10 Strategi Influencer Marketing yang Perlu Anda Ketahui
10 Strategi Influencer Marketing yang Perlu Anda Ketahui

10 Strategi Influencer Marketing yang Perlu Anda Ketahui – Dunia bisnis memang salah satu hal yang banyak diincar oleh banyak orang. Pasalnya, didalam bisnis terdapat banyak sekali hal yang dapat dilakukan. Pastinya, pekerjaannya lebih santai dan juga akan mendaatkan penghasilan yang tidak akan terduga.

Banyak sekali profit ketika menjalankan bisnis. Namun disisi lain, kerugian juga dapat terjadi. Kesuksesan dan kerugian yang terjadi sebenarnya tergantung dari diri Anda sendiri. Dalam berbisnis Anda dapat merencanakan strategi-strategi yang nantinya akan dapat membawa bisnis Anda diterima oleh masyarakat.

Adapun salah satu teknik yang bernama influencer marketing. Sebenanya apa itu Influencer marketing? Dan apa saja strategi yang ada didalamnya? Simaklah penjelasan berikut ini

Definisi Influencer Marketing

Influencer Marketing
Influencer Marketing

Influencer marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang terbaru dan banyak digunakan oleh para pembinis dalam hal menaikkan trafic penjualan. Jika didefinisikan satu persatu, Influencer adalah orang yang memiliki pengikut atau follower dengan jumlah yang sangat banyak dimana hal tersebut akan sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat. Influencer disini dapat meliputi artis, selebgram, dan lain sebagainya.

Pemasarannya nanti terdapat sebuah tayangan layaknya iklan yang akan diupload di media sosial seperti instagram, youtube, dan lain-lain. Influencer marketing banyak digunakan karena mayarakat percaya dengan review dan anjuran dari influencer tersebut dalam hal menggunakan sebuah produk.

Keuntungan dari influencer ini sendiri adalah dapat membangun kepercayaan terhadap sebuah produk, dapat menentukan arah target dengan mudah, efektif, konten segar dan tidak membosankan.

Strategi Influencer Marketing

Terdapat banyak sekali langkah dalam hal strategi influencer marketing. Namun, terda[at dua point yang menjadi titik utama dalam strategi tersebut. Hal yang pertama adalah susuan strategi dan kedua adalah pemilihan dan monitoring influencer. Berikut adalah penjelasan lengkapnya

Penyusunan Strategi

Langkah awal dalam strategi influencer marketing adalah penyusunan strategi itu sendiri. Sebagai seorang pembisnis, Anda harus memperhatikan semua hal meskipun hal sekecil apapun. Hal ini disebabkan karena hal kecilpun dapat membuat perubahan pada bisnis yang dijalakan. Terdapat beberapa point dalam penyusunan strategi. Berikut adalah list dari susunannya

Memperhatikan Anggaran

Dalam berbisnis, Anda harus pandai mengalkasikan keuangan. Seperti contoh Anda bisa menanyakan beberapa pertayan kepada diri Anda sendiri. Kira-kira berapa banyak uang yang akan Anda investasikan dengan campaign influencer marketing. Anggaran harus sesuai dengan budget hitungan keperluan lainnya. Hal ini perlu sangat diperhitungkan mengingat meminimalisir terjadinya kerugian.

Memperkirakan Jangka Waktu

Selanjutnya adalah memperkirakan jangka wakut. Jika Anda adalah seorang pembisnis akut, maka pasti sangat meyakini jika waktu adalah uang. Dalam melakukan influencer marketing, Anda harus memperhitungkan kapan konten itu harus dikerjakan dan kapan konten itu harus dipublikasikan ke media masa.

Menganalisa Platform

Menganalisa platform memang harus selalu Anda ikuti. Anda memang diharuskan selalu memantau hal-hal kekinian apa yang sedang terjadi. Misalnya orang-orang sedang suka bermain media sosial instagram maka gunakanlah platform instagram untuk media promosi. Setelah itu pilihlah influencer yang sedang ramai dan digemari oleh pengguna platform tersebut.

Demografis

Strategi demografis dapat dikatakan juga sebagai hal apa saja yang menjadi target. Ketika Anda sudah merencanakan target pasar Anda maka pasti Anda akan dapat secara mudah menentukan strategi selanjutnya. Ketika Anda mengetahui target maka Anda juga bisa memilih influencer yang cocok untuk bekerjasama dengan Anda.

Memperhatikan Promosi

Teknik atau strategi yang berikutnya adalah memperhatikan sistem promosi. Promosi dalam hal ini memang menjadi titik point memperkenalkan sebuah produk. Pikirkan terlebih dahulu produk atau layanan apa yang akan Anda jadikan promosi. Disisi lain, Anda tetap harus memperhatikan perhitungan keuangan atau budget yang dimiliki oleh bisnis Anda.

Tingkat Ukuran Keberhasilan

Tingkat ukuran keberhasilan juga harus dituliskan. Setiap orang memiliki tingkat ukuran keberhasilan yang tidak sama. Maksudnya disini adalah tiap-tiap orang  memiliki ukuran target yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda harus bekerja keras untuk mencapai target tersebut.

Pemilihan dan Monitoring Influencer

Setelah mengetahui strategi influencer kini saatnya Anda harus mengetahui pemilihan dan melakukan monitoring kepada para influencer.  Jika dapat dijabarkan, strategi dari pemilihan dan monitoring influencer terbagi menjadi beberapa cara. Berikut adalah tips dan cara influencer marketing yang sudah terbukti hasilnya

Memonitor Social Media

Dari sini, Anda bisa mengelola social media, blog, atau situs yang dapat membuat bisnis Anda selalu muncul di media sosial. Anda bisa menemukan sebuah brand advocates untuk brand bisnis Anda. Maka dari itu, memonitor social media sangat perlu untuk dilakukan.

Menetapkan Google Alerts

Selain memoitor sosial media, Anda jngan lupa unuk menetapkan alert untuk keyword yang berhubungan dengan produk brand Anda. Dengan begitu, orang-orang dapat mengidentifikasi dan menemukan produk barang atau jasa yang sedang Anda bisniskan.

Menemukan Social Mention yang Tepat

Dalam point ini, social mention ini sangat membantu Anda untuk mengetik dan menemukan penyebutan atau mention dari berbagai media sosial seperti facebook, twitter, youtube, dan masih banyak lagi.

Pemilihan Blogger

Selain media sosial yang sudah disebutkan diatas, Anda harus mengingat bahwa ada jejaring sosial yang dapat membuat bisnis Anda melambung. Tahukah Anda jika 86 persen seorang influencer pasti memiliki setidaknya satu akun blog?. Blog membawa keuntungan tersendiri untuk Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis. Anda dapat menulis, promosi, dan menjelaskan produk barang atau jasa yang sedang Anda jalankan.

Apakah Ada Strategi Lain Selain Hal Diatas?

Sebenarnya tips dan trik yang sudah dijelaskan diatas sudah dapat Anda jadikan sebagai oegangan dalam menjalankan bisnis. Namun, terdapat beberapa ulasan juga mengenai tambahan trik dan tips yang banyak pembisnis melakukannya. Inilah daftar penjelasannya

Mengkolaborasikan Konten

Tahukah Anda apa kunci dari kemenangan influencer marketing? Jawabannya adalah pihak yang membuat konten yang hebat dan bisa berpengaruh pesat kepada penjualan bisnis. Konten dapat berupa foto, video, bahkan bisa hanya sebatas deskripsi tulisan. Konten yang hebat dan bagus jelas akan membuat orang tertarik untuk membeli sebuah produk tersebut. Bagaimana cara membuat konten yang bagus dan diterima khalayak umum? Anda bisa bekerjasama dengan para influencer untuk memberikan siaran pers tentang produk tersebut. Dari sini, maka akan bisa dipastikan penjualan Anda akan membludak..

Memaksimalkan Sistem Distribusi

Jika mengajak kolaborasi seorang influencer adalah sebuah pondasi dalam berbisnis maka sistem distribusi adalah roda yang harus selalu berjalan dalam berbisnis. Pastikan sistem distribusi Anda sudah memadai sehingga ketika ada konsumen tidak ada alasan untuk menolaknya. Dengan modal jujur dan disiplin maka 80% bisnis Anda pasti akan berjalan dengan lancar.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Strategi Influencer Marketing yang sebaiknya Anda ketahui. Anda bisa menerapkan beberapa cara diatas dalam hal melakukan bisnis. Banyak pembisnis yang melakukan tips diatas diimbangi dengan kerja keras. Hasilnya tentu saja sangat manis dan bisnis akan selalu lancar dan semakin berkembang. Dalam berbisnis, Anda harus memperhatikan kedispilnan, kejujuran, dan juga strategi pemasaran. Dengan begitu pasti Anda akan menjadi pembisnis yang sukses. Baca juga Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan dan Mengenal Konsep Digital Marketing Lebih Dalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here