8 Elemen Dasar dalam Digital Marketing
8 Elemen Dasar dalam Digital Marketing

Di era sekarang yang serba digital ini, kita tidak bisa terlepas dengan adanya iklan dengan format digital. Kita sering menemui iklan berbentuk gambar maupun video di social media kita. Lebih umum lagi adalah digital marketing. Bagi seorang pebisnis di jaman sekarang sepertinya tidak bisa menghiraukan yang namanya digital marketing. Bahkan bisa dibilang wajib, jika tidak maka sebuah bisnis kurang bisa bersaing di pasaran.

Dengan digital marketing promosi untuk produk atau brand bisa lebih efisien. Tidak menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya serta lebih tertarget pasarnya. Banyak kita temui sebuah brand baru cepat naik daun hanya karena digital marketing.

Digital marketing sendiri tidak hanya mencakup iklan berbasis digital. Namun juga segala usaha dalam dunia digital untuk menjangkau banyak orang yang lebih luas. Salah satunya adalah SEO (Search Engine Optimization), optimasi mesin pencarin ini digunakan pada bisnis online yang sudah memiliki website sendiri, selain untuk tujuan meningkatkan trust dan brandung. Contoh lainnya dari digital marketing adalah email marketing, iklan televisi, mobile marketing, social media marketing, dll.

Menggunakan digital marketing bisa dibilang susah susah gampang. Selain banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan promosi secara konvensional. Dengan banyaknya keunggulan dari digital marketing kita juga perlu memperhatikan hal-hal apa saja yang sangat krusial dan perlu dipahami. Berikut ini elemen dasar penting yang harus diperhatikan dalam digital marketing.

1. Content Marketing

Content Marketing adalah teknik pemasaran dengan membuat konten semenarik mungkin agar audiens yang ditarget tertarik hingga jadi customer. Adapun tahap agar audiens menjadi customer adalah melalui konten dengan tujuan Awareness, Engagement, dan Conversion. Tujuan dari Content Marketing sendiri adalah menarik audiens supaya tahu dengan brand atau bisnis kamu. Lalu mendorong audiens tersebut untuk menjadi customer kita. Baca juga Bingung Mau Buka Usaha? Berikut ini Peluang Bisnis di Era Industri 4.0

2. Customer Value Journey

Customer Value Journey adalah perjalanan interaksi customer dengan brand atau produk/jasa hingga menemukan nilai yang dibawa oleh brand atau produk itu sendiri. Customer memiliki kesadaran sendiri dan menemukan selling point yang ada sehingga customer secara sukarela mau membeli produk/jasa. Bertujuan untuk menambah keyakinan dan kepercayaan terhadap brand atau produk kita.

3. Social Media Marketing

Social Media Marketing bukan hanya konsisten dan rajin upload setiap hari di social media. Akan tetapi, juga berinteraksi dengan audiens kita. Ikut berinteraksi memberikan solusi, menjawab pertanyaan, meyakinkan customer, dll. Kamu hanya perlu menjadi “problem solving” dari masalah yang mereka alami. Menyediakan apa yang sedang mereka cari dan butuhkan.

4. Email Marketing

Taukah kamu bahwa email marketing masih cukup ampuh untuk menarik customer untuk beli atau menggunakan jasa kita kembali. dengan email marketing terbukti email marketing mempunyai ROI (Return of Invesment) yang aling tinggi.

5. Digital Advertising

Digital Advertising adalah iklan yang dipasang di platform digital. Tentunya kamu tidak asing dengan iklan di youtube, instagram, ataupun google. Digital Advertising menjadi salah satu element dasar dalam digital marketing. Bahkan sekarang ini banyak brand-brand baru yang bersaing dalam menggaet target pasar mereka melalui platform digital.

6. Website Analytics

Dengan Website Analytics kamu akan tahu bahwa kategori pasar seperti apa yang membutuhkan produkmu. Apakah konten yang kita buat sudah cukup efektif menarik customer. Serta halaman mana yang menjadi favorit pengunjung web. Kita bisa menganalisis itu semua untuk dijadikan data dan kesimpulan untuk membuat rencara pemasaran yang selanjutnya.

7. Search Marketing

Elemen ini adalah salah satu teknik digital marketing yang gratis untuk mendapatkan pengunjung yang organik. Selain kamu bisa mendapat lebih banyak target pasar yang luas, kamu juga meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap brandmu. Untuk mampu bersaing dalam SEO kamu perlu membuat konten yang benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi target pasarmu. Mengoptimasi website dengan sebaik mungkin dan mudah diakses

8. Conversion rate optimization

CRO (Conversion rate optimization) adalah usaha yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat konversi. Hal ini sangat penting karena dengan meningkatkan conversion rate berapa persen saja akan berdampak besar terhadap omset dan margin yang didapat. Mengobservasi segala sesuatu yang mempengahuri customer untuk jadi beli atau tidak. Menemukan data secara objektif dan subjektif untuk menunjang usaha dalam mengoptimalakan tingkat konversi.

Seorang Digital marketer wajib mengetahui elemen dasar dalam dunia digital marketing. Mengoptimasi dan mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk menunjang keberhasilan dari digital marketing. Serta jangan lupa untuk terus riset dan mengevaluasi segala usaha yang sudah kita lakukan. Karena marketing itu bersifat fleksibel bergantung pada banyak faktor. Sekian artikel tentang 8 Elemen Dasar dalam Digital Marketing ini. Semoga menambah wawasanmu dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here