikasi Payroll agar perhitungan pajak penghasilan dapat diotomatisasi. Tidak hanya itu, sistem juga akan memproses gaji karyawan secara otomatis pula.

Perhitungan dilakukan berdasarkan data dan informasi karyawan yang sudah tersimpan sebelumnya. Dengan begitu perhitungan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat serta meminimalisir kesalahan hitung pajak. Contohnya adalah Aplikasi Payroll dari LinovHR yang diminati banyak perusahaan. Aplikasi dari LinovHR ini punya tampilan dan fitur yang mudah dipahami.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa solusi untuk menghitung PPh 21 atau pajak penghasilan dengan cepat dan praktis adalah menggunakan Aplikasi Payroll. HRD pun punya waktu lebih banyak untuk melakukan tugas lain ketimbang berkutat dengan tugas administrasi. Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu!

bagikan artikel ini jika bermanfaat:

Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Kembangkan Bisnis di Era Digital

layanan digital yang fleksibel sesuai kebutuhan anda

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habib Hidayat

Habib Hidayat

Praktisi digital marketing serta penulis, tidak ada yang benar-benar ahli yang ada adalah kemauan untuk terus belajar seiring perkembangan jaman

Featured Post

Tertarik untuk kerjasama?

content placement, backlink, penulisan artikel, pembuatan website, digital marketing, dll.