11 Manfaat Digital Marketing untuk Usaha Kecil Menengah

0
49
11 Manfaat Digital Marketing untuk Usaha Kecil Menengah
11 Manfaat Digital Marketing untuk Usaha Kecil Menengah

11 Manfaat Digital Marketing untuk Usaha Kecil Menengah – Dari tahun ke tahun, persaingan di dunia bisnis semakin ketat, termasuk pada usaha kecil menengah. Agar kelangsungan bisnis tetap berjalan di tengah persaingan yang ketat itu, diperlukan sebuah digital marketing. Hal ini tentunya untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba canggih.

Saat ini, setiap pelaku bisnis pasti berlomba-lomba untuk mengembangkan usahanya lewat teknologi. Teknologi tersebut dimanfaatkan agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor. Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi adalah pemasaran (marketing). Pahami lebih dalam tentang Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan.

Digital marketing kini menjadi salah satu alternatif pemasaran yang paling banyak digunakan, terutama pada usaha menengah ke atas. Namun, pada UKM, masih banyak pelaku usaha yang tidak peduli dengan teknik pemasaran melalui teknologi ini.

Banyaknya UKM yang tidak memasarkan produk atau usahanya dengan digital marketing dikarenakan mereka masih menganggap penerapan digital marketing cukup sulit. Sehingga, tak jarang UKM tidak berkembang pesat dalam dunia usaha.

Selain alasan di atas,  para pelaku UKM juga tidak mengetahui manfaat yang bisa didapatkan untuk usahanya jika memanfaatkan digital marketing. Untuk itu, dalam artikel ini akan diulas manfaat digital marketing untuk usaha kecil menengah.

Manfaat Digital Marketing

Mudah Terhubung dengan Konsumen

Mudah Terhubung dengan Konsumen
Mudah Terhubung dengan Konsumen

Melalui internet, perusahaan bisa menyebarkan informasi dengan lebih cepat. Selain itu, dibandingkan dengan pemasaran lewat brosur, baliho, dan media cetak lainnya, penggunaan digital marketing ini juga bisa perusahaan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Saat ini, masyarakat juga lebih tertarik untuk mencari informasi melalui internet. Hal itu dikarenakan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Kondisi ini tentu akan menguntungkan perusahaan jika menggunakan digital marketing. Perusahaan dan konsumen dapat terhubung dengan lebih mudah.

Peluang Omset Lebih Tinggi

Peluang Omset Lebih Tinggi
Peluang Omset Lebih Tinggi

Jika informasi yang diberikan perusahaan menjangkau banyak orang, tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada omset (penjualan). Pelanggan potensial akan lebih mudah dijangkau oleh perusahaan dengan menggunakan search engine.

Dengan menggunakan digital marketing, perusahaan juga bisa menjangkau konsumen yang membutuhkan produknya di mana saja tanpa haris bertatap muka. Semakin banyak orang yang mengetahui informasi perusahaan dan produk melalui digital marketing, maka semakin besar pula peluang untuk menaikkan omset.

Biaya Pemasaran Lebih Hemat

Manfaat digital marketing untuk bisnis kecil menengah yang berikutnya adalah bisa menghemat biaya pemasaran. Saat ini, biaya pemasaran melalui metode atau cara lain terbilang cukup tinggi. Maka, tak heran jika banyak perusahaan, baik usaha besar maupun UKM lebih memilih memasarkan perusahaan dan oriduknya lewat digital marketing.

Biaya pemasaran lewat digital marketing yang cukup murah dibandingkan metode lain tentu akan sangat menguntungkan bagi UKM. Sebab, hal tersebut bisa menekan biaya pemasaran yang nantinya dapat meningkatkan laba. Perusahaan bisa menghemat biaya pada pos pemasaran di laporan laba ruginya.

Dapat Melayani Konsumen Secara Real-Time

Dapat Melayani Konsumen Secara Real-Time
Dapat Melayani Konsumen Secara Real-Time

Melayani konsumen dan langsung menanggapi pelanggan secara real-time bisa dilakukan dengan lebih mudah jika menggunakan digital marketing. Dengan begitu, besarnya penjualan akan meningkat karena pelayanan prima yang diberikan perusahaan.

Secara umum, bisa diartikan bahwa pelayanan perusahaan kepada konsumen secara real-time ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan penjualan (omset), serta menjaga loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.

Menjangkau Pengguna Mobile

Menjangkau Pengguna Mobile
Menjangkau Pengguna Mobile

Selain beberapa poin di atas, menjangkau para pengguna mobile juga merupakan salah satu manfaat digital marketing untuk usah kecil menengah. Dari tahun ke tahun, pertumbuhan dari jumlah pengguna mobile (smartphone) kian bertambah. Perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar akibat potensi dan diciptakan oleh traffic mobile.

Saat ini, smartphone merupakan kebutuhan yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari sebagian masyarakat. Bahkan, mereka menggunakan smartphone kapan saja. Hal itu menciptakan perilaku mencari informasi dan berbelanja secara online karena dianggap lebih mudah.

Return of Investment (ROI) Menjadi Lebih Tinggi

Return of Investment (ROI) Menjadi Lebih Tinggi
Return of Investment (ROI) Menjadi Lebih Tinggi

Dibandingkan dengan menggunakan pemasaran secara konvensional, pemasaran lewat digital marketing membuat perusahaan lebih mudah memperoleh Return of Investment (ROI) lebih tinggi dan baik. Kondisi tersebut tentunya disebabkan oleh biaya yang lebih renda dan jangkauan pasar yang lebih luas.

Menjaga Posisi pada Persaingan Bisnis

Menjaga Posisi pada Persaingan Bisnis
Menjaga Posisi pada Persaingan Bisnis

Di dalam usaha, baik itu kelas menengah atas maupun kecil menengah, akan selalu ada persaingan atau kompetitor dari berbagai brand. Untuk menjaga brand Anda tetap dikenal masyarakat, tentu harus dilakukan marketing. Mereka yang tetap bertahan dengan brand usahanya, mungkin telah melakukan berbagai usaha pemasaran online, baik itu melalui media sosial, iklan PPC, dan semacamnya.

Oleh karena itu, dengan menggunakan digital marketing, para pelaku usaha kecil menengah di harapkan bisa tetap menjaga brand mereka di pasaran yang semakin ketat persaingan.

Meningkatkan Pendapatan

Meningkatkan Pendapatan
Meningkatkan Pendapatan

Manfaat digital marketing untuk usaha kecil menengah berikutnya adalah meningkatkan pendapatan. Besarnya transaksi online yamg didapat oleh pelaku usaha saat ini tak luput dari kemudahan yang diberikan lewat digital marketing. Semakin besar transaksi tersebut, tentu akan semakin besar pula pendapatan yang akan didapatkan oleh para pelaku usaha.

Dalam hal ini, peran digital marketing sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, sehingga mereka akan lebih percaya dan melakukan pembelian produk di perusahaan tersebut.

Bisa Bersaing dengan Perusahaan Besar

Bisa Bersaing dengan Perusahaan Besar
Bisa Bersaing dengan Perusahaan Besar

Di zaman yang serba teknologi ini, bukan mustahil jika usaha kecil menengah mampu bersaing dengan usaha-usaha kelas menengah ke atas. Dulunya, para pelaku UKM merasa berat jika harus bersaing dengan perusahaan besar. Namun, kini digital marketing ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Tentunya, Anda harus memiliki strategi digital marketing manager yang tepat agar bisa menempel di perusahaan besar.

Mempersiapkan UKM untuk Era Internet of Things

Mempersiapkan UKM untuk Era Internet of Things
Mempersiapkan UKM untuk Era Internet of Things

Manfaat digital marketing untuk bisnis kecil menengah yang kesepuluh adalah mempersiapkan UKM untuk menyambut era Internet of Things.

Lonjakan pengguna ponsel pada tahun 2020 diprediksi akan ada 26 miliar gadget, mulai dari kacamata, sepatu, jam tangan, smartphone, tablet, dan peralatan lainnya. Yang mana, gadget-gadget tersebut akan terhubung dalam sistem ekosistem online secara global. Era tersebut dinamakan era Internet of Things.

Dengan demikian, para pelaku usaha, terutama usaha kecil menengah harus gencar memanfaatkan berbagai media agar usahanya bisa lebih maju dan berkembang. Mau tidak mau, para pelaku usaha tersebut harus bisa mengikuti perkembangan zaman yang dipenuhi dengan kecanggihan teknologi.

Menjangkau Pasar Global

Menjangkau Pasar Global
Menjangkau Pasar Global

Sampai saat ini, kredibilitas tertinggi masih dipegang oleh iklan-iklan di mesin pencari (khususnya google). Kepercayaan konsumen terhadap kanal iklan di pencarian tersebut melebihi 57 persen, paling banyak dibandingkan media lainnya. Sedangkan lewat video online, kepercayaan masyarakat mencapai 52 persen.

Dari data tersebut bisa dilihat bahwa dengan media internet, jangkauan konsumen lebih luas dan global. Bahkan, perusahaan bisa menjangkau pasar hingga ke luar negeri. Ketahui lebih lanjut tentang 8 Elemen Dasar dalam Digital Marketing.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat digital marketing untuk usaha kecil menengah. Diharapkan, semua pelaku UKM bisa memanfaatkan digital marketing hingga bisa menembus pasar internasional.

Tinggalkan Komentar