7 Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Berbisnis

0
39
7 CARA MENGHILANGKAN RASA MALAS DAKAM BERBISNIS
7 CARA MENGHILANGKAN RASA MALAS DAKAM BERBISNIS

7 Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Berbisnis – Sebagai manusia wajar jika terkadang ada rasa malas. Akan tetapi, bagaimana bila hal itu terjadi saat kamu menjalankan sebuah bisnis? Tentunya kamu tetap ingin bisnismu berjalan dengan lancar. Rasa malas ini seringkali hadir di saat kamu merasa bosan dengan rutinitas yang kamu jalani. Nah, di artikel ini akan dibahas 7 Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Berbisnis.

Seringkali seseorang terlalu bersemangat dengan suatu hal apalagi sesuatu yang baru. Saat semangat sedang menggebu-gebu tentunya seseorang akan cenderung melakukan hal yang berlebihan. Hal itu terkadang malah tidak bagus dalam meraih suatu tujuan dalam hal ini keberhasilan bisnis. Tak jarang juga yang akhirnya malah gagal di tengah jalan sehingga membuat seorang pebisnis menjadi putus asa.

Padahal hal itu bisa menjadi pembelajaran untuk mengkoreksi diri hal apa yang membuat gagal. Dan pada akhirnya membuat malas atau tidak bersemangat dalam membangun atau memperbaiki bisnisnya. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malas itu?

Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Berbisnis

Membangun Tujuan yang Jelas

Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Berbisnis yang pertama adalah membuat tujuan yang jelas. Masih banyak orang yang melakukan suatu hal namun tidak tau apa yang harus dicapai. Dalam hal berbisnis kamu harus menentukan apa tujuan kamu. Apa visi dan misi yang kamu bangun. Bagi sebagian orang menentukan tujuan bukan hal yang mudah. Sudah tau tujuannya namun sangat sulit bahkan mustahil untuk dicapai. Kamu bisa menggunakan metode SMART dalam menentukan tujuanmu.

  • Spesifik : Tujuan yang akan kamu capai  haruslah jelas dan spesific, kamu bisa membreakdown dan merinci dari hal kecil apa saja yang harus dilakukan secara jelas. Dan spesific dalam menentukan tujuan dari yang dilakukan tadi.
  • Measurable : Tujuan yang dicapai haruslah dapat diukur. Biasanya dengan menggunakan angka sebagai tolak ukur. Sebagai contoh seberapa banyak, seberapa besar, seberapa sering, dll.
  • Achievable : Tujuan yang akan dicapai haruslah dapat dicapai. Jangan pernah membuat tujuan yang sulit dicapai bahkan mustahil untuk diraih.
  • Realistic : Tujuan yang dicapai harus realistis atau masuk akal. Apabila kita mentargetkan sesuatu yang tidak masuk akal maka kita juga akan bingung bagaimana cara mencapainya.
  • Time Bound : Tujuan yang akan kita capai dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Misalkan dalam bulan ini target penjualan adalah 100 juta.

Dengan adanya tujuan seseorang akan mengusahakan segala cara untuk mencapainya. Jadi tentukan tujuanmu sekarang juga, apabila kamu mulai merasa malas ingatlah bahwa ada tujuan yang harus dicapai.

Mulai di Pagi Hari

Mulailah sesuatu di pagi hari, karena di pagi hari secara alami otak kita masih segar untuk memikirkan segala sesuatu. Hal ini bagi saya adalah salah satu hal yang sulit. Jika kita memulai pagi hari sudah dengan suatu hal positif maka akan berpengaruh ke aktivitas selanjutnya.

Kamu bisa mengawali dengan bangun pagi dan jangan menunda sesuatu hingga siang. Jika mengawali hari sudah kurang baik maka aktivitas kita selanjutnya akan terganggu dan seringkali tidak terselesaikan. Ini bisa memunculkan pemikiran waktuku kurang. Padahal kita sendiri yang kurang bisa memulai hari dengan baik.

Jangan Overtime / Bekerja Berlebihan

Bekerjalah sesuai waktu yang ditentukan. Karena sebenarnya kebiasaan bekerja berlebihan malah akan berdampak kurang bagus untuk hari kita selanjutnya. Kita merasa kurang segar di keesokan harinya karena tadi malam kerja lembur. Hal ini juga masih sering saya alami sendiri, alangkah baiknya jika kita bekerja sesuai porsi yang ada.

Selain akan mengganggu hari esok, bekerja berlebihan juga akan berdampak pada kesehatan kita. Apabila kita sakit maka pekerjaan juga semakin menumpuk dan akan membuat siklus yang kurang bagus. Maka dari itu mulai sekarang kita bisa membuat batasan waktu agar kita berhenti bekerja dan mulai istirahat.

Selalu Berenergi Positif

Mempunyai energi yang positif adalah salah satu cara menghilangkan rasa malas. Dengan energi yang positif memicu kamu agar melakukan tindakan atau aktivitas yang positif pula. Memiliki keinginan untuk terus maju setiap harinya dan mencegah kamu untuk bermalas-malasan.

Selain berpikir positif kamu juga perlu memiliki lingkungan yang positif juga. Orang-orang di sekeliling kamu juga akan menambah energi positif untuk kamu, begitu juga sebaliknya.

Optimalkan Waktu Luang

Memanfaatkan waktu luang dengan baik, mengisinya dengan hal-hal yang positif. Kamu bisa menyalurkan hobimu seperti membaca, menulis, menggambar, dll. Dengan melakukan hal yang positif bisa menghindarkan kamu dari rasa malas. Kamu juga lebih produktif dalam memanfaatkan waktu luangmu. Kamujuga akan bersemangat dalam menjalani aktivitas selanjutnya. Baca juga 10 Pekerjaan yang akan Digantikan Robot

Memberlakukan Reward dan Punishment

Saat kamu mulai merasa malas hal ini bisa kamu terapkan agar lebih fokus yaitu dengan reward dan punishment. Kamu akan lebih termotivasi dalam mencapai tujuan dengan adanya reward dan punishment ini. Apabila tugas dan aktivitasmu memenuhi target kamu berhak mendapat reward. Begitu juga sebaliknya, apabila kamu tidak memenuhi target, kamu wajib mendapat hukuman. Kamu bisa menentukan hukuman dan hadiah yang sesuai dengan dirimu. Dengan demikian kamu akan memiliki pemikiran akan mendapat konsekuensinya masing-masing, yaitu bisa berupa hadiah atau hukuman.

Demikian 7 Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Berbisnis. Semakin kamu bisa menghindari rasa malasmu maka kamu berpeluang besar untuk terhindar dari kegagalan. Semua kiat-kiat di atas tidak menjamin 100% dalam mencapai kesuksesan. Akan tetapi, jika itu benar-benar kamu lakukan niscaya akan memberikan manfaat yang positif untuk kamu. Sekian artikel di atas semoga membantu dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih

Tinggalkan Komentar