9 CARA PROMOSI PRODUK DENGAN DIGITAL MARKETING
9 CARA PROMOSI PRODUK DENGAN DIGITAL MARKETING

9 Cara Promosi Produk dengan Digital Marketing – Semakin hari teknologi semakin canggih. Dalam mengembangkan bisnis pun dibutuhkan teknologi. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis dengan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usahanya adalah dengan cara digital marketing.

Digital marketing merupakan salah satu cara atau teknik untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah brand, perusahaan, atau produk dengan memanfaatkan media digital. Tujuannya tentu agar perusahaan lebih cepat berkembang, jangkauan pasar lebih luas, dan tentunya omset dan keuntungan juga lebih besar. Sebab, digital marketing dapat menarik konsumen lebih mudah dan cepat. Pahami juga tentang Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Digital marketing sangat tepat Anda gunakan jika target pasar Anda merupakan pengguna internet dan media sosial. Sebab, digital marketing memiliki jangkauan yang lebih luas, heterogen, dan bisa tersebar lebih cepat, serta memudahkan perusahaan untuk melakukan evaluasi.

Dalam digital marketing sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan brand atau produk. Cara-cara ini bisa membuat usaha Anda lebih dikenal dan dijangkau oleh masyarakat luas. Dengan begitu, tentu penjualan dan  keuntungan yang akan Anda dapatkan akan lebih besar lagi.

Cara promosi produk dengan digital marketing 

Search Engine Marketing (SEM)

Dengan metode ini, Anda bisa menempatkan website bisnis atau usaha Anda pada halaman pertama mesin pencarian sekelas google. Selain iti, google juga akan lebih mudah menemukan website Anda. Terdapat dua kategori pada metode Search Engine Marketing (SEM) ini, yaitu organik dan non-organik.

Pada kategori organik, biasa disebut dengan Search Engine Optimization (SEO). Cara ini tidak memerlukan biaya yang besar, bahkan Anda juga bisa melakukannya sendiri secara gratis. Sayangnya, Anda perlu melakukan analisa yang baik dan menulis konten artikel dengan kreatif sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Untuk kategori non-organik atau Search Engine Marketing (SEM), Anda bisa membuat website Anda berada di posisi teratas pencarian google, tetapi, bayaran untuk metode ini cukup mahal.

Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click (PPC) adalah salah satu cara digital marketing yang menggunakan metode memasang iklan di platform. Dengan cara ini, advertiser atau pengiklan hanya akan membayar biaya pemasangan iklan jika ada pengguna internet yang meng-klik iklan tersebut. Beberapa contoh dari PPC yaitu Fb Ads, AdWords dari Google, dan lain sebagainya.

Selain PPC, cara promosi produk dengan digital marketing adalah dengan menggunakan metode PPM, yaitu untuk setiap iklan yang muncul, advertiser atau pengiklan akan membayar biayanya. Umumnya, akan dibayar untuk setiap seribu kali kemunculan iklan.

Content Marketing

Cara yang satu ini lebih memfokuskan pada pembuatan konten dan pendistribusiannya. Untuk bisa menarik dan mempertahankan pelanggan atau audiens, maka disarankan untuk membuat konten yang sifatnya berkaitan dan konsisten.

Misalnya, Anda bisa mengirimkan pesan elektronik kepada pelanggan dan mempostingnya di website. Isi pesan atau konten tersebut dimaksudkan agar dapat meningkatkan ketertarikan pasar.

Social Media Marketing

Saat ini, untuk menjalin komunikasi, saling berbagi informasi, serta berbagai keperluan lainnya, masyarakat menggunakan media sosial untuk melakukan itu semua. Bahkan, para pelaku usaha juga memanfaatkan hal tersebut untuk mempromosikan brand atau produknya.

Ada banyak platform media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan brand atau produk sebuah perusahaan, seperti Facebook, Youtube, LinkedIn, Instagram, Twitter, serta beberapa media sosial lainnya. Dengan banyaknya hal tersebut, akan membuat penyebaran informasi lebih meluas dan cepat. Selain itu, penggunaan media sosial tidak memerlukan biaya yang besar, bahkan sebagian bisa dilakukan secara gratis.

Audio Visual Atau Video Marketing

Cara promosi produk dengan digital marketing yang selanjutnya adalah menggunakan audio visual atau video marketing. Audio Visual adalah media kreatif yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa yang menimbulkan efek nyata dengan menggunakan animasi 2D atau 3D. Metode ini merupakan salah satu cara efektif untuk memberikan informasi mengenai produk, jasa, atau brand perusahaan Anda.

Audio visual visa dimanfaatkan sebagai Video Company Profile untuk mendeskripsikan usaha Anda, cara kerja dan pengaplikasian produk, testimoni pelanggan, serta menampilkan review usaha Anda.

Email Marketing

Sesuai namanya, cara ini menggunakan email untuk menginformasikan brand atau produk dari bisnis Anda. Setelah Anda membangun daftar subscribers dari website, maka langkah selanjutnya adalah dengan cara email marketing. Cara ini dilakukan dengan tujuan menjaga calon pelanggan agar tertarik dan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Anda bisa menginformasikan mengenai promo terbaru, atau program yang sedang berlangsung, serta memperkenalkan brand atau produk Anda melalui email marketing. Dengan begitu, mereka akan merasa seperti menjadi bagian dari brand yang Anda tawarkan dan menjadi pelanggan yang loyal.

Promosi Media Cetak

Cara promosi produk dengan digital marketing selanjutnya yaitu dengan menggunakan media cetak.

Metode yang satu ini bisa Ansa gunakan untuk menyesuaikan target market tertentu. Hal tersebut dikarenakan tak semua orang bisa menggunakan media sosial atau internet. Maka, promosi media cetak juga merupakan salah satu cara penting untuk kelangsungan usaha Anda. Buat promosi media cetak yang dikombinasikan dengan teknologi agar lebih menarik pelanggan.

Misalnya dengan membuat kartu nama, meski apa pun usaha yang Ansa miliki. Dengan adanya kartu nama ini, pelanggan akan lebih mudah menghubungi Anda sewaktu-waktu jika mereka membutuhkan informasi mengenai produk dalam bisnis Anda.

Kerjasama dengan Blogger

Selain 7 metode di atas, Anda bisa juga melakukan kerjasama dengan seorang atau beberapa blogger. Pilih blogger yang berhubungan dengan usaha Anda, lalu jalin kerjasama untuk melakukan review terhadap produk Anda. Nantinya, mereka akan memposting hasil review di blognya.

Anda bisa menggunakan jasa mereka untuk mereview produk atau brand usaha Anda, dan bisa juga mengundang para blogger untuk mengikuti program refferal atau give away yang Anda adakan untuk menarik minat pelanggan. Di dalam dunia digital marketing, blogger merupakan influencer yang sangat berpengaruh.

Kerja Sama dengan Influencer di Media Sosial

Cara promosi produk dengan digital marketing selanjutnya adalah dengan cara melakukan kerjasama dengan para influencer di berbagai media sosial. Anda bisa memulai dengan membangun hubungan baik dengan para influencer di media social, baik itu YouTuber maupun Selebgram. Dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan citra baik di hadapan para follower mereka akan meningkat.

Apabila dibutuhkan, Anda bisa menjadikan mereka sebagai brand ambassador dari berbagai produk yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Anda bisa memberikan mereka akses eksklusif terhadap produk atau brand usaha Anda dan mempromosikannya di media yang mereka gunakan.

Demikianlah cara promosi produk dengan digital marketing yang harus Anda ketahui. Agar usaha atau bisnis Anda lebih cepat berkembang dan maju, perbanyaklah melakukan riset dan mempelajari materi dari digital marketing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here