11 Langkah Ampuh Mendapatkan Uang dari Youtube

0
42
11 Langkah Ampuh Mendapatkan Uang dari Youtube
11 Langkah Ampuh Mendapatkan Uang dari Youtube

11 Langkah Ampuh Mendapatkan Uang dari Youtube – Youtube adalah salah satu platform video terbesar di dunia. Hampir semua jenis video ada di youtube. Tidak bisa dipungkiri anak jaman sekarang tidak bisa lepas dari uang namanya youtube, bahkan banyak anak-anak yang bercita-cita menjadi youtuber karena mereka sering melihat idola mereka di youtube. Sekarang sudah banyak orang tahu bahwa dari youtube kita bisa menghasilkan atau mendapatkan uang.

Banyak yang berkeinginan menjadi youtuber tapi bingung dalam membuat konten. Ada juga yang sudah memulai namun video mereka sepi dari penonton karen kurang mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimation) youtube. Ada juga membuat video tanpa membaca ketentuan membuat video seperti halnya copyright atau hak cipta, dan pada akhirnya ketika sudah banyak viewers yang datang tapi video kita terkena klaim hak cipta.

Perlu diketahui bahwa menjadi youtuber  dan mendapatkan uang dari youtube itu tidak mudah dan tidak sekedar hanya membuat konten video. Akan tetapi juga harus memperhatikan bagaimana keberlangsungan channel kita ke depannya. Selalu peka terhadap perubahan algoritma youtube dalam mengoptimasi video youtube. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara ampuh mendapatkan uang dari youtube.

1. Tentukan Isi Video

Setelah kita membuat channel baru yang harus kita lakukan adalah memikirkan video apa saja yang akan kita bahas di channel kita. Video yang berkualitas tentunya menjadi poin utama dalam mendongkrak channel kita. Buat video sesuai dengan apa yang viewers cari dan inginkan. Kalian bisa menentukan niche apa yang cocok dengan diri kalian sendiri. Berikut ini beberapa topik video yang bisa kalian jadikan niche untuk channel kalian.

  • Edukasi/Pendidikan (tutorial, sharing)
  • Kecantikan (tutorial, tips)
  • Kuliner (mukbang, review)
  • Travelling (liburan, Jalan-jalan)
  • Tekno (review gadget)
  • Gaming (Streamer)
  • Hiburan (prank, reaction, vlog)

2. Riset Kata Kunci

Riset kata kunci atau keyword sangat penting untuk menentukan isi video dan judul apa yang cocok. Tujuannya yaitu untuk membuat konten yang dicari dan dibutuhkan oleh penonton. Riset kata kunci dapat kalian lakukan dengan menggunakan platform seperti google trend dan google planner. Kalian hanya perlu mencari trend dari youtube search di google trend. Kalian juga bisa memanfaatkan saran pencarian yang ada di youtube untuk menjadi keyword video kalian.

3. Buat High Retention Video

High Retention Video adalah presentase durasi rata-rata video kalian ditonton. Semakin lama ditonton video kalian bahkan sampai akhir akan semakin bagus dampaknya untuk channel kalian. Youtube sendiri suka dengan video dengan retensi yang tinggi karena penonton betah di platform youtube karena video kalian. Misal video kalian berdurasi 8 menit dan rata-rata durasi menontonnya 4 menit maka retensi videonya 50%. Semakin tinggi presentasinya semakin mudah video kalian muncul di pencarian teratas atau berada di halaman pertama (page one).

Intinya buatlah video yang berkualitas dan menimbulkan penasaran sehingga memicu penonton untuk menonton sampai akhir video kalian. yang dikatankan berkualitas bisa dinilai dari isi video, resolusi video, dan teknik penyampaian video.

4. Pahami Faktor-Faktor yang mempengaruhi Peringkat Video

Ketahuilah bahwa video kalian akan bersaing dengan ribuan chennel lain, tergantung niche yang kalian bangun. Di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peringkat video kalian di youtube:

  • Komentar, banyak tidaknya komentar akan mempengaruhi peringkat video di youtube. Sudeah terbukti menurut riset bahwa yang menduduki peringkat teratas pencarian salah satunya memiliki respon komentar yang cukup banyak dari penonton. Maka dari itu buatlah video yang dapat memancing pertanyaan ada opini penonton sehingga mereka tertatik untk berkomentar di video kalian.
  • Subcriber setelah melihat video, penonton yang sudah menonton video kalian dan akhirnya memutuskan untuk subscribe atau berlangganan juga menjadi faktor dalam merangking video kita. Maka dari itu buatlah video yang membahas topik yang menarik menurut pasar dari channel kalian.
  • Share Video, perilaku penonton untuk membagikan video kita juga akan membuat video kita semakin banyak kemungkinan untuk ditonton banyak orang.
  • CTR (Click Through Rate), adalah tingkat atau rasio jumlah klik banding jumlah impresi. Ketika video kalian muncul di pencarian youtube di urutan berapapun akan dihitung sebagai impresi. Ketika ada orang mengklik video kalian saat muncul tadi makan itu akan dihitung sebagai CTR video dalam bentuk persen. Semakin tinggi CTR video kita maka akan mdah naik peringkat dalam pencarian.
  • Durasi Video, video dengan durasi lebih panjang terbukti lebih bagus untuk bersaing dengan video lainnya. Perlu ditekankan jika durasi video kita panjang namun tingkat retensinya (rata-rata durasi menonton) rendah maka kurang bagus juga. Buatlah video yang berdurasi minimal 10 menit namun juga berkualitas.

5. Optimasi Judul, Deskripsi, dan Thumbnail

Judul adalah salah satu faktor calon penonton jatuh cinta pada pandangan pertama. Judul yang menarik akan memancing minat untuk menonton hal ini diperkuat juga dengan thumbnail video. Buatlah thumbnail yang mempresentasikan isi videomu dan juga mencolok. Buatlah judul yang jelas, singkat, menarik namun tetap mengandung kata kunci. Gunakan kata pancingan didepan seperti HEBOH, WOW, MANTAP, dll. Untuk deskirpsi buatlah deskripsi selengkap mungkin dan taruhlah kata kunci di kalimat pertama atau kedua. Munculkan kata kunci 3 kali saja sudah cukup.

6. Maksimalkan Tag

Memanfaatkan fitur tag adalah hal yang cukup membantu dalam SEO youtube. Kalian bisa meriset tag melalui ekstensi vidiq atau tubebuddy. Masukkan tag sesuai topik dan kata kunci bisa melalui saran pencarian youtube juga. Walaupun terlihat sepele namun opotimasi tag terbukti cukup ampuh dalam optimasi video youtube.

7. Call to Action (CTA)

Call to Action merupakan ajakan kepada penonton untuk melihat video lainnya atau untuk subscribe channel kita, menyukai, mengomentari, dan membagikan video kita. Sampaikan keuntungan apa yang didapat saat penonton subscribe channel kalian.

8. Bagikan Video

langkah selanjutnya Mendapatkan Uang dari Youtube adalah dengan membagikan video ke medsos. Membagikan video ke sosial media juga menjadi salah satu faktor yang menunjang channel kita. Salah satu youtuber yang sukses menggunakan teknik ini adalah bayu skak. Dulu bayu sering membagikan videonya ke teman-teman dan di facebook. Mungkin awalnya mereka akan berpikir apa sih ini. Karena sering muncul akhirnya mereka penasaran untuk menontonnya. Dan ternyata konten yang dibawa juga menarik.

9. Youtube to Blog

Jika kalian mempunyai blog kalian bisa melampirkan video kalian di blog. Hal ini untuk menunjang pencarian melalui google. Selain itu blog kalian juga akan mendapat dampak positif dengan adanya video tersebut.

10. Kolaborasi atau Kerjasama

Langkah Ampuh Mendapatkan Uang dari Youtube yang ke 10 adalah dengan kolaborasi. Kalian juga bisa berkolaborasi dengan channel lain yang membahas topik yang hampir sama kalian secara tidak langsung ini bisa dikatakan tukar subscriber. Jika channel kalian sudah lumayan kalian bisa bekerjasama dengan brand dan kalian bisa mendapat tambahan pemasukan.

11. Konsisten & tidak putus asa

Konsisten adalah salah satu hal yang sangat sulit dilakukan. Mungkin kita akan semangat diawal-awal tapi setelah itu bingung untuk menentukan topik. Yang perlu kalian ketahui adalah konsep awal dan memahami syarat dan ketentuan dari youtube sendiri. Memahami konsep copyright dan fair use content. Tetap semangat dan konsisten meskipun sudah membuat video tapi penontonnya sedikit, karena kita tidak akan tahu video kita akan tiba-tiba ditonton banyak orang. Untuk itu pentingnya untuk riset dan terus mempelajari algoritma youtube. Mungkin kalian tertarik juga 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Itulah tadi kiat-kiat 11 Langkah Ampuh Mendapatkan Uang dari Youtube. Semoga dengan artikel di atas kalian mendapatkan sebuah pencerahan dalam mengoptimasi channel kalian untuk segera mendapatkan uang dari youtube, baca juga 8 Cara mendapatkan Uang Jutaan dari Blog. Pada intinya keberhasilan kembali kepada kalian dan faktor keberuntungan juga. Tetap semangat dalam membangun channel kalian masing-masing 🙂

Tinggalkan Komentar