8 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

0
49
8 Cara Mendapatkan Uang dari Blog
8 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

8 Cara mendapatkan Uang dari Blog – Kalian hobi menulis atau suka mencurahkan ide-ide alam sebuah tulisan? Sekarang ini banyak yang menuangkannya ke dalam bentuk blog. Dan tahukah kalian bahwa dari blog kita bisa menghasilkan pulahan hingga ratusan juta rupiah. Namun untuk mendapatkan penghasilan dari blog ratusan juta butuh waktu dan konsisten. Kemampuan yang perlu dimiliki adalah sedikit pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimizer). Selain itu masih banyak kemampuan yang harus dimiliki tergantung platform blog yang digunakan.

Dalam artikel kali ini akan dibahas 8 Cara mendapatkan Uang Jutaan dari Blog. Mendapatkan uang dari blog merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet. Tentunya tidak ada jaminan dalam artikel ini untuk langsung perpenghasilan jutaan. Semua tergantung pada kemauan untuk belajar dan konsistensi kalian. Disini saya cuma memberi wawasan bahwa memalui blog banyak cara untuk menghasilkan uang.

1. Penghasilan dari Iklan

Cara mendapatkan Uang dari blog yang pertama adalah dengan adanya iklan. Banyak para blogger mendapatkan penghasilan dari program iklan. Demi mendapatkan prodgram iklan ini tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat itu pun berbeda setiap program advertiser. Tapi kebanyakan ditentukan oleh banyaknya pengunujung blog kalian.

Banyak program iklan yang sering digunakan para blogger untuk mendapatkan uang, salah satunya adalah google adsense. Selain iklan yang ditampilkan ramah pengunjung

2. Menjual Produk

Ada beberapa blogger memanfaatkan blog untuk menjual produk mereka. Barang yang dijual pun bervariasi mulai dari produk digital, merchandise, dll. Barang yang dijual juga tergantung pada niche atau topik pembahasan di blog. Ada juga yang menjual tool atau software. Apalagi jika pengunjung blognya banyak tentunya sangat merdampak pada penjualan produknya. Tak sedikit pula yang sukses dari menjual produk di blog. Ada juga yang memanfaatkannya untuk menunjang penghasilan dari iklan.

3. Menjual Jasa

Salah satu cara mendapatkan uang dari blog adalah dengan menjual jasa. Selain menjual produk menjual jasa juga berpeluang menghasilkan uang dari blog. Jasa yang dijual bisa beragam seperti jasa membuat website, jasa SEO, jasa digital marketing. Ada juga yang menawarkan seminar, pelatihan, konsultasi, dll.

4. Afiliasi atau referral

Program afiliasi adalah bentuk kerjasama antara 2 pihak untuk mempromosikan produk atau jasa dari salah satu pihak karena pihak lain dirasa mampu mendatangkan pelanngan. Sistemnya biasanya kalian akan mendapat penghasilan ketika ada orang membeli suatu produk/jasa melalui blog kalian. Besar kecilnya sharing berbeda tergantung perjanjian yang telah disepakati. Misal ada penjual rumah nah apabila kita bisa menjualkan rumah melalui blog kita, kita diberi sekian persen dari hasil penjualan rumah tersebut. Baca juga 11 Langkah Ampuh Mendapatkan Uang dari Youtube.

Program ini banyak diminati juga untuk menunjang pendapatan blog selain yang di atas tadi.Jika pengunjung blog kalian sudah banyak kita tidak perlu mengajukan program ini. bisa jadi malah kita yang ditawari oleh sang penjual produk.

5. Menyelenggarakan Event

Jika blog kalian sudah mempunyai komunitas sendiri kalian bisa mengadakan event-event untuk mendapat tambahan uang. Uang yang didapat bisa dari penjualan tiket atau pendaftaran event. Bisa juga dengan mengadakan seminar tertentu sesuai topik blog kalian. Kadang seorang influencer blogger juga mengadakan meet and great sekedar bertemu dengan pembaca setianya.

6. Member Premium

Kalian juga bisa memberlakukan sistem memper premium jika memang konten kalian berkualitas. Jadi ada beberapa konten yang hanya bisa diakses dengan mendaftar sebagai member premium. Cara ini cukup jarang di indonesia namun di luar negeri sudah banyak yang menerapkannya. Karena mereka sangat menghargai karya seseorang.

7. Donasi

Ada juga yang mendapat uang tambahan uang dari donasi. Mereka memberikan uang kepada kita karena merasa isi dari blog kita membantu banyak orang. Mereka memberikan itu sebagai tanda apresiasi. Ada juga karena tujuan blog untuk kemajuan suatu komunias atau kelompok. Oleh karena itu blogger membuka donasi demi kemajuan blog tersebut.

8. Sumber Pendapatan Lain.

Selain semua yang disebutkan di atas masih banyak sumber pendapatan lain. Misal memasang video youtube untuk menunjang pendapatan dari youtubenya. Ada juga yang untuk menunjang pendapat pendapatan lain dengan menyarankan artikel-artikelnya di blog lain. Kebanyakan blogger memang mendapatkan sumber penghasilan tidak dari satu sumber saja.

Itulah tadi 8 Cara mendapatkan Uang Jutaan dari Blog. Seperti yang saya bilang diawal bahwa tidak ada jaminan kalian langsung bisa mendapatkan uang. Semua butuh proses dan usaha, banyak juga yang sudah meluangkan waktu, mengeluarkan uang tapi belum juga mendapat penghasilan yang tetap dari blogger.

Jadi banyak faktor yang mempengaruhi, termasuk fakto keberuntungan. Saya sarankan untuk tidak berfokus pada mendapatkan uang, tapi fokus pada perkembangan blog itu sendiri. Karena banyak yang terlalu fokus pada hasil tapi malah akhirnya merasa lelah karena belum juga mendapatkan hasil yang diinginkan. Semoga bermanfaat dan setidak bisa memberi wawasan baru kepada kalian. Sekian dan terima kasih 🙂

Tinggalkan Komentar