12 Contoh Iklan Facebook yang Efektif

0
51
12 Contoh Iklan Facebook yang Efektif
12 Contoh Iklan Facebook yang Efektif

12 Contoh Iklan Facebook yang Efektif Facebook atau fb merupakan salah satu media sosial yang hingga saat ini masih digunakan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Media sosial ini tidak mengenal usia. Baik yang tua maupun yang muda diantaranya mempunyai akun fb. Media ini bisa dijadikan hiburan bagi penggunannya.

Didalam fb terdapat berbagai macam fitur yang bisa menghibur. Umumnya, setiap orang akan membaca postingan dari temannya yang muncul di beranda. Mereka bisa saling mengomentari atau saling menyukai postingan tersebut. Salah satu bentuk hiburannya ialah saat bisa berkomunikasi dengan teman. Bahkan teman yang sangat jauh pun bisa terhubung disana.

Facebook juga sering dijadikan ajang untuk promosi atau berjualan baik yang berbentuk produk maupun berupa website. Untuk itu, mereka sering memasang iklan facebook untuk menarik calon pembeli. Akan tetapi, beberapa diantaranya belum begitu paham mengenai iklan ini. Mereka sering salah strategi sehingga iklan mereka tak dilirik sama sekali. Baca juga Cara Mendapatkan Uang dari Fanpage Facebook Ad Breaks.

Contoh Iklan Facebook yang Efektif

Hal tersebut tentu saja kurang efektif bagi Anda. Agar bisa lebih efektif Anda bisa menggunakan beberapa contoh iklan fb yang efektif berikut ini.

1. News Feed Pada Desktop

Iklan ini biasanya akan tampil langsung pada News Feed para pengguna fb. Saat membuka fb kebanyakan pengguna merasa kesulitan membedakan iklan atau feed biasa. Iklan ini lebih memiliki keterlibatan dibandingkan dengan iklan pada kolom kanan. Jenis iklan ini hampir sama seperti postingan pada umunya. Sehingga, isinya harus menarik dan unik.

2. Iklan Pada Kolom Kanan

Iklan ini merupakan iklan facebook pertama yang ada dan digunakan. Iklan ini akan muncul pada bagian kanan dalam news feed setiap pengguna fb. Anda dapat mengklik lalu konversi iklan ini dengan harga yang lebih murah. Iklan ini biasanya memiliki visual yang menarik dan relevan dan juga memiliki panggilan untuk bertindak atau CTA.

3. Iklan Lokal

Iklan ini hanya bisa bekerja apabila bisnis tersebut memiliki lokasi yang real. Nantinya para pengguna akan diarahkan untuk mengunjungi lokasi tersebut. Dalam iklan ini Anda bisa mengakak orang yang terdekat dengan lokasi bisnis Anda. Anda bisa memasang iklan jika sedang ada acara atau kegiatan di toko tempat Anda berbisnis tersebut. Dimana iklan tersebut bisa diatur agar bisa dijangkau hingga beberapa Km dari orang yang ada di lokasi tersebut.

4. News Feed di Mobile

Iklan facebook ini akan muncul pada setiap News feed pengguna ponsel atau tablet.  Iklan ini akan menampilkan postingan yang alami seperti postingan pada umumnya yang berasal dari teman fb yang mereka ikuti. Iklan bisa dibuat agar bisa terhubung langsung melalui ponsel atau tablet misalnya dengan menggunakan tautan dari website.

5. Iklan Multi Produk

Iklan ini biasanya akan menampilkan beberapa produk secara langsung dalam satu kali iklan. Para pengguna dapat melihat-lihat atau scroll gambar dari iklan tersebut atau pada link yang tertera untuk setiap produk. Untuk membuat iklan ini Anda bisa menggunakan Facebook Power Editor. Dengan begitu beberapa hal atau produk bisa Anda iklankan bersamaan.

6. Iklan Video

Iklan facebook yang satu ini akan muncul agak sering pada beranda para pengguna fb. Melalui iklan ini, Anda bisa memberikan konten yang lebih menarik dibanding hanya sekedar gambar yang statis. Iklan ini lebih berpotensi memberikan keuntungan bagi para pebisnis. Sebab, isinya tidak akan membuat penggunanya bosan. Namun, Anda harus pandai menggunakan konten yang menarik.

7. Iklan Gambar

Sebuah postingan berupa gambar yang mempromosikan produk bisa dikatakan sebagai iklan gambar. Gambar ini bersifat statis sehingga Anda bisa melihatnya dalam waktu yang lama tanpa berubah atau berpindah ke konten berikutnya seperti video. Ukuran dari gambarnya minimal 1200×628 pixel. Prioritaskan gambar agar sesuai dengan kebutuhan sasaran Anda.

8. Iklan Penawaran

Iklan facebook ini merupakan salah satu bentuk baru. Bisnis yang Anda miliki bisa menawarkan dan mempromosikan diskon dalam produk atau layanan yang bisa ditebus secara langsung di fb. Iklan ini bisa lebih memudahkan para calon pembeli produk. Dengan begitu Anda sebagai pemilik produk juga bisa diuntungkan.

9. Iklan Acara

Iklan ini bertugas untuk mempromosikan sebuah acara tertentu. CTA atau akses panggilan pada iklan ini biasanya akan langsung terhubung pada halaman pembelian tiket berdasarkan tempat acara diselanggarakan. Iklan ini bisa mengajak komunitas atau suatu perkumpulan agar bisa menghadiri acara yang hendak diselenggarakan.

10. Boosted Post

Boosted post merupakan iklan facebook yang pertama kehadirannya ada pada homepage dari Facebook Page berupa sebuah postingan. Setelah itu, postingan tersebut akan didorong dengan uang agar bisa menjadi iklan. Iklan ini bisa mencakup banyak deskripsi dari iklan yang ada pada fb. Hal itu dikarenakan pada iklan ini tidak ada batasan untuk jumlah dari iklan.

11. Iklan Retargeting / Penargetan Ulang

Iklan ini biasanya akan mempromosikan iklan khusus bagi orang tertentu yang sudah terdaftar atau teridentifikasi sebelumnya. Iklan ini biasanya berupa situs yang jika diklik oleh pengguna maka situs tersebut akan mengikuti orang tersebut. Anda bisa mengiklankan melalui pelanggan yang sudah meng-upload daftar alamat email yang dimiliki Facebook Power Editor.

12. Page Post Engagement (PPE)

Iklan facebook ini memiliki fungsi untuk memperoleh like, comment, dan juga share dengan jumlah yang banyak. Iklan ini bisa menjangkau para pengguna baru tanpa menghilangkan pelanggan yang sudah bergabung. Para pelanggan yang sudah ada akan tetap dipertahankan sehingga jumlah pelanggan bisa tetap bertambah.

Kesimpulan dari beberapa iklan yang dicontohkan tadi yaitu iklan yang dipasang pada facebook harus relevan dan juga menarik. Isinya harus bisa mengajak para penggun fb untuk mengunjungi situs atau lokasi dari produk yang diiklankan. Jika isinya terlalu umum, para pengguna akan cenderung mengabaikan iklan facebook tersebut.

Selain itu, iklan pada fb harus bisa mempertahankan pelanggan yang ada walaupun pelanggan baru banyak yang bermunculan. Kuncinya ada pada isi dari konten pengiklanan produk atau sejenisnya. Anda harus bisa konsisten untuk menyajikan iklan yang tidak membosankan baik bagi pelanggan baru maupun pelanggan lama.

Berikutnya, iklan facebook harus mencantumkan CTA atau kontak penghubung yang langsung menghubunhkan pelanggan dengan produk atau lokasinya. Hal ini wajib ada karena jika tidak maka iklan Anda akan sia-sia. Sebab, pelanggan akan kesulitan untuk bertanya atau bahkan saat ingin menjadi pelanggan tetap. Coba lihat artikel ini juga Tips Agar Fanpage Facebook Mendapat Banyak Like.

Pastikan iklan tersebut memiliki proporsi yang tepat agar penyajiannya menarik terutama dari segi visual dan nilai jualnya. Iklan pada facebook ini memang cukup cepat bisa menjangkau pelanggan karena pengguna fb sendiri masih sangat banyak hingga saat ini.

Penggunaan iklan facebook yang efektif bisa memberikan dampak yang positif bagi Anda. Hal ini bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Jika dirasa iklan Anda belum banyak diminati Anda bisa menambah kreativitas atau menggunakan salah satu contoh iklan diatas agar produk Anda lebih diminati.

Tinggalkan Komentar