4 Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan yang Menjanjikan

0
53
4 IDE BISNIS SAMPINGAN UNTUK KARYAWAN YANG MENJANJIKAN
4 IDE BISNIS SAMPINGAN UNTUK KARYAWAN YANG MENJANJIKAN

Bisnis sampingan untuk karyawan merupakan salah satu cara alternatif untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Menjalankan usaha sampingan bagi karyawan saat ini sudah menjadi hal yang umum dan tidak dilarang perusahaan tempat kerja. Tetapi masih banyak karyawan yang ragu-ragu untuk memulai usaha tersebut dengan berbagai alasan, termasuk modal yang minim. Tidak sedikit karyawan beranggapan bahwa menjalankan bisnis harus mempunyai modal yang besar sehingga beberapa dari mereka memutuskan meminjam uang di bank untuk modal usaha.

Pinjaman ini jika tidak dikelola dengan baik dapat berujung menjadi beban usaha.Jadi bukan pemasukan tambahan yang diperoleh tetapi pusing dan stres karena harus membayar bunga dan cicilan pinjaman. Kabar baiknya, Anda dapat menjalankan bisnis sampingan 2019 dengan modal yang relatif kecil. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis tersebut. Baca juga Ide Bisnis Hampir tanpa Modal untuk Usaha Sampingan.

Cuci Motor dan Cuci Mobil

Bisnis sampingan untuk karyawan yang satu ini seolah tidak pernah sepi. Bahkan orang-orang rela antre untuk menunggu giliran. Tenaga, kualitas, dan harga terjangkau yang dikeluarkan pada jasa cuci motor dan mobil membuat para pemilik kendaraan memilih jasa cuci dibandingkan mencucinya sendiri. Selain itu, modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ini juga cukup terjangkau.

Bagi yang masih pemula atau baru mencoba bisnis sampingan untuk karyawan, mulailah dari usaha cuci motor lebih dulu. Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana yaitu kompresor, pompa air,sabun motor, kain lap, dan alat semir ban motor. Barang tersebut dapat diperoleh dengan modal sekitar Rp 2 juta hingga Rp 10 juta. Biasanya pengeluaran digunakan untuk membeli peralatan, sewa tempat, biaya operasional, dan gaji pegawai jika Anda mempekerjakan orang lain.

Jasa Desain Grafis

Bisnis sampingan untuk karyawan ini cocok untuk Anda yang memiliki pekerjaan di perusahan desain grafis. Anda dapat menawarkan jasa desain kepada orang lain di sela-sela pekerjaan utama.

Tawarkan jasa desain tersebut melalui beberapa marketplace. Saat ini jasa desain yang cukup banyak dicari adalah baju, logo, kartu nama, poster, maskot, interior, dan booth. Contoh marketplace yang menyediakan penawaran jual beli jasa desain grafis adalah 99designs.com, projects.co.id, upwork.com, elance.com dan sribu.com.

Menjalankan bisnis sampingan untuk karyawan ini tidak memerlukan modal yang berarti karena hanya memerlukan koneksi internet. Untuk menjaga kualitas layanan, usahakan untuk selalu meningkatkan keterampilan. Produk yang kreatif dan pengiriman tepat waktu menjadi kunci sukses usaha ini.

Agen Umroh dan Haji

Bisnis travel umroh dan haji merupakan bisnis sampingan untuk karyawan yang menggiurkan. Dengan antrean haji yang sangat lama, ini menunjukkan bahwa Anda memiliki peluang untuk menjalankan usaha ini. Jumlah jamaah umroh dapat mencapai 1,6 juta lebih hanya dalam 1 periode umroh. Anda dapat turut mengambil kesempatan untuk menjalankan usaha ini dengan menjadi agen umroh dan haji.

Selain mendapatkan pahala, manfaat yang akan didapat dari bisnis sampingan untuk karyawan ini adalah komisi penjualan dari pemilik biro. Untuk menjalankan usaha ini, Anda tidak memerlukan modal karena tugasnya hanya menawarkan paket umroh dari biro rekanan. Anda dapat menawarkannya melalui kelompok arisan, pengajian, atau door to door.

Pemasaran haji dan umroh tergolong mudah serta minim resiko dan keuntungan yang diberikan juga lumayan. Untuk menjadi agen pemasaran tersebut, Anda dapat menghubungi biro umroh yang memiliki reputasi bagus dan menawarkan diri untuk menjadi agen.

Menjual Foto di Internet

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, Anda dapat menghasilkan uang melalui foto-foto yang dihasilkan. Caranya, tawarkan hasil foto-foto Anda secara online. Di tahap awal usaha bisnis sampingan untuk karyawan ini, Anda dapat mendaftar ke 2 situs penjualan foto seperti ShutterStock.com dan Istockphoto.com.

Komisi yang ditawarkan adalah 15% hingga 30% per foto. Kemudian Anda dapat mencoba situs lainnya seperti StockFresh.comdan Fotolia.com. Agar lebih mudah menerima komisi dari situs-situs tersebut, pastikan Anda memiliki akun Paypal.

Itulah 4 Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan yang Menjanjikan. Semoga menambah inspirasi bagi anda yang sedang berencana membuka usaha sampingan. Tentunya kamu juga harus memikirkannya secara mataang-matang dan mengatur waktu anda dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat terima kasih.

Tinggalkan Komentar