10 Teknik Closing untuk Meningkatkan Penjualan

0
30
10 Teknik Closing untuk Meningkatkan Penjualan
10 Teknik Closing untuk Meningkatkan Penjualan

10 Teknik Closing untuk Meningkatkan PenjualanTeknik Closing merupakas aspek yang sangat penting dalam hal berjualan. Teknik closing ini berperan penting dalam keputusan pelanggan untuk jadi membeli sebuah produk atau tidak. Banyak calon pembeli sudah bertanya panjang lebar namun pada akhirnya memutuskan untuk tidak beli. Hal tersebut disebabkan banyak faktor salah satunya kurangnya kita dalam melakukan teknik closing.

Untuk meningkatkan penjualan salah satunya adalah meningkatkan closing rate. Closing rate adalah presentase tingkat pelanggan yang memutuskan untuk jadi membeli dari total calon pembeli. Nah, untuk meningkatkan closing rate ini supaya efektif perlu yang dinamakan teknik closing. Teknik closing sendiri merupakan sebuah kemampuan seseorang dalam melayani pelanggan untuk mendatangkan penjualan. Jika seorang penjual mempunyai teknik closing yang bagus maka akan berdampak pada closing rate yang tinggi pula. Berikut ini adalah 10 Teknik Closing untuk Meningkatkan Penjualan.

Teknik Closing untuk Meningkatkan Penjualan

1. Gali Informasi dengan Bertanya

Teknik Closing yang pertama kita harus bisa memahami pelanggan. Dalam melayani calon pembeli kita harus tahu terlebih dahulu masalah yang sedang dialaminya. Gali informasi mengapa pada akhirnya pelanggan itu memutuskan untuk datang ke toko kalian. Apa yang sedang pelanggan itu cari untuk mengatasi problem mereka atau kebutuhan mereka. Karena pada dasarnya jika mereka sudah datang ke toko kita maka mereka sudah tertatik pada produk/jasa kita. Tinggal bagaimana kita meyakinkan pelanggan untuk memutuskan beli.

2. Berikan feedback positif

Memberikan feedback positif atas apa yang dilontarkan oleh pelanggan adalah langkah yang tepat untuk membuat pelanggan tetap nyaman terhadap kita. Memberikan sedikit pujian kepada pelanggan ketika telah memakai produk dari produk/jasa kalian. Atau upaya-upaya yang sudah dilakukan dalam menyelesaikan problem mereka.

3. Tunjukkan Rasa Empati

Empati kepada pelanggan maksudnya kita menunjukkan sikap bahwa kita ikut merasakan dan mengerti apa yang sedang mereka rasakan. Hal ini memanfaatkan sisi psikologi calon pembeli. Karena pada dasarnya dalam keputusan untuk membeli dipengaruhi oleh 80% emosi dan 20% logika. Rasa empati juga bermanfaat bagi penjual untuk ikut merasakan dai perspektif pelanggan dalam mengalami masalah yang sedang dialami. Maka dari itu bersikap empati juga jadi salah satu teknik closing yang cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan.

4. Call to Action

Teknik closing selanjutnya adalah call to action. Call to action merupakan ajakan kepada pelanggan untuk membeli produk/jasa kalian sekarang juga. Misalkan dengan promo terbatas atau dengan menjelaskan alasan-alasan mengapa calon pembeli harus membeli saat ini juga. Arahkan opini pelanggan jika tidak membeli saat ini juga mereka akan merasa rugi dan menyesal.

5. Bandingkan dengan kompetitor

Dalam membandingkan produk dengan kompetitor tentunya dalam hal benefit atau manfaat dari produk/atau jasa yang kita sediakan. Bisa jadi produk/jasa yang kalian jual dengan kompetitor itu sama tapi benefit apa yang bisa didapatkan jika pelanggan beli di kalian. Misalkan pengiriman lebih cepat, metode pembayaran yang mudah, pelayanan yang ramah, dll.

6. Diskon Harga Coret

Sudah sering kita temui di mall atau pusat perbelanjaan menggunakan metode ini. Dengan mencoret harga asli dan mengganti dengan harga diskon akan memancing pelanggan untuk beli. Hal ini menggiring pelanggan untuk berpikir bahwa ini harga yang tidak biasa/abnormal. Pelanggan juga akan merasa dengan membeli produk dengan harga coret mereka akan sedikit berhemat.

7. Produk atau Jasa yang Eksklusif

Tunjukkan bahwa produk atau jasa kalian mempunyai nilai yang sangat berharga. Dan apabila pelanggan membelinya memberikan kesan eksklusif dan terbatas. Bisa dengan menjelaskan bahwa produk kalian limited edition atau dalam jumlah terbatas. Intinya jika calon pembeli memilikinya dia akan merasa barang/jasa tersebut mempunyai nilai yang berharga di mata mereka.

8. Berikan Kejutan

Salah satu teknik closing lainnya adalah memberi hal yang tidak terduga ke pelanggan. Biasanya yang sering digunakan adalah pelanggan menjadi orang yang datang di urutan sekian sehingga berhak mendapatkan promo tertentu. Atau yang biasa dilakukan pada penjual konvensional adalah karena pelanggan pertama mereka mendapat promo khusus. Alasannya untuk penglaris di hari tersebut karena sudah mengawali untuk membeli.

9. Tampak Murah

Tampak murah disini bukan berarti produk atau jasa yang kalian tawarkan adalah murahan. Akan tetapi membuat perspektif pembeli bahwa produk kita terkesan lebih murah. Teknik yang biasa dilakukan adalah memasang harga dengan akhiran 999. Misal produk kalian berharga 50.000 maka harga yang ditampilkan 49.999. Cara ini sering dilakukan dan terbukti cukup ampuh untuk menarik calon pembeli.

10. Mencairkan Suasana / Tidak Kaku

Dalam hal teknik closing komunikasi menjadi pilar penting untuk membuat pelanggan berbicara dengan kita. Kita bisa tetap mengguanakan kata-kata yang sopan namun tetap tidak terkesan kaku. Karena pada dasarnya seorang pelanggan suka diperlakukan spesial. Dan apabila suasana hati sedang baik maka mood untuk beli juga semakin tinggi. Sisipkan candaan bila perlu namun kita tetap melihat karakter dari pelanggan. Apakah dengan sedikit bercanda bisa membuat mood pelanggan jadi senang atau malah sebaliknya. Karena ada juga karakter pelanggan yang maunya cepat langsung bayar dan tidak basa-basi.

Penutup

Itulah tadi 10 Teknik Closing untuk Meningkatkan Penjualan. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa ditambahkan, jika menutut kalian ada tambahan bisa tulis di kolom komentar. Kembali lagi bahwa untuk mendatangkan penjualan sebenarnya masih banyak faktor selain teknik closing. Bisa jadi dengan model bisnis yang berbeda teknik closing yang digunakan juga berbeda. Maka dari itu pentingnya untuk meriset dan mempelajari kiat-kiat apa yang cocok untuk bisnis atau jualan kalian untuk mendatangkan closing. Baca juga Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan agar produkmu semakin laris manis di pasaran.

Semoga artikel ini bermanfaat dan tentunya bisa mendatangkan closing. anda juga bisa menyimak penjelasan teknik closing pada video di atas Sekian dari saya terima kasih 🙂

Tinggalkan Komentar