10 Pekerjaan yang akan Digantikan Robot
10 Pekerjaan yang akan Digantikan Robot

10 Pekerjaan yang akan Digantikan Robot – Seiring berkembangnya jaman, banyak teknologi canggih berbasis robot akan menggantikan pekerjaan. Robot dirasa sangat efisien dari segi waktu, tenaga, dan pengelolaannya. Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang mengganti jasa manusia dengan robot.

Hal ini tentunya cukup menjadi momok tersendiri bagi para karyawan atau pekerja. Yang mana pekerjaan mereka diberhentikan dan digantikan oleh robot. Tapi jangan khawatir kalian masih bisa bersaing di era perkembangan teknologi yang sangat pesat ini. Dengan catatan kalian perlu mengembangkan keahlian atau skill dasar yang bisa menunjang bidang kalian.

Di jaman yang serba maju ini kita harus tetap berkembang mengikuti jaman. Mau tidak mau kita dipaksa untuk terus berinovasi dan berpikir kreatif untuk terus bertahan dalam persaingan di era ini. Kita tidak bisa mengandalkan satu bidang keahlian saja. Faktanya banyak lulusan sarjana yang masih terkatung-katung tidak dapat pekerjaan. Karena kita memang harus dituntut kreatif dan mempunyai nilai lebih dibandingkan yang lain.

Diperkirakan cepat atau lambat akan ada banyak pekerjaan manusia yang bakal digantikan oleh robot. Dan kali ini saya akan menyampaikan kira-kira pekerjaan apa saja yang akan hilang digantikan oleh teknologi robot.

1. Customer Service

Salah satu pekerjaan yang akan digantikan robot adalah customer service. Seperi yang sudah kita tahu sudah banyak fitur-fitur di website atau aplikasi yang menggunakan chat bot. Chat bot ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk membalas pertanyaan-pertanyaan yang muncul.

Dan sudah ada robot Artificial Intelligence yang bisa menjadi asisten kita sehari-hari. Sebagai contohnya adalah google home, alexa, cortana, siri. Dan Artificial Intelligenceini mampu belajar seperti layaknya manusia. Tentunya ini cukup mengancam pekerjaan yang berhubungan dengan customer service. Mulailah dari sekarang untuk mengupgrade diri kalian. karena kita tidak akan tahu hal ini akan terjadi.

2. Supir atau Driver

Di negara-negara maju supir sudah mulai jarang digunakan, kecuali orang-orang kaya yang memerlukan supir pribadinya. Diperkirakan pekerjaan sebagai supir ini akan hilang. Hal ini dikarenakan perkembangan industri otomotif yang sangat cepat.

Seperti kita tahu sudah ada teknologi dari tesla, BMW, mercedes Benz yang sudah mulai menciptakan smart mobile system. Jadi di negara maju pemanfaatan GPS untuk self-driving semakin umum digunakan. Perusahaan besar seperi UBER sudah mulai menguji coba mobil-mobil dengan teknologi self-driving ini.

Jika hal ini sudah mulai digunakan secara masal, lalu bagaimana nasib para supir? Jadi pekerjaan sebagai sopir akan mulai hilang digantikan dengan teknologi Artificial Intelligence.

3. Kasir Bank

Pekerjaan yang akan Digantikan Robot yang selanjutnya akan digantikan oleh robot adalah kasir bank. Jika kalian pernah menemui di mall-mall tertentu sudah ada teknologi seperti mesin ATM yang mana ada kamera dan kalian akan langsung dilayani disana. Kita seringkali melihat banyaknya antrian di bank untuk melakukan transaksi. Dengan adanya mesin ini tentunya sangat efektif jadi solusi dari  permasalahan tersebut. Selain itu dari segi biaya untuk menggaji karyawan  lebih minimal.

Jadi bagi kalian yang ingin atau sudah jadi kasih bank, mulailah untuk berpikir lagi kira-kira alternatif pekerjaan apa yang cocok untuk menggantikan sebagai kasir bank. Karena cepat lambat teknologi ini akan diaplikasikan untuk menggantikan kasir bank.

4. Penerjemah Bahasa atau Translator

Pekerjaan yang akan digantikan oleh teknologi Artificial Intelligence selanjutnya adalah Penerjemah Bahasa atau Translator. Mungkin beberapa dari kalian sudah pernah melihat. Sebuat gadget dengan teknologi baru yang mana bisa langsung menerjemahkan apa yang kita ucapkan. Baca juga 9 Pekerjaan yang Cocok untuk Kaum Milenial.

Jadi untuk kalian yang ingin berlibur ke luar negeri dan terkendala bahasa sudah tidak perlu khawatir. Karena sekarang sudah ada aplikasi yang bisa langsung menerjemahkan apa yang kita maksud. Aplikasi ini sudah bisa dinikmati di smartphone. Bahkan saking canggihnya aplikasi ini bisa menerjemahkan bahasa hanya dengan memfoto tulisannya.

Jadi bagi kalian yang sekarang pekerjaannya menjadi tranlator. Mulailah untuk mempelajari hal-hal baru tentang alih bahasa. Kalian bisa menjadi developper dari aplikasi atau yang lainnya. Karena jasa translator ini lambat laun tidak akan digunakan lagi dan digantikan dengan robot.

5. Apoteker

Pekerjaan yang akan Digantikan Robot yang akan hilang nomor 5 adalah apoteker. Mungkin sebagian dari kalian tidak menyangka bahwa apoteker akan masuk ke dalam daftar ini. Mungkin ada yang menyangkal bahwa untuk jadi apoteker perlu sekolah tinggi dan belajar ini itu. Ya benar, tapi perlu kalian sadari pekerjaan sebagai apoteker bisa digantikan oleh robot. Karena robot hanya perlu menerima perintah untuk membuat resep ini itu.

Robot dirasa sangat efisien hanya perlu menerima input tertentu, robot akan mengeluarkan outputnya. Hal ini akan terjadi pada pekerjaan-pekerjaan yang hanya menerima instruksi dan menjadi hasil. Dalam hal ini membuat resep obat tertentu, robot hanya perlu mencampur apa saja yang diperlukan dan selesai.

6. DJ Radio

Seperti kita tahu dan sering kita temui dangunakan, sekarang sudah banyak playlist-playlist otomatis. Seperti halnya di youtube, spotify, dll. Hal ini tentu akan berdampak pada dj radio yang mana pekerjaannya hanya memutar list lagu di radio. Yang mungkin dulu kita sering mendengar radio dengan genre sesuai selera kita. Tapi sekarang hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan sekali klik dan playlist akan berjalan sendiri.

7. Agen Travel

Pekerjaan yang akan Digantikan RobotSekarang sudah banyak aplikasi atau website yang menyediakan jasa travel. Selain banyak promo dan diskon menarik, kemudahan pemakaian menjadi faktor mendasar untuk memilih penyedia jasa ini. Bahkan saat ini kita justru diwajibkan membeli tiket melalui online dan selanjutnya hanya proses verifikasi saja. Dengan kemudahan ini menyebabkan usaha atau pekerjaan sebagai agen travel lambat laun akan tergeser dengan aplikasi-aplikasi yang menawarkan banyak keunggulan.

8. Pegawai Resto Cepat Saji

Saat ini sudah banyak kita temukan restoran-restoran yang menjual makanannya secara online. Hal ini juga dipengaruhi dengan kemudahan oleh jasa ojek online. Di luar negeri kita juga sudah banyak menemukan restoran yang hanya dengan memesan melalui layar makanan akan datang sengan sendirinya. Proses pembayannyapun sekarang sudah menggunakan sistem transfer.

9. Pegawai Pos

Sekarang kita sudah jarang menemui pak pos datang ke rumah mengantarkan surat. Banyak perusahaan-perusahaan sekarang lebih suka menggunakan email karena lebih mudah dan bisa memangkas biaya. Selain itu kecepatan manjadi faktor utama perusahaan saat ini lebih menggunakan email dibanding jasa pengiriman dokumen.

10. Pegawai Perpustakaan

Banyak akademisi ketika sedang mencari buku bacaan mereka akan menuju toko buku atau perpustakaan. Tapi sekarang buku sudah mulai tergantikan dengan e-book. Selain sangat mudah dan cepat mengaksesnya kita tinggal download saja. E-book juga lebih murah dari segi harga, karena tentunya tidak perlu dicetak dalam bentuk kertas.

Hal-hal yang perlu kita kembangkan dan miliki

Berdasarkan paparan di atas kita tentunya perlu menyadari bahwa dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat kita bisa mengalami seleksi alam. Maka dari itu kita perlu mengembangkan kemampuan dan keahlian yang kita miliki. Hal tersebet diantaranya adalah

Berpikir kritis

Manusia dikaruniai otak untuk berpikir dalam segala aspek kehidupan. Maka dari itu kita harus menggunakan karunia itu semaksimal mungkin. Dalam hal karir kita tidak bisa hanya berpikir sederhana. Kita dituntut untuk berpikir kritis menemukan solusi dari berbagai masalah yang ada. Hal tersebut yang akan menjadi faktor dalam karir kita yang cemerlang.

Kreatif & Inovatif

Bersaing dengan teknologi yang canggih memang terkadang membuat seseorang merasa minder. Hal tersebut karena kurangnya kreativitas untuk menemukan macam-macam alternatif. Dalam hal ini kita harus terus mengeksplore banyak pengetahuan untuk terus mengasah daya kreativitas kita. Terus membuat terobosan terkini yang bisa menjawa atas masalah-maslah yang dialami banyak orang.

Fleksibel

Kita dalam berkarir harus fleksible. Maksudnya kita harus bisa menyesuaikan siri dengan lingkungan kita. Ada beberapa yang masih memegang idealisme yang tinggi. Namun jika melihat di era sekarang, apabila kalian tidak peka terhadap perubahan maka cepat kalian akan ikut terkikis oleh jaman.

Good Negotiator

Kalian perlu menjadi negotiator yang mahir dan baik. Karena dalam berkarir komunikasi itu penting untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman. Dengan kemampuan bernegosiasi yang baik akan membuat tujuan yang kita capai juga semakin mudah tercapai.

Itulah tadi pembahasan tentang 10 Pekerjaan yang akan Digantikan Robot. Berkenaan dengan hal itu kita tidak perlu khawatir yang berlebuhan. Kita hanya perlu menigkatkan kualiatas diri kita masing-masing dan pengembangn diri. Terus mengikuti perkembangan jaman dan menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Tetap mengeksplore kemampuan dan bijak dalam menggunakan teknologi. Semoga bermanfaat dan terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here